Minggu, 21 April 2024

Nostalgia Hotel Brantas Surabaya di Jalan Kayoon - Berubah Jadi Apartemen Mewah di Tengah Kota

Rupanya banyak orang yang mencari Hotel Brantas Surabaya di mesin pencari Google. Mungkin dikira Hotel Brantas masih eksis. Biasanya orang-orang lawas. Mbah Gugel biasanya mengarahkan ke amahurek.blogspot.com.

Artikel lama "daftar hotel di Surabaya tahun 1950" cukup populer di Amahurek. Ada nama Hotel Brantas di daftar telepon tempo doeloe yang saya contek dari buku Penundjuk Telepon Surabaja tahun 1954.

Hotel Brantas di Jalan Kayoon 72-88 Surabaya termasuk salah satu hotel tua di Surabaya. Sejak zaman Belanda sudah ada. Di daftar hotel tahun 1926 ada nama Hotel Brantas di Kajoonstraat, Soerabaia. Ada juga Hotel Slamet di Bongkaranstraat. Kemudian Hotel Oranje di Toendjoenganstraat.

Sayang, hotel-hotel tempo doeloe itu surut satu per satu. Bangkrut. Ada yang dibongkar lalu dibangun gedung baru. Bisa hotel modern atau rumah toko atau kantor biasa.

Hotel Brantas juga tak jauh berbeda nasibnya. Tahun 1990-an sudah merosot meski masih banyak tamu. Tahun 2000-an makin sepi. Namun, masyarakat masih memanfaatkan aulanya yang luas untuk resepsi mantenan, pertemuan, seminar dan sebagainya.

Kawan satu kantor, Agus Wahyudi, dulu mantenan di Hotel Brantas. Suasananya masih klasik dan bagus meski tidak semewah hotel kelas atas macam Hyatt, Westin, Majapahit, atau Shangri-La. 

Saya juga beberapa kali menghadiri diskusi, seminar, atau jumpa pers di situ. Lalu perlahan-lahan Brantas Hotel surut dan tenggelam. Kemudian ditutup rapat dengan pagar seng.

Simsalabim, dalam waktu singkat sudah berdiri gedung jangkung nan modern. Apartemen Praxis. Suasana hotel lawas yang redup berubah jadi keren dan moderen. Apartemen macam Praxis ini memang sedang booming di berbagai kawasan Surabaya.

Tak jauh dari Hotel Brantas ada Hotel Sonokembang. Sama-sama hotel lawas. Satu manajemen. Tempo doeloe direkturnya Tuan K. Blanken orang Belanda.

Losmen Sonokembang beberapa kali berubah fungsi. Jadi kafe, galeri lukisan, tempat live music, dan entah apa lagi. Dulu sempat ramai tapi lama-lama juga redup.

Ahad pagi, 21 April 2024, Hari Kartini, saya gowes di kawasan Jalan Gubeng, belok kiri Siloam Hospital lalu masuk Jalan Sonokembang. Rupanya kafe sudah tutup lama. Sekarang jadi tempat rental mobil kalau tidak keliru. Bangunannya pun sudah dikepung apartemen.

Naga-naganya eks Losmen Sonokembang ini juga bakal habis. Jadi perluasan Praxis Apartment yang membutuhkan lahan baru di sekelilingnya. 

BACA JUGA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar