Sabtu, 08 April 2023

Ahmad Dhani pengarang lagu

Ahmad Dhani: "Kesempatan ini akhirnya menjadi sebuah hal yang menguntungkan bagi pengarang lagu."

Sudah lama Ayas tak mendengar dan membaca istilah ini: pengarang lagu.

Dhani menghidupkan lagi kata lama itu. Biasanya media dan masyarakat menggunakan frasa pencipta lagu. Ada juga yang pakai komposer (serapan bahasa Inggris) atau komponis (istilah lama serapan bahasa  Belanda). 

Istilah penulis lagu sebagai terjemahan song writer mulai populer di era digital. Sejak dulu di sampul kaset dan acara TVRI, Aneka Ria Safari dan Selecta Pop, selalu ditulis judul lagu, ciptaan NN. 

Slamet Abdul Sjukur, guru musik, bapak musik kontemporer, selalu menggunakan kata mengarang, karangan, pengarang. Seniman asli Surabaya itu juga selalu pakai kata komponis. 

Kata-kata mendiang SAS memang sangat Indonesia meskipun ia tinggal di Prancis selama 14 tahun. SAS fasih bahasa Prancis, Inggris, dan beberapa bahasa asing lain. 

"Saya harus menyepi seorang diri kalau mau mengarang (komposisi musik klasik/kontemporer). Saya tidak boleh diganggu kalau lagi ngarang," kata SAS kepada Ayas.

Soe Tjen Marching, novelis, aktivis kebinekaan, komponis, murid SAS juga mewarisi semangat gurunya. Soe Tjen selalu pakai kata mengarang. Bisa mengarang musik, mengarang cerpen, mengarang novel, mengarang artikel dsb. "Sudah lama aku gak ngarang (musik untuk piano atau komposisi musik kontemporer)," katanya suatu ketika.

Tempo doeloe ada pelajaran mengarang di sekolah. Murid-murid SD disuruh bapak/ibu guru untuk membuat karangan tentang pengalaman berlibur atau apa saja.

 Ada juga rubrik Karangan Kecil di majalah anak Kunang-Kunang terbitan Ende, Flores. Dulu karangan Ayas sering dimuat Kunang-Kunang. Anak-anak di kampung berlomba-lomba membuat karangan kecil, satu sampai tiga alinea, lalu dikirim ke Kunang-Kunang. Anak yang karangannya dimuat sangat bangga seolah sudah jadi pengarang terkenal di NTT.

Ayas dulu sering ikut lomba mengarang tingkat kecamatan. Menulis di buku tulis, tulisan tangan. Temanya ditentukan pihak penilik sekolah di kecamatan. Ayas beberapa kali dapat penghargaan sebagai juara pertama. Padahal saat di SD itu Ayas cuma nulis bebas, mengalir saja.

Saat ini istilah "mengarang" atau "ngarang" kesannya kurang positif. Seakan-akan merekayasa atau membuat cerita rekaan untuk menipu orang. Ah, ngarang aja lu! 

Mengarang pun berubah makna. Seakan sinonim dengan berbohong.

Ahmad Dhani, terlepas dari segala kontroversinya, menghidupkan kembali kata pengarang (composer) sesuai dengan aslinya. Dhani memang pengarang lagu pop paling terkenal dan bermutu di Indonesia.

4 komentar:

  1. Kon iku ciamik, Lambertus. Ket biyen wis seneng nulis dan jago ngarang. πŸ‘πŸ‘

    Aku biyen gak pinter ngarang. Sakwise kerjo baru sinau nulis spesifikasi produk teknik. Suwe2 pinter dewe. Nganti saiki dibayari akeh (utk ukuran Indonesia) utk dadi pengarang artikel2 dan brosur2 dan laman web perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip pinter ngarang. Ngarang opo wae? Pengarang: author.
      Di sini lebih banyak dipakai penulis: writer.

      Pramoedya selalu menyebut dirinya pengarang. Zaman dulu penulis itu ya juru tulis. Biasanya menulis risalah hasil rapat.

      Hapus
    2. Ngarang artikel2 dodol kecap nomer siji, wkwkwkwk. Cuman sing digawe dodolan dudu kecap tapi piranti lunak kanggo perusahaan2 gedhe.

      Hapus
    3. Ciamik banget Siansen ngarang ketjap nomer siji bidang IT di negara Meiguo. Cuan cuan πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ

      Hapus