Minggu, 21 Juli 2019

Jadi Ingat Paus Benediktus XVI

Sudah lama saya lupa bahwa Paus Benediktus XVI itu masih ada. Berstatus Paus Emeritus di Vatikan. Bapa Suci asal Jerman ini sekarang berusia 92 tahun.

Paus Benediktus XVI mengundurkan diri pada 28 Februari 2013 karena alasan kesehatan dan usia. Sejak itu beliau mengisi hari-harinya dengan berdoa, membaca, menulis, dan berolahraga ringan. Biasanya jalan kaki di kompleks Vatikan yang antik itu.

Sejak digantikan Paus Fransiskus dari Argentina, nama Paus Emeritus Benediktus XVI tidak lagi disebut-sebut di Indonesia. Sebab ekaristi atau misa memang hanya menyebut nama Paus Fransiskus dan uskup setempat. Bukan paus emeritus atau uskup emeritus.

Makanya saya agak terkejut ketika mengikuti misa streaming dari Amerika Serikat. Pater dari ordo Pasionis yang memimpin misa mendoakan Paus Fransiskus, Paus Benediktus, dan uskup setempat dalam doa syukur agung.

Oh, Paus Benediktus XVI.

Sudah lama banget saya tidak ingat beliau. Padahal beliau masih berada di Vatikan meskipun tidak lagi menjadi gembala agung umat Katolik sedunia.

Tidak hanya di Indonesia. Saya yakin umat Katolik di negara-negara lain pun sudah melupakan Sri Paus yang dikenal sebagai teolog terkemuka itu. Sebab dari dulu kita tidak mengenal Paus Emeritus.

Seorang Paus atau Bapa Suci dipilih oleh para kardinal lewat konklaf setelah paus yang lama meninggal dunia. Makanya tidak ada yang namanya Paus Emeritus. Kalau Uskup Emeritus sih biasa dan banyak.

Terima kasih Pater Paul Fagan CP yang membuat saya jadi ingat lagi Paus Benediktus XVI. Apalagi saya punya rosario pemberian seorang tokoh di Surabaya setelah berwisata rohani di Vatikan. Rosario ini sudah diberkati Paus Benedict XVI, katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar