Rabu, 27 November 2019

Sing Hallelujah to TheLord di Hongkong

Apa kabar Hongkong?
Apa masih unjuk rasa?
Demo ribuan orang memprotes kebijakan pemerintah?

James Chu, seniman musik keroncong dan campursari, warga negara HK, tidak menjawab. Pak Chu malah kirim rekaman terbarunya. Lagu Rayuan Kelapa dalam bahasa Mandarin.

"Kita ingin mempererat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok. Penyanyinya cakep lho," kata Chu.

Pengusaha ini lahir di Banyuwangi, sekolah di Surabaya, kemudian terusir gara-gara PP 10 bersama ribuan warga Tionghoa lainnya. Lama di Wuhan dan beberapa daerah di Tiongkok, James Chu kemudian menetap di HK. Buka usaha dan sukses. Tapi hobi musiknya tidak mati. Malah tambah gila aja.

Sebetulnya saya mau bertanya mengapa massa di HK selalu menyanyi Sing Hallelujah to The Lord saat unjuk rasa. Memangnya banyak warga HK yang Kristen? Kenapa lagu pujian kepada Tuhan itu dijadikan sarana untuk memprotes pemerintah?

James Chu gak mau ngurus yang ada bau politiknya. Chu hanya fokus ke musik dan bisnis. "Itu urusan mereka. Kita bahasa keroncong aja," katanya. Saya yang malas bahas keroncong. Musik lawas yang sudah lama meranggas di Indonesia.

Saya justru dapat jawaban dari Mr Yu, mantan menteri yang juga mantan bosku. Kebetulan Mr Yu sangat sering ke Tiongkok. Tentu saja mampir juga ke HK yang masih satu negara itu.

Mr Yu menulis:

"Kristen-Katolik merupakan agama dari 15 persen penduduk Hongkong. Sebagian lain Buddha, Konghuchu dan agama-agama kecil. Sebagian besar lagi agama mereka uang. Tuhannya angka-angka."

Wkwkwkwk... cerita berbalut humor khas Yu Xianshen.

"Pemimpin tertinggi Hongkong sendiri, Carrie Lam, juga Katolik. Tokoh-tokoh gereja juga pernah bertemu Lam. Untuk menyampaikan komplain atas kekerasan yang dilakukan polisi. Tapi Lam saat itu menjawab: mengapa gereja tidak mengecam kekerasan yang dilakukan pendemo. Belakangan polisi tidak begitu peduli lagi. Polisi mulai berani masuk gereja. Mengejar pendemo yang menyelamatkan diri ke gereja," tulis Yu.

Yang pasti, saya tidak ingin membahas agama uang dan tuhannya angka-angka. Apalagi doktrin, rukun iman, liturgi dsb. Terlalu ruwet.

Saya cuma ingat Sing Hallelujah to The Lorld!

Lagu ini sangat populer di kalangan para ekspatriat Filipina di Surabaya. Selalu dinyanyikan setiap Sunday Mass di Gereja Katolik Redemptor Mundi, Jalan Dukuh Kupang Surabaya. Satu-satunya Gereja Katolik di Surabaya, mungkin Jawa Timur, yang mengadakan misa berbahasa Inggris setiap Minggu pagi.

Dulu saya sering ikut Sunday Mass itu. Sekalian belajar bahasa Inggris dengan orang Filipina, Amerika, Australia dsb. Semuanya kumpul di sini. Dan sangat menghayati lagu Sing Hallelujah to The Lord.

"Itu biasa kami nyanyikan di Filipina," kata Emilio. "Kami juga biasa nyanyi di Australia," kata perempuan kulit putih.

Di Indonesia setahu saya tidak ada lagu itu di gereja. Setidaknya di semua paroki yang ada di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Nuansanya lebih ke PDKK alias Persekutuan Doa Karismatik Katolik.

Sudah 2 tahunan saya tidak lagi misa bahasa Inggris di Surabaya. Cukup misa bahasa Indonesia dan sesekali bahasa Jawa. Sayang tidak ada misa bahasa Latin. Suasana misa bahasa Inggris alias Sunday Mass rasanya terlalu meriah, gitaran, tamborin, tepuk tangan ala karismatik.

Maka, saya lupa lagu Sing Hallelujah to The Lord. Belakangan teringat lagi setelah membaca tulisan Yu Xiansheng di laman pribadinya. Bahwa Sing Hallelujah ternyata jadi lagu kebangsaan para pengunjuk rasa di Hong Kong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar