Rabu, 19 Juli 2023

Tumpengan Tahun Baru Jawa 1 Suro di Kelenteng Hong San Ko Tee Surabaya


Tahun Baru Jawa, 1 Suro, selalu dirayakan di Kelenteng Hong San Ko Tee, Jalan Cokroaminoto, Surabaya. Jemaat memesan atau mengirim tumpeng ke kelenteng. Tumpengnya pun khas tradisi Jawa.

Selama dua tahun acara Suroan di TITD Hong San Ko Tee sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19. Pemerintah menerapkan PPKM untuk mencegah penularan virus corona.

 "Tahun lalu kita adakan Suroan tapi terbatas," kata Erdina Tedjaseputra pengurus Kelenteng Hong San Ko Tee.

Tahun 2023 ini status pandemi covid sudah dicabut. Kegiatan sembahyang mulai normal lagi di TITD yang populer dengan sebutan Kelenteng Cokro itu. Kiriman tumpeng kembali ramai. Suroan tahun ini ada 41 tumpeng. Tidak sebanyak jumlah tumpeng sebelum ada pandemi.

"Tumpeng-tumpeng itu dibawa pulang setelah sembahyang bersama. Ada modin yang mendoakan tumpeng-tumpeng itu. Seluruh umat dan keluarganya juga didoakan agar dapat perlindungan dan rezeki selama satu tahun ke depan," kata Erdina, putrinya mendiang Ibu Juliani Pudjiastuti, ketua kelenteng yang lama.

Kelenteng Hong San Ko Tee berdiri sejak tahun 1919. Awalnya kelenteng kecil di kompleks makam tak jauh dari Jalan Raya Darmo. Tuan rumah atau dewa utamanya Kong Tik Tjoeng On. Saat ini Kelenteng Cokro dikelola generasi kelimapendirinya, yakni Jap Liang Sing.

Berbeda dengan kelenteng-kelenteng lain, TITD Hong San Ko Tee punya altar khusus untuk Dewi Sri. Sang dewi padi ini ditempatkan di dekat pintu masuk. Nuansa Jawa memang sangat kental.

 "Kita hormati Ibu Dewi Sri karena kita orang lahir, tinggal, cari rezeki di Jawa. Meninggal pun di tanah Jawa," kata Juliani suatu ketika.

Karena ada altar dan rupang (patung) Dewi Sri itulah, pengurus Kelenteng Cokro selalu mengadakan ritual-ritual Kejawen. Setiap bulan ada sembahyang dan tumpengan pada malam Jumat Legi. Acara tumpengan paling meriah ya tanggal 1 Suro alias Tahun Baru Jawa. Bersamaan dengan Tahun Baru Islam.

Selamat Tahun Baru Jawa!

Rahayu! Berkah Dalem! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar