Kamis, 21 November 2024

Manusia Modern Lebih Suka Baca Ramalan Shio, Zodiak, Weton ketimbang Baca Berita-Berita Serius

Enam  berita terpopuler di PORTAL BERITA terbesar di Indonesia Kamis pagi ini:

1. Melarat Menjadi Ningrat: 8 Weton yang Tidak akan Sengsara Lagi Beralih Menjadi Hidup Makmur dan Sejahtera

2. Enam Tanggal Lahir Diberi Kecerdasan Intelektual Berpikir Logis Mudah Pecahkan Masalah

3. Ramalan Zodiak Keuangan dan Asmara 19 November 2024 : Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo dan Virgo

4. Ramalan Zodiak Keuangan dan Asmara 20 November 2024 : Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo dan Virgo

5. Ramalan Zodiak Keuangan dan Asmara 19 November 2024 : Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces

6.  Keberuntungan Tertahan 2024, Kini Bendungan Rezeki 6 Weton Segera Jebol Pada 2025

Sudah lama konten terpopuler, dus disukai pembaca, adalah shio atau fengshui Tionghoa, ramalan bintang (zodiak), dan weton jowo. Saban hari pasti masuk 10 besar.

Bagaimana dengan konten-konten utama jurnalistik seperti berita? Sangat jarang masuk 10 besar. Sekali-sekali masuk top ten kalau ada kejadian yang benar-benar besar dan heboh. 

Shio, zodiak, weton selalu stabil di peringkat teratas konten paling populer. Karena itu, konten-konten ramalan nasib atau horoskop itu selalu dibuat para content creator atawa kreator konten.

Cukup bekerja di dalam ruangan, selancar sana sini di internet, media sosial, minta bantuan AI dsb, maka jadilah konten horoskop. Tidak perlu turun ke lapangan, wawancara, motret, mandi keringat seperti wartawan beneran. 

Kerja cerdas, bukan kerja keras! Kerja keras itu kuli tinta alias wartawan old school. Kerja cerdas gaya wartawan, eh kreator konten "jaman now". Kerja kuli hasilnya sedikit. Tidak pernah masuk 10 besar.

Saya bertanya kepada Tuan AI: mengapa konten terkait shio, zodiak, dan weton Jawa mengalahkan berita jurnalistik di portal berita terbesar di Indonesia?

 Beberapa alasan mengapa ini terjadi adalah:

1. Kebutuhan akan hiburan dan pelarian

 Dalam era informasi yang sangat cepat dan penuh tekanan, banyak orang mencari konten yang menawarkan hiburan, rasa nyaman, atau sekadar pelarian dari berita-berita yang berat atau menegangkan. Ramalan-ramalan tersebut memberikan hiburan ringan, yang jauh dari berita aktual yang sering kali penuh dengan konflik atau kejadian yang menegangkan.

2. Keterbatasan perhatian

Dalam dunia digital yang serba cepat, perhatian pembaca menjadi sangat terbagi. Banyak orang cenderung mencari konten yang bisa diserap dengan cepat dan tanpa banyak usaha. 

Berita jurnalistik, dengan analisis mendalam dan informasi yang membutuhkan perhatian lebih, bisa kalah saing dengan konten yang lebih mudah dikonsumsi, seperti ramalan yang hanya membutuhkan pembaca untuk membaca sekilas.

3. Personalisasi dan keinginan untuk relevansi pribadi

Shio, zodiak, dan weton Jawa sangat relevan dengan pengalaman pribadi pembaca. Orang cenderung tertarik pada hal-hal yang bersifat pribadi dan dapat memberikan informasi yang seakan-akan sesuai dengan mereka secara individu. 

Ini berbeda dengan berita jurnalistik yang lebih bersifat umum dan berfokus pada peristiwa besar yang mungkin tidak langsung memengaruhi kehidupan sehari-hari.

4. Media sosial dan viralitas

Konten seperti ramalan lebih mudah menjadi viral di media sosial. Mereka sering kali dibagikan karena sifatnya yang menarik, menghibur, atau bahkan mengejutkan. Artikel yang lebih serius atau berat mungkin tidak mendapatkan daya tarik yang sama di platform-platform sosial yang lebih cepat.

5. Kepercayaan dan nilai budaya

Di Indonesia, kepercayaan terhadap hal-hal seperti zodiak dan weton Jawa sangat kuat di sebagian kalangan. Ini membuat jenis konten tersebut memiliki audiens yang setia. Sebaliknya, berita jurnalistik, meskipun penting, mungkin dianggap kurang relevan atau menarik bagi orang-orang yang lebih percaya pada keberuntungan atau ramalan.

"Namun, ini tidak berarti bahwa masyarakat tidak tertarik lagi pada berita jurnalistik. Lebih tepatnya, ada pergeseran dalam cara orang mengonsumsi berita," kata AI.

Nah, sekarang saya makin sadar mengapa tulisan-tulisan di blog ini makin jarang dibaca. Dan, tidak lagi masuk dalam algoritma Google.

2 komentar:

  1. Maka itulah sebagian besar rakyat Indonesia akan tetap menjadi kuli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Leres Cak. Mentaliteit itu sulit hilang di era serba digital seperti ini.

      Hapus