Selasa, 25 Juli 2023

Menemani turis Singapura yang faham bahasa Melayu sikit-sikit lah


Dulu aku pikir semua orang Singapura yang Tionghoa bisa berbicara dalam bahasa Melayu dan Inggris. Ternyata aku keliru. Ternyata banyak juga warga negara Singapura yang Tionghoa hanya bisa ,,sikit-sikit cakap Melayu".

,,Melayu sikit-sikit lah," kata pasangan suami istri saat jelajah kota lama di kawasan Kembang Jepun dan sekitarnya kemarin.

,,Boleh cakap bahasa Indonesia?"

Pasutri 60-an tahun itu geleng kepala. Lalu dia beralih ke Singlish. Bahasa Inggris ala Singapura yang khas itu. Tapi itu pun tidak jelas juga omongannya. Sulit ditangkap kata-katanya.

Kita orang omong dalam bahasa Inggris yang jelas dan pelan pun pasutri itu agak sulit mengerti. Tapi lebih nyambung ketimbang kita bicara dalam bahasa Indonesia atau bahasa Melayu ala Ipin dan Upin di Malaysia.

Aku sebagai pemandu wisata dadakan pun tak kehilangan akal. Pelancong Singapura itu aku ajak lihat-lihat beberapa objek di bangunan tua kawasan pecinan. Melihat lukisan, foto bareng dsb. Bahasa Tarzan kadang masih perlu di era digital ini.

Tidak hanya turis Singapura, menghadapi wisatawan dari non English speaking countries memang tidak mudah. Misalnya turis asal Taiwan, Tiongkok, Thailand. Ucapan kata-kata bahasa Inggris mereka tidak jelas. Logatnya pun sesuai dengan logat bahasa daerah atau bahasa nasionalnya.

Bicara dengan orang Amerika atau British jauh lebih enak. Meskipun kemampuan berbahasa Inggris kita orang masih jauh di bawah standar TOEFL, orang USA dengan mudah menebak maksud kalimat-kalimat atau pertanyaan orang Indonesia dalam broken English.

 Itu yang sering aku lihat dalam konferensi pers di Indonesia. Wartawan-wartawan Indonesia umumnya sangat mampu dalam written English tapi lemah dalam spoken English. Itu juga hasil pelajaran bahasa Inggris kita (dulu) yang sangat menekankan tata bahasa atau grammar rules. 

Syukurlah, di era digital sudah banyak aplikasi untuk menerjemahkan bahasa apa saja lewat telepon genggam. Hanya dalam hitungan detik kalimat-kalimat dalam aksara Tionghoa atau Arab atau Thai atau India bisa dibaca dalam bahasa yang kita kuasai. 

Kembali ke turis Singapura tadi. Kalau dipikir-pikir wajar sekali kalau suami istri itu tidak bisa berbahasa Melayu karena jarang bergaul atau bertemu dengan orang Melayu di negaranya. Apalagi etnis Melayu di Singapura pun minoritas. Karena itu, lagu kebangsaan Singapura yang berbahasa Melayu itu mungkin hanya dimengerti dan dihayati orang Singapura yang Melayu. 

Warga Singapura yang Tionghoa dan India mungkin ,,cuma faham sikit-sikit lah." 

1 komentar:

  1. Bahasa Mandarin orang Cina Singapur pun rata2 tidak lancar / sebagus orang Cina Malaysia. Krn si Singapur bhs Inggris ialah bahasa utama.

    BalasHapus