Kamis, 24 Desember 2020

Damai Natal di tengah pandemi

Kamis pagi, 24 Desember 2020.

Suasana di halaman Gereja Santa Teresa, Pandaan, tampak lengang. Tak terasa ada kemeriahan jelang Misa Malam Natal seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hanya ada beberapa orang yang duduk santai di dekat pos satpam. Suasana pandemi membuat pertemuan jemaat sangat dibatasi. Ekaristi Natal yang biasanya sangat meriah pun harus mengalah. Demi mematuhi aturan pemerintah tentang protokol kesehatan, 3M, dan sebagainya.

"Kuota umat sudah habis. Misa Malam Natal sangat dibatasi. Tidak menerima umat dari luar," kata petugas keamanan dengan ramah.

Oh, rupanya ada Pater Stanislaus Beda CM duduk-duduk dekat pohon natal depan gereja. Ada dua anak muda yang menemani. Penampilan pastor asal Pulau Lembata, NTT, itu sangat kasual. Pakai celana pendek, kaos oblong, seperti baru selesai olahraga ringan.

Apa kabar, Pater? 

"Baik-baik saja," kata Pater Stanis seraya tersenyum.

Pria yang sudah 33 tahun jadi imam itu pun mengakui bahwa perayaan Natal tahun ini harus mengikuti prosedur kesehatan yang ketat. Satu bangku hanya diisi dua orang. Padahal biasanya sampai 10 orang atau lebih.

Toh, umat Katolik di Paroki Pandaan bisa ikut misa Malam Natal dari rumah lewat live streaming. Komsos paroki yang menyediakan layanan online mass. Komsos Keuskupan Malang juga menyediakan channel misa Malam Natal untuk umat di Keuskupan Malang. Paroki Pandaan memang masuk Keuskupan Malang.

"Kita harus hati-hati dengan pandemi ini. Khususnya dengan warga dari kawasan zona merah seperti Sidoarjo," kata Pater Stanis.

Tapi, setiap malam Natal malaikat bilang ke gembala-gembala, "Jangan takut!"

"Tapi saya kan manusia (bukan malaikat)," kata Pater Stanis yang terkenal dengan joke-jole segar saat berkhotbah itu.

Salam damai Natal untuk semua!
Damai di bumi, damai di surga!

2 komentar:

  1. Selamat Natal kepada Sdr Lambertus Bernie Hurek. Semoga damai dan kebaikan selalu besertamu.

    BalasHapus
  2. Sama-sama. Salam damai natal dan tahun baru juga untuk bung sekeluarga.

    BalasHapus