Kamis, 13 Juli 2023

Ratu renang Nancy Suryaatmadja ikut lomba renang di laut Bali bersama mamanya Naniek Soewadji

Nancy Suryaatmadja bersama Omar dan Naniek Soewadji seusai mengikuti lomba renang internasional di Bali.


Tiga generasi ikut lomba renang di laut. Jumat, Sabtu, dan Minggu 7 - 9 Juli di Pantai Hotel Intercontinental Bali.

Tiga generasi itu Naniek Soewadji mantan ratu renang Asia Tenggara. Naniek memborong 11 medali emas dan satu perak PON 1977. Juga memecahkan 10 rekor nasional dan 12 rekor PON.

Naniek juga memborong 5 medali emas SEA Games 1977. Alumnus sekolah Tionghoa di Kapasari Surabaya itu juga memecahkan 6 rekor SEA Games dan 3 rekor nasional.

Nah, dalam lomba renang di perairan Bali ini Naniek Soewadji ditemani dua anaknya, Nancy Suryaatmadja dan Omar beserta tiga cucunya. Di usia 67 tahun, Naniek masih kuat berenang jarak jauh. "Buat cari keringat aja," katanya.

Saya hubungi Nancy Suryaatmadja. Perenang ini sangat kondang di Surabaya pada era 2000-an. Nancy Suryaatmadja (lahir 5 Februari 1984) juga jago seperti mamanya. Nancy memborong 7 emas dalam PON 2008 di Kalimantan Timur. Sumbangan emas Nancy membuat Jatim ,,jaya luar biasa" begitu slogan kontingen Jatim dulu.

Sayang, Nancy keburu mundur setelah dapat banyak emas + bonus selepas PON 2008. Tidak sempat jadi ratu renang Asia Tenggara. Padahal Indonesia sangat perlu atlet-atlet cabang olahraga akuatik. Cabor itulah yang paling banyak persediaan medali emas.

"Dari mana dapat nomorku?" Nancy bertanya.

"Biasalah... dari Mr Satwa."

"Hehehe... Itu omku."

Menurut Nancy, berenang di perairan Bali ini bukan untuk meraih prestasi. Tak ada target. Di usia 39 tahun dia hanya menjaga kondisi. Sudah lama pensiun jadi atlet. Sekarang fokusnya adalah mencetak atlet-atlet renang baru di Surabaya dan Jawa Timur... dan Indonesia.

Kontingen Jawa Timur sudah lama punya masalah. Yakni belum punya atlet unggulan penyumbang medali emas sehebat Nancy. Karena itu, Jatim selalu ketinggalan dari Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Kita butuh Nancy-Nancy yang baru."

"Jangan khawatir. Tidak lama lagi bakal muncul."

"Sudah ada calonnya?"

"Hehehe... Ada deh."

Nancy ini enak diajak ngobrol. Meski terkenal, berprestasi, dia cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan olahraga renang. 

"Acara renang di Bali sudah selesai. Asyik juga," katanya.

3 komentar:

  1. Saya ingat betul dengan Nanik Suryaatmadja (dulu pun dia sudah pakai nama itu, bukan Soewadji). Kalau PON atau SEA Games namanya selalu muncul di koran2 atau TV.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naniek punya nama lahir pake Soewadji ikut marga bapanya. Lalu dia nikah dengan pelatihnya Iskandar Suryaatmadja.
      Jadi, sebetulnya sama aja. Bisa Naniek Soewadji atau Naniek Suryaatmadja. Mau lengkap ya Naniek Juliati Soewadji Suryaatmadja.

      Wanita Indonesia di Jawa khususnya cenderung kurang suka pakai tambahan marga agau nama suami di namanya. Beda dengan di US atawa Eropa. Ada Hillary Clinton karena Hillary punya suami marganya Clinton.

      Hapus
    2. Saya termasuk terlambat mengenal Bu Naniek krn masih kecil Dengar pertama ketika beliau sudah menikah dan menggunakan nama Suryaatmadja. Di Indonesia mau menggunakan nama suami di surat2 resmi itu ribet banget. Ujung ujungnya duit. Mertua perempuanku di papan prakteknya pasang nama marga suaminya. Tapi di KTP dan paspor masih gunakan namanya sendiri, menurut akte kelahiran.

      Hapus