Minggu, 19 Mei 2024

Gereja Katolik Bebas St Bonifacius dan Perhimpunan Theosofi di Surabaya

Di Surabaya, dekat Taman Bungkul, ada Gereja Katolik Bebas St Bonifacius. Bangunannya khas gereja zaman Hindia Belanda. Tidak besar tapi menarik.

Banyak orang Katolik Roma heran ada Gereja Katolik Bebas? 

Apakah ada hubungan dengan Katolik biasa (yang tidak bebas)? 

Liturginya bagaimana? 

Kolom agama di KTP jemaatnya ikut agama apa? Katolik atau Kristen Protestan?

Dulu saya pernah menulis agak panjang Gereja Katolik bebas. Tapi hilang di blog lama. Saya pernah dua atau tiga kali ikut misa di Katolik Bebas itu. Ingin tahu liturginya seperti apa.

Ternyata secara umum hampir sama dengan ekaristi di Katolik Roma. Bahkan sama dengan misa di Gereja Katolik sebelum Konsili Vatikan II. Pastornya membelakangi umat. Ada pagar pembatas area altar dengan jemaat.

Kata-kata liturgi pun boleh dikata 11/12 dengan Katolik Roma. Cuma beda terjemahan saja. Lagu-lagunya tenang, meditatif, banyak pendarasan Mazmur macam di biara-biara.

Bedanya, Gereja Katolik Bebas tidak mengakui Paus di Vatikan. Pusat gerejanya di Belanda kalau tidak salah. Gereja ini sangat mirip Katolik Roma meski di Indonesia digolongkan sebagai Kristen (Protestan). Sebetulnya kurang cocok disebut Protestan.

Gak nyangka, Stefanus Nuradhi, anggota komunitas tempo doeloe, ternyata tahu banyak tentang Gereja Katolik Bebas. Bahkan, dia pernah jadi misdinar alias putra altar di GKB St Bonifacius.

"Berkunjung ke dua bangunan berdampingan di Jalan Serayu 9 dan 11  sama saja kembali ke kenangan waktu remaja dulu. Bagaimana tidak, karena waktu itu saya aktif sebagai anggota PPTI (Perhimpunan Pemuda Theosofi Indonesia Cabang Surabaya "JYOTI", dan juga misdinar di GKB St. Bonifacius," tulis Stefanus.

Gereja Katolik Bebas St Bonifacius Surabaya dibangun tahun 1923. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Loji Mason St Germain, dibangun oleh Nedam dan didesain oleh Jo & Sprey.

Tahun 1926 Gereja Katolik Bebas St Bonifacius diresmikan oleh Bishop (Uskup) regional Hindia Belanda waktu itu J.L. Mazel. Gedung itu secara terus-menerus dipakai untuk ibadah hingga sekarang.

"Bentuk bangunan gereja sendiri sepertinya terinspirasi gereja kecil distrik di Eropa," kata Stefanus yang kini anggota Gereja Katolik (Tidak Bebas) di Jalan Kepanjen, Surabaya.

Di sebelahnya, pada tahun 1929 dibangun gedung loji  St. Germain. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh C.W. Leadbeater pada hari Sabtu 3 Agustus 1929. Peresmiannya oleh A.G. Vreede pada 23 Agustus 1930.

"Dua gedung ini merupakan warisan heritage buat Surabaya, yang sarat dengan sejarah gerakan Theosophical Society yang didirikan oleh Helena Petrovna Blavatsky dan Col. Olcott di NY 1875 dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Tahun 1882 pusat pindah ke Adyar, India."

Dalam perkembangannya Theosofi memiliki dua sanggar. Satunya di Jalan Kedungdoro 4 dengan status sewa untuk kegiatan organisasi dan gathering.

Sedangkan gedung di Jalan Serayu 9 untuk pendalaman esoteris theosofi. Saat ini Perhimpunan Theosofi Tjabang Indonesia (PTTI) telah berubah jadi Perhimpunan Warga Theosofi Indonesia Sanggar Penerangan. 

Jumat, 17 Mei 2024

Dr Daniel Rohi Gagal Pertahankan Kursi di DPRD Jawa Timur

Tidak banyak orang NTT yang berhasil duduk di kursi DPRD Jawa Timur. Khususnya di era reformasi yang pakai pemilihan langsung. Beda dengan pemilu lama yang cuma tusuk gambar partai.

Salah satu dari sedikit orang NTT yang mampu menembus Indrapura - gedung DPRD Jawa Timur - adalah Dr Daniel Rohi. Politikus PDI Perjuangan itu tercatat sebagai anggota DPRD Jawa Timur periode 2019-2024. Daerah pemilihannya Malang Raya.

Karena itu, dulu Daniel Rohi sering blusukan ke Malang Raya. Salah satunya kawasan Malang Selatan yang umat kristennya banyak. Itu yang membuat dosen UK Petra ini lolos.

Sebagai petahana mestinya Daniel bisa mempertahankan kursinya di Malang Raya. Lebih muda ketimbang caleg-caleg muka baru.  Tapi kali ini Daniel Rohi gagal. Kursinya hilang.

"Saya masuk rangking 5, sementara PDI Perjuangan hanya dapat tiga kursi. Berkurang satu kursi," katanya.

Perolehan suara Bung Rohi sebetulnya  meningkat 24,80% dibanding tahun 2019.

Tahun  2014 mendapat 20.400
Tahun 2019 mendapat  34.749
Tahun 2024 mendapat  43.366

Namun caleg lain lebih unggul perolehan suara. Kalaupun PDIP dapat empat kursi pun Daniel tetap terpental.

"Dengan demikian, saya tidak mendapat kursi/tidak lolos dalam Pileg 2024," kata lelaki asal Kupang, NTT, itu.

"Mohon maaf atas segala kesalahan/kekilafan  dalam proses tersebut. Saya percaya bahwa Tuhan punya rencana yang terbaik bagi saya," tulis Dr. Ir. Daniel Rohi, M.Eng.Sc, IPU dalam surat elektroniknya.

Gagalnya Daniel Rohi masuk parlemen berarti tak akan ada lagi baliho besar dipajang di kawasan Jalan Basuki Rahmat, Kayutangan, pusat Kota Malang. Biasanya saban jelang Natal, Tahun Baru, Paskah ada saja baliho Daniel Rohi di tengah kota.

Apa rencana Tuhan untuk Daniel Rohi? Kembali lagi ke kampus? Bersiap maju lagi pada pileg mendatang?

Yang pasti, saya lihat DPRD Jawa Timur selama ini antara ada dan tiada. Ada atau tiada sama saja.

Monggo Dipun Badhog bersama Dukut Imam Widodo - Nostalgia Kuliner Surabaya

Sesekali Ayas nyambangi Dukut Imam Widodo di Wiguna Tengah, Gunung Anyar, Surabaya. Kera Ngalam asli ini dikenal sebagai penulis buku-buku tempo doeloe di Jawa Timur. Kebetulan dia menguasai bahasa Belanda, Inggris, Arab (pernah kerja di Saudi), sedikit Prancis.

Sam Dukut ini kebetulan satu alumni dengan Ayas di Mitreka Satata alias SMAN 1 Malang. Ayas kasih tau ada acara Uklam Tahes - jalan sehat - semacam reuni tipis di Oud School van Ngalam. Sam asli Lowokwaru ini biasanya males ikut uklam tahes atawa reuni-reunian.

Obrolan pun apa lagi kalau bukan buku-buku karangan Dukut Imam Widodo. Salah satunya MONGGO DIPUN BADHOG. Ayas dulu kaget dengan kata badhog. Banyak orang bilang kasar. Tidak sesuai dengan tata krama dan unggah-ungguh Jowo.

Tapi bukan Sam Dukut kalau tidak bisa membuat alasan yang tokcer. Pertanyaan soal "badhog" juga disampaikan saat peluncuran buku itu di CCCL Surabaya.

Ada seorang ibu komplain. Mengapa judul bukunya kok kurang sopan? Kata badhog atau mbadhog itu gimana gitu.

Sam Dukut mengenang:

"Saya tanya ke Ibu itu: Buk, Sampean pernah blusukan di kampung-kampung Suroboyo? Ibu itupun njawab, ndak pernah. Itulah masalahnya.

Untuk soal 'makan', Wong Suroboyo ndak ada yang bilang 'dahar'. Lazimnya mereka bilangnya 'mbadog'. Yang agak kasar sedikit 'nyosrop', atau 'njeglak'. Jadi, itulah alasannya mengapa buku ini judulnya Monggo Dipun Badhog yg nyritakan kuliner tempo doeloe di Surabaya."

Kata-kata bahasa Jawa memang banyak sinonimnya. Dan rasa bahasanya beda. Ada yang netral, biasa, kasar, kasar banget, halus, hingga halus bangeeet. Badhog ini termasuk kata kasar banget, kata ibu itu dan banyak orang Jawa umumnya.

Dukut Imam Widodo menceritakan dengan gaya khas jenaka aneka makanan khas Suroboyo. Bikang, onde-onde, nogosari, kucur, getas, klepon, lopis, klanting, gethuk.

Ada lagi badhogan berkuah seperti soto, rawon, tahu campur, lontong balap, kupang lontong.

"Tapi, Dulur, pernahkah Sampèyan mendengar nama mageli, santinet, gempo, kulpang, klethikan, juwawut, roti benthel, bubur manggul, bongko, selong, lempang-lempung, srebe, kompolan, bledus, bobohan, kreco, jemunek, srinthil, gebedel, dumbleg, grobyak, dan masih banyak lagi nama-nama aneh lainnya.

Bisa jadi Sampean sudah pernah dengar bahkan sudah pernah merasakannya. Tapi bagi yang belum, mungkin akan bertanya-tanya dalam hati: Iki ngono jenenge badhogan opo limbah pabrik?"

Kamis, 16 Mei 2024

Lihat Syutingnya di Surabaya lalu Dapat Undangan Nonton Film Possession (Kerasukan), Cerita Rumit dan Horor


Sudah lima atau enam tahun saya tidak nonton film di bioskop. Bukan karena covid tapi memang tak minat lagi. 

Padahal dulu saat SMA di Malang biasanya nonton 2 kali seminggu di bioskop kelas bawah macam Mutiara di dekat stasiun, Merdeka dekat Gereja Katolik Kayutangan (parokiku), atau Dulek alias Kelud gerimis bubar (misbar).


Rabu malam, 15 Mei 2024, akhirnya nonton lagi di Delta XXI Surabaya. Film Possession atawa Kerasukan.

Nonton karena ada undangan khusus dari produsernya. Sebuah penghargaan karena sedikit banyak saya dan kawan-kawan ikut menemani para kru dan pemain saat syuting di Surabaya awal tahun 2023 lalu.

Bahkan, artis-artis didandani, ganti pakaian, makan minum dsb dilakukan di kantor tempat kerja saya di kawasan Kembang Jepun, Surabaya. Gedung tua eks Belanda disulap jadi Nite Club tempat si Faris (Darius Sinathrya) ngamuk sama Wahyu karena dicurigai ada main dengan Ratna istrinya.

Lokasi syuting film garapan sutradara Razka Robby Ertanto ini sekitar 60 persen di Surabaya. Mulai dari Kembang Jepun, Kalimalang, Gemblongan, Jembatan Merah, Balai Pemuda hingga Pangkalan Armada 2 TNI AL. 

Gara-gara ikut mendampingi sutradara, produser, pemain, kru bus, properti dsb, saya jadi paham betapa rumitnya proses produksi film. Betapa mahalnya bikin film yang bagus.

Saya pun bisa ngobrol santai dengan aktor dan aktris macam Darius Sinathrya, Carissa Perusset, Sara Fajira, Arswendy Beningswara, Nugie.

Saya tidak pernah membayangkan syuting yang panjang di Surabaya dengan fokus di bangunan-bangunan tua bakal jadi film seperti ini. Jadi horor, aneh, menegangkan selama 90 menit. 

Nonton film ini nyaris tak ada guyonnya sama sekali. Yang agak menggelitik si Faris yang baru pulang tugas selama 3 bulan terpaksa onani karena Ratna menolak "melayani" suami karena datang bulan dan alasan lain yang jadi benang merah film ini.

Rabu, 15 Mei 2024

Pelukis Jansen Jasien Berpulang, Jelajah Jagat Abadi Bersama Leluhur

Subuh ini (15/5/2024) aku buka medsos. Biasanya dapat cerita lucu atau lagu-lagu liturgi khas NTT. Tapi malah dapat kabar duka. Mas JJ Jansen Jasien  berpulang.

Seakan tak percaya. Mas JJ pergi secepat ini. Bulan lalu usianya gebap 50 tahun.

Terakhir aku nyambangi JJ saat pameran tunggal di Gedung PWI Jawa Timur, Jalan Taman Apsari, Surabaya, 10 Maret 2024.

Pagi itu aku nggowes sepeda pancal ke Balai Wartawan. Aku sambangi JJ. Hanya kami berdua di situ. Masih ada sisa kopi di gelas khas arena pameran lukisan.

JJ memang menunggui lukisan-lukisannya tentang Kerajaan Majapahit, Singosari, dan sejenisnya.

 Ngobrol lamaaa sekali. Lebih tepatnya aku cuma mancing, lalu Mas JJhiahaha kasih kuliah tentang Ken Arok, Gajah Mada, Hayam Wuruk... hingga Terung Wetan di Krian.

Aku memotret JJ beberapa kali. Salah satu adegan adalah mengirim doa kepada para leluhur. JJ langsung praktik kirim doa, asap dupa, kembang setaman dab sebagainya.

"Kita semua akan kembali ke sana. Bertemu dengan leluhur," katanya dalam bahasa Jawa halus.

Muhammad Yasin - nama asli JJ - memang selalu berbahasa krama inggil dengan siapa pun. Termasuk dengan saya yang bukan Jowo. 

Selamat jalan, Mas JJ πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ
Selamat bahagia di sana πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ
Selamat jelajah jagat abadi πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ

Minggu, 12 Mei 2024

Surabaya dan Malang Sudah Jadi Kota Besar Sejak Zaman Hindia Belanda, Berikut 10 Kota dengan Populasi Eropa Terbanyak Tahun 1930

Banyak anggota kelompok gedung tua seakan heran dengan banyaknya bangunan peninggalan Belanda di Surabaya. Minggu pagi ini (12/5) Ben Malkan menulis komentar:

"Banyak jg ya Orang Europe (Belanda) yg menetap di Surabaya klu menilik dr bangunan2 yg ditinggalkannya."

Anggota dari Jogja ini rupanya kurang pengetahuan tentang perkembangan kota-kota dan persebaran penduduk pada masa Hindia Belanda. Soerabaia - atau Soerabaja, kemudian ganti ejaan jadi Surabaja dan Surabaya - sejak dulu memang sudah jadi kota besar di Nusantara. Beda tipis dengan Batavia - sekarang Jakarta.

Soerabaia adalah kota dagang utama Hindia Belanda karena ada pelabuhan di Kalimas dan Tanjung Perak. Batavia juga punya pelabuhan. Karena itu, wajarlah kalau populasi orang Belanda (Eropa) di Soerabaia sangat banyak. Sedikit di bawah Batavia.

Populasi Bangsa Eropa (Belanda) di Hindia Belanda Tahun 1930

1. Batavia        37.278 
2. Soerabaia   26.463
3. Bandoeng   19.664
4. Semarang   12.577
5. Malang         7.530
6. Djokja          5.604
7. Buitenzorg   5.239
8. Medan           4.292
9. Magelang    4.189
10. Makassar   3.600

Malang sangat menarik. Meski bukan ibu kota provinsi, kota dingin ini sejak zaman Belanda sudah jadi kota besar kelima di Hindia Belanda. Bangsa Belanda ada 7.530 jiwa di Malang. Jauh lebih banyak ketimbang Jogjakarta atau Medan atau Makassar.

Maka, pantaslah kalau di Malang ada begitu banyak gedung peninggalan Hindia Belanda yang masih bertahan hingga kini. 

Buitenzorg alias Bogor mirip Malang di Batavia. Sama-sama kota sejuk. Sama-sama dijadikan tempat tinggal dan istirahat bagi orang Belanda untuk melepas penat setelah bekerja keras di Batavia.

Sabtu, 11 Mei 2024

Benarkah Misa Dolo-Dolo Dilarang Dinyanyikan di Gereja? Begini Penjelasan Direktur PML Pastor Karl Edmund Prier SJ

Sudah lama saya tidak mendengar misa dolo-dolo dinyanyikan saat misa di gereja-gereja katolik di Jawa Timur. Misa senja, misa syukur juga tidak terdengar lagi. Mungkin sudah lima atau enam tahun ini.

Bisa jadi karena selera umat di Jawa Timur berubah. Kor-kor sekarang saya amati lebih suka lagu-lagu ordinarium misa yang panjang + lengkap ala Gregorian. 

Misa Kita IV paling populer di Jawa Timur meski komposisinya paling sulit ketimbang misa-misa lain di buju Puji Syukur. Dari 10 kali misa yang saya hadiri di Surabaya, Malang, Pandaan, atau Mojokerto mungkin 9 kali pakai Misa Kita IV ciptaan Romo Antonius Sutanta SJ (+).

Padahal, dulu lagu-lagu misa gaya Flores sangat populer di seluruh Indonesia. Lagunya gampang, pendek, enak, mudah diikuti siapa saja tanpa perlu menguasai notasi. Dolo-dolo ini jelas lagu hafalan tanpa teks atau partitur di Flores Timur dan Lembata.

Saya baru ngeh setelah membaca obrolan di grup liturgi media sosial beberapa bulan lalu. Ada topik tentang Misa Dolo-Dolo dilarang dibawakan dalam perayaan ekaristi karena teks atau syairnya tidak sesuai dengan TPE: tata perayaan ekaristi.

Saya cek akun Pusat Musik Liturgi (PML) Jogjakarta. Sebab, PML yang menerbitkan buku Madah Bakti yang isinya sangat dominan lagu-lagu inkulturasi. Berkat jasa PML pula lagu misa dolo-dolo dan misa gaya daerah lain sangat populer di Indonesia.

Madah Bakti kemudian diganti buku Puji Syukur pada tahun 1990-an. Sejak itu lagu-lagu liturgi inkulturasi mulai berkurang. Semua lagu inkulturasi ciptaan Paul Widyawan (+), dedengkot PML dihilangkan. Tapi misa dolo-dolo masih ada di Puji Syukur Nomor 357, 358, 395, 416.

Kalau memang ada di Puji Syukur sejak 1990-an, mengapa misa dolo-dolo dilarang? Kawan-kawan yang aktif di paduan suara, dirigen lingkungan, wilayah atau kategorial pasti lebih tahu informasi terbaru. Saya hanya umat awam.

Direktur PML Pastor Karl Edmund Prier SJ tak lama sebelum meninggal dunia sempat meluruskan isu pelarangan misa dolo-dolo ini. Sebagai penerbit Madah Bakti, komponis, mahaguru, pakar musik liturgi kelas dunia, Romo Prier menegaskan bahwa tidak ada yang salah dengan misa dolo-dolo.

Pastor asal Swiss ini menunjuk buku nyanyian liturgi di Jerman sebagai perbandingan. Syair-syairnya tidak semua mengikuti TPE tapi lebih sederhana ala dolo-dolo. Dan sampai sekarang tidak masalah di Jerman.

Romo Prier bahkan menyebut lagu misa dolo-dolo sebagai lagu yang enak dan sangat mengumat karena berisi dialog antara solis, umat, imam. Dialog seperti ini penting dalam liturgi.

Karena itu, Romo Prier tidak setuju kalau misa dolo-dolo dilarang dibawakan di seluruh Indonesia. Semua keuskupan punya otonomi dan otoritas untuk menentukan lagu-lagu liturgi di wilayahnya masing-masing.

Dus, tidak harus mengikuti Komisi Liturgi KWI di Jakarta. "Jangan membuat umat bingung," kata Romo Prier yang sepanjang hayatnya fokus menggeluti musik liturgi, khususnya inkulturasi.

Sabtu pagi, 11 Mei 2024, masih ada pertanyaan dan diskusi soal misa dolo-dolo dan puji syukur. Apakah benar sudah dilarang dibawakan di gereja-gereja?

Yos Dato, praktisi liturgi dari Timor, NTT, menulis begini:

"Benar sekali (misa dolo-dolo dan misa syujur dilarang). Lagu Ordinarium adalah salah satu bagian penting dalam liturgi Gereja Katolik khususnya, dan penempatan lagu Ordinarium searah dengan tuntutan liturgi Katolik. 

Mari kita melihat kembali bahwa liturgi adalah hal yang penting dan oleh karenanya umat butuh keheningan batin, dan liturgi itu harus khusuk. Untuk lagu Ordinarium dalam anjuran PUMR, SC, dan MS.  

Dijelaskan bahwa lagunya tidak panjang, teksnya harus berdasarkan anjuran TPE dan tidak bersifat solo.  Oleh karenanya, keempat lagu tersebut wajib menggunakan lagu Ordinarium berdasarkan anjuran dokumen resmi Gereja.

 Mengenai lagu misa dolo-dolo kita harus lihat syairnya apakah sejalan dengan TPE atau tidak.  Apakah ketika kita buat perbandingan ada perbedaan tidak? 

Nah, ketika dibedah dua lagu antara dolo-dolo dan misa senja seperti yang saya katakan bahwa syairnya tidak sesuai dengan anjuran tata musik liturgi yang benar. Oleh karenanya, lagu-lagu ordinarium yang bersifat solo saat ini dihentikan bahkan ditidakan.  

Kembali lagi bahwa lagu tersebut juga masih berbau profan walaupun enak didengar dan mudah diikuti oleh umat. Karena saking enaknya maka musik pun layaknya pesta. 

Liturgi resmi gereja KWI saat ini sedang melakukan berbagai sosialisasi di gereja-gereja lokal karena umat saat ini lebih euforia ke hal-hal yang berbau profan dibandingkan dengan musik suci."

Mudah-mudahan umat Katolik tidak bingung. Khususnya jemaat di Flores Timur dan Lembata yang menjadi daerah asal lagu dan tarian dolo-dolo.