Sabtu, 27 April 2024

Ancis Matarau Penyanyi Pop Lamaholot Asal Ile Ape, Lembata, yang Sedang Naik Daun di NTT



Salah satu penyanyi pop daerah Lamaholot yang tengah naik daun adalah ANCIS MATARAU. Lagu-lagunya kebanyakan berbahasa Lamaholot. Karena itu, Ancis sangat populer di Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata, NTT, daerah yang penduduknya berbahasa Lamaholot.

Artis Lamaholot lain yang lebih dulu ngetop adalah FELIX MATARAU. Sekian tahun lalu Felix mempopulerkan lagu pop Lamaholot gaya dolo-dolo dengan hitsnya Nona Masih Kecil. Ada beberapa seri lagu Nona Masih Kecil dibuat setelah album pertama booming di bumi Lamaholot dan NTT umumnya.

Saya mulai kenal Ancis Matarau setelah mendapat kiriman video dari seorang perantau asal Adonara di Jawa Timur. Mela tua, katanya. (Sangat bagus).

Lagu berjudul Selen Ro ciptaan Pastor Markus Solo Kewuta SVD itu terasa lebih segar saat dibawakan Ancis Matarau. Pater asal Lewo Uran, Flores Timur, yang jadi staf kepausan di Vatikan, itu senang bukan kepalang. Sebab lagu Selen Ro ciptaannya mendapat sambutan luar biasa di NTT.

Pastor Markus Solo Kewuta SVD menulis:

"Cita2 panjang di Roma utk menciptakan sebuah lagu tari Selen Lamaholot yang bernapas panjang dan disukai banyak orang ternyata terpenuhi. Syukur Tuhan utk inspirasi unik waktu itu.

Terima kasih Ade Ancis Matarau dan Ade Univilson untuk kerja sama jarak jauh yang produktip. Semangat untuk semua penggemar di mana saja berada."

Setelah dua tahun lebih menikmati lagu-lagunya di YouTube, akhirnya saya bisa ngobrol singkat dengan Ancis Matarau. Obrolan langsung nyambung pakai bahasa Lamaholot gaya Ile Ape.

 Penyanyi dan musisi ini ternyata berasal dari Desa Waiwaru, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata. Satu kecamatan dengan saya. Cuma beda desa. Desaku di pantai utara, sedangkan desanya di selatan.

Saat ini Ancis Matarau tinggal di Maumere. Proses kreatif, cipta lagu, aransemen musik dan sebagainya dilakukan di Maumere. Dia punya Matarau Entertainment yang memproduksi lagu-lagu pop berbahasa Lamaholot. Belakangan ada juga yang berbahasa Nagi (Larantuka) dan bahasa Indonesia.

Luar biasa! Anak-anak muda Lembata ternyata mampu melejit di era digital ini. Dulu waktu aku masih kecil belum ada penyanyi atau musisi Lembata yang mampu bikin karya musik yang bagus dan dikenal publik secara luas.

Ancis Matarau sudah berhasil "soga naran lewo tana titen" - mengangkat nama baik kampung halaman kita.

Terima kasih, Ama Ancis!


SELEN RO

Ciptaan : Pastor Markus Solo Kewuta SVD
Vocal : Ancis Matarau

Ore o o soka ro sare sare
Soka ro sare sare 
soka soka sokaro
taro sare sare 

O re oo seleno lere lere
Seleno lere lere
Selen selen selen 
Taro lere lere

Pana peken inam nimun
Gawe lupan amam nawan pia lango tobo
Pana peken inam nimun 
Gawe lupan amam nawan pia lango tobo

Ore o..oo.. Lenso selen ro
Lenso selen ro
Selen selen selen 
ari ana titen

Ore o seleno lere lere
Seleno lere lere 
Selen selen selen
taro lere lere

Pana maan sare sare
 maro pate pulo ina ama wahan kae
Gawe maaro mela mela 
maan helo lema kaka ari wahan kae

Tidak ada komentar:

Posting Komentar