Kamis, 16 Mei 2024

Lihat Syutingnya di Surabaya lalu Dapat Undangan Nonton Film Possession (Kerasukan), Cerita Rumit dan Horor


Sudah lima atau enam tahun saya tidak nonton film di bioskop. Bukan karena covid tapi memang tak minat lagi. 

Padahal dulu saat SMA di Malang biasanya nonton 2 kali seminggu di bioskop kelas bawah macam Mutiara di dekat stasiun, Merdeka dekat Gereja Katolik Kayutangan (parokiku), atau Dulek alias Kelud gerimis bubar (misbar).


Rabu malam, 15 Mei 2024, akhirnya nonton lagi di Delta XXI Surabaya. Film Possession atawa Kerasukan.

Nonton karena ada undangan khusus dari produsernya. Sebuah penghargaan karena sedikit banyak saya dan kawan-kawan ikut menemani para kru dan pemain saat syuting di Surabaya awal tahun 2023 lalu.

Bahkan, artis-artis didandani, ganti pakaian, makan minum dsb dilakukan di kantor tempat kerja saya di kawasan Kembang Jepun, Surabaya. Gedung tua eks Belanda disulap jadi Nite Club tempat si Faris (Darius Sinathrya) ngamuk sama Wahyu karena dicurigai ada main dengan Ratna istrinya.

Lokasi syuting film garapan sutradara Razka Robby Ertanto ini sekitar 60 persen di Surabaya. Mulai dari Kembang Jepun, Kalimalang, Gemblongan, Jembatan Merah, Balai Pemuda hingga Pangkalan Armada 2 TNI AL. 

Gara-gara ikut mendampingi sutradara, produser, pemain, kru bus, properti dsb, saya jadi paham betapa rumitnya proses produksi film. Betapa mahalnya bikin film yang bagus.

Saya pun bisa ngobrol santai dengan aktor dan aktris macam Darius Sinathrya, Carissa Perusset, Sara Fajira, Arswendy Beningswara, Nugie.

Saya tidak pernah membayangkan syuting yang panjang di Surabaya dengan fokus di bangunan-bangunan tua bakal jadi film seperti ini. Jadi horor, aneh, menegangkan selama 90 menit. 

Nonton film ini nyaris tak ada guyonnya sama sekali. Yang agak menggelitik si Faris yang baru pulang tugas selama 3 bulan terpaksa onani karena Ratna menolak "melayani" suami karena datang bulan dan alasan lain yang jadi benang merah film ini.

3 komentar:

  1. Tumben blak2an pasang kata “onani” di blog. Mbok ya gunakan yang halus seperti “swalayan” , “tulis tangan”, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istilah itu populer di lagu lama Iwan Fals.. jangan bicara soal idealisme dst.

      Dulu kata onani sangat populer sebelum ada kata masturbasi. Swalayan kata penghakus di era pasar swalayan, pasaraya dsb.

      Hapus
    2. Masyarakat teratur serba serasi

      Hapus