Senin, 15 Juli 2019

Jalan-Jalan di Bulan 50 Tahun Lalu

50 tahun lalu orang Amerika Serikat sudah jalan-jalan di bulan. Apollo 11 diluncurkan pada 16 Juli 1969 dan tiba di bulan pada 20 Juli 1969.

Siapakah manusia pertama yang mendarat di bulan? Begitu pertanyaan guru kita di SD dulu. Dan kita pasti hafal nama 3 astronaut itu: Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins.

Luar biasa! Manusia ternyata bisa jalan-jalan di bulan. Lima dekade lalu. Sudah cukup lama. Ekspedisi ke angkasa luar juga terus dilakukan.

Bagaimana dengan kita di Indonesia? Dulu sempat ramai ada calon astronaut Indonesia bernama Dr Pratiwi (kalau tidak salah). Berhari-hari diberitakan di media massa pada era Orde Baru.

Anak-anak sekolah pun takjub dengan kehebatan Pratiwi. Meskipun tidak jadi ke luar angkasa, fenomena Pratiwi ini jadi bahan perbincangan nasional. Termasuk di warkop-warkop di desa.

Kini, di era digital, orang Indonesia tidak tertarik membahas Apollo 11, angkasa luar, teknologi dirgantara macam pesawatnya BJ Habibie. Warganet kelihatannya lebih suka berdebat tentang kampret atau cebong. Lebih dekat dan nyata. Ketimbang membahas orang jalan-jalan ke bulan atau mars atau venus.

Orang Indonesia zaman now juga lebih banyak bicara soal agama. Halal, haram, kafir, musyrik dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar