Jumat, 26 Mei 2023

Merayakan Coldplay di tengah kontroversi LGBT

Coldplay hebat! 

Penggemarnya luar biasa di tanah air. Ribuan orang antre beli tiket daring meski harganya tidak murah. Di media sosial disebut-sebut 1,5 juta fan sudah pesan tiket konser di Gelora Bung Karno.

Coldplay bukan sekadar band. Ada pesan, misi, pesan tersamar atau terang-terangan. Itu yang memicu polemik hebat di Malaysia. PAS partai garis keras menolak kedatangan Coldplay karena dituduh mempromosikan LGBT.

MUI di Indonesia juga bikin pernyataan keberatan gegara isu LGBT di balik Coldplay. Sejumlah akademisi juga menulis artikel membahas Coldplay. Bukan musiknya yang dibahas tapi soal ideologi, LGBT, hingga persoalan SARA. 

Syair Viva La Vida pun dipersoalkan. Yang menulis justru tidak pernah dengar Coldplay. Di era media sosial semua orang bisa jadi pakar apa saja. Tinggal nyontek di internet. Minta bantuan Mbah Google semua informasi tersedia berlimpah ruah.

Ayas tidak pernah kaset Coldplay. Maklum, gaya musiknya beda dengan seleraku yang dulu berkiblat ke David Fooster, Peter Cetera, Whitney, Level 42, Incognito, dan sejenisnya. Tapi Ayas punya teman kos gila betul sama Coldplay. Saban hari diputar kasetnya.

Seminggu ini Ayas rutin menyimak lagu-lagu Coldplay di YouTube. Paradise, Yellow, Viva La Vida, Hymn For The Weekend, The Scientist etc.

Cukup enak dinikmati sendirian. Nyanyinya tidak ngoyo. Pop rock yang tidak keras. Ayas juga melihat rekaman konser-konser Coldplay yang megah. Empat musisinya berpenampilan biasa-biasa saja. Gak neko-neko.

Sebuah media berbahasa Inggris menulis:

"The demand for Coldplay tickets is reaching unprecedented levels in Southeast Asia. With over 700,000 eager fans queued up for tickets to the highly anticipated Kuala Lumpur concert, the excitement was palpable.

 The frenzy was bigger in Indonesia as more than 1.5 million enthusiastic fans eagerly await the pre-sale tickets for the Jakarta concert. The staggering numbers are a testament to Coldplay's immense popularity and the unwavering devotion of their Indonesian fanbase.

The overwhelming response from fans demonstrates the profound impact Coldplay's music has had on people's lives. The band's captivating melodies and emotionally charged performances have created an unbreakable bond with their dedicated following, transcending borders and language barriers.

 The sheer numbers queuing for tickets reflect the unbridled enthusiasm and fervor that Coldplay has ignited among fans throughout Southeast Asia."

2 komentar:

  1. Coldplay termasuk rock band terakhir, sebelum industri rekaman didominasi artis2 pop dan rap yang hanya menggunakan synthesizer dan beat box. Rock band dalam artian klasik, di mana anggota2nya bisa main gitar, drum, bas, dan keyboard. Musik2nya okay lah. Entah mengapa ... ulama2 selalu kebakaran jenggot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenggot terbakar biasanya kalau artis atau band punya afiliasi kuat dengan ideologi atau gerakan tertentu yang dianggap bertentangan dengan nilai2 agama dan moralitas timur. Dulu Lady Gaga ditolak. Isu LGBT ini sangat serius di Indonesia dan Malaysia.

      Kalau cuma main musik, nyanyi2 doang ya gak masalah. Masalahnya artis2 Barat yg berpengaruh biasanya merangkap jadi duta atau aktivis gerakan tertentu. Kalau aktivis hijau, lingkungan, satwa liar, daur ulang, dsb pasti dielu-elukan. Tapi kalau sudah propaganda LGBT ya wassalam.

      Hapus