Rabu, 21 Juni 2023

Berat badan beta tidak pernah ideal - over weight

Beta mampir di apotek pagi ini. Beli obat Lameson. Sudah seminggu selesma pilek. Semoga bukan covid. Beta tidak pernah swab dsb sehingga tidak pernah tahu kena corona atawa tidak.

Pekan lalu pemerintah bilang segera masuk endemi. Pandemi covid berlalu. Tapi tetap waspada. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dsb.

Lameson yang paling ampuh, kata Iwan kawan yang paling ngerti obat-obatan. Dua tiga kali minum aka wis beres, pesannya.

Sambil antre beta lihat ada timbangan nganggur. Kebetulan sudah lama sekali tidak timbang badan. Kali terakhir sebelum covid. Berapa kira-kira beta punya berat badan saat ini? 21 Juni 2023.

Masih lumayan berat. 73 kilogram. Tahun 2019 sekitar 75 atau 76 kg. Pernah tembus 80 kg tahun 2015-an.

Syukurlah, beta punya berat badan masih rada stabil meskipun tidak ideal. Kalau mau ideal ya harus di bawah 67 kg. Dan.. itu tidak pernah tercapai. Kecuali saat mahasiswa dan SMA. 

Beta sudah lama tidak olahraga lari pagi. Cuma bersepeda jarak sedang saja. Itu pun tidak ngoyo. Karena itu, pembakaran kalori tidak banyak.

"Anda sebaiknya tidak makan di atas jam 7 malam," pesan Fu Longswie (almarhum), suhu senam Ling Tien Kung di Surabaya. Makan malam hari, apalagi di atas jam 9 malam itu tidak baik, katanya.

Ini rupanya beta punya kelemahan. Sebagai pekerja malam, beta selalu merasa lapar pada malam hari. Setelah selesai sunting naskah hingga memastikan pressklaar alias fit to print. 

Maka makan sega sambal atau nasi goreng pun jadi semacam ritual malam hari. Beta pernah ganti dengan pepaya, buah naga, atau semangka tapi tidak bisa kenyang. Ganti dengan bubur londo yang dijual di minimarket pun tidak mempan.

Jadi, wajarlah kalau beta tidak pernah berhasil menurunkan berat badan di bawah 70 kg. 

3 komentar:

  1. Putus makan nasi jangan sekaligus. Kuranginya ¼ tiap minggu. Lama2 jumlah nasi tiap kali makan jadi hanya ½ atau ¼.

    BalasHapus
  2. Selain itu, tidak cukup mengurangi nasi lalu diganti dengan buah. Salah ding. Protein harus ada. Sayur harus ada. Yg paling bagus gado2. Ada telor, bumbu kacang , tahu, untuk protein. Sayur2an utk serat.

    Sediakan snack berupa kacang tanah jika terasa lapar. Makan pelan2 dgn mindfulness.

    BalasHapus