Senin, 16 Januari 2023

Kawan Kelas Yoyok Pulang ke Rumah Abadi

Nawak amal (kawan lama) telah berpulang. Ratno Aryo Wicaksono telah tiada. Meninggal dunia agak mendadak di Malang karena sakit jantung.

Yoyok, sapaan Ratno Aryo Wicaksono, selama ini selalu ceria. Biasa membagi video-video tentang desa binaannya di Kabupaten Malang. Serius sekali kalau bahas soal ekonomi desa, UMKM, dan sejenisnya. Idealismenya sejak jadi aktivis mahasiswa terbawa sampai akhir.

Ayas satu kelas dengan Yoyok saat di SMAN 1 Malang. Orangnya selalu ceria, murah senyum, tapi agak usil. Ulahnya membuat kelas jadi hidup. Apalagi kalau kebetulan guru sakit atau berhalangan. Kelas A1 itu pasti heboh.

Yoyok seniman musik. Sejak SMP sudah main band di Malang. Tukang gebug drum. Makin intens saat di SMA. Saat festival band pelajar se-Jawa Timur di Surabaya Sam Yoyok ini jadi drummer Mitreka Satata, julukan SMAN 1 Malang. Lagu wajib: Musisi dari Godbless. Hasilnya? Lupa.

Main band hobi Yoyok hingga ajal menjemput. Alumni Smansa tetap main band untuk silaturahmi. Bahkan diperluas dengan alumni SMAN 3 dan SMAN 4 yang biasa disebut SMA Tugu. Sebab gedung sekolahnya satu kompleks di tugu Alun-Alun Bundar itu.

Selama 30 tahun Ayas tak pernah ketemu Yoyok alias Ratno alias Daker. Cuma ketemu di grup WA khusus alumni satu kelas A1-3. Total ada 42 orang. Tapi Sri Astuti sudah lebih dulu pulang ke pangkuan-Nya. Kini disusul Yoyok.

Di balik gayanya yang rada nyentrik sebagai seniman musik, Yoyok ternyata sangat serius dan militan. Selalu jujur, sederhana, apa adanya. 

Salah satu kalimatnya:

"Aku tidak menikah karena akan menciptakan kemiskinan baru!"

Menikah akan menciptakan kemiskinan? Tidak ada nawak-nawak yang berani bahas secara terbuka di grup. Tapi seniman dan aktivis macam Yoyok selalu punya alibi dan penjelasan panjang lebar.

Selamat jalan, Nawak Yoyok! R.I.P.

2 komentar:

  1. Seorang aktivis yang idealis ini kalau di jaman dahulu disebut santo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rada mirip Soe Hok Gie. Aktivis, tukang demo, doyan main musik rock progresif, bina orang miskin di kampung, seneng guyonan srimulatan..

      Hapus