Rabu, 04 September 2024

Pastor Markus Solo Kewuta SVD Jadi Pendamping dan Penerjemah Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Paus Fransiskus, 87 tahun, akhirnya tiba di Indonesia. Selama empat hari Sri Paus berada di Jakarta.

Deo gratias! 
Syukur kepada Allah!

Inilah kali ketiga Paus berkunjung ke Indonesia. Diawali Paus Paulus VI tahun 1970. Kemudian Paus Yohanes Paulus II tahun 1989. Paus Fransiskus tahun 2024.

Umat Katolik di Indonesia hanya sekitar 3%. Minoritas mutlak. Di negara mayoritas Islam. Karena itu, sejak dulu Indonesia tidak dianggap penting di dunia kekatolikan sejagat.

Namun, Paus Fransiskus punya kacamata berbeda. Pengganti Paus Benediktus XVI ini justru melihat Indonesia sebagai negara majemuk yang menarik. Ada komunitas kecil umat Katolik yang hidup di tengah-tengah minoritas.

Paus Fransiskus ingin melihat langsung Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika berdasar Pancasila. Ada terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katolik Jakarta. Paus menekankan dialog, harmoni, kebersamaan sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Ada yang menarik saat Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Beliau selalu ditemani seorang pastor sebagai penerjemah atau interpreter. Pastor itu tak lain Romo Dr Markus Solo Kewuta SVD. 

Padre Marco, sapaan Pater Markus Solo Kewuta SVD di YouTube dan media sosial, berasal dari Lewouran, Keuskupan Larantuka, NTT. Sudah lama sekali Pater Markus bekerja di Takhta Suci Vatikan. Sejak Paus Yohanes Paulus II. 

Karena itu, Pater Markus Solo Kewuta jadi "pembisik" utama Paus Fransiskus mengenai berbagai hal tentang Indonesia. Informasi seputar Indonesia bisa dipastikan sebagian besar disampaikan oleh Pater Markus.

Saya lihat di grup-grup orang NTT atau Flores video dan foto Paus Fransiskus didampingi Pater Markus Solo Kewuta SVD jadi viral. Betapa bangganya orang NTT karena ada salah seorang putra terbaiknya menjadi tangan kanan Sri Paus.

Paus juga mungkin heran bahwa di Indonesia, negara mayoritas muslim, ada seminari penghasil pastor terbesar di dunia. Yakni di Pulau Flores, NTT, provinsi yang biasa dipelesetkan sebagai Nusa Tetap Tertinggal dan Nasib Tidak Tentu.

Tapi NTT juga berarti Nanti Tuhan Tolong.

Selamat datang Paus Fransiskus!

Minggu, 25 Agustus 2024

Raja Jawa kali ini agak kendor menuju musim gugur

Demo mahasiswa kali ini luar biasa. Unjuk rasa besar pertama kali sejak 98. Hasilnya terbukti efektif. Raja Jawa yang sakti mandraguna kali ini agak keder. Tak lagi memaksakan kehendaknya seperti saat jelang pendaftaran pilpres tahun lalu. 

Hasil yang nyata adalah Kaesang tidak bisa maju pilkada karena usianya belum genap 30 tahun saat pendaftaran. Padahal DPR RI mau mengakali putusan MK dengan anak kalimat usia sekurang-kurangnya pada saat pelantikan sebagai kepala daerah. 

Aturan ambang batas suara untuk pencalonan pun ikut MK. Artinya PDI Perjuangan bisa mengajukan calon di Jakarta. Jadi, calonnya koalisi kerajaan tidak perlu lawan kotak kosong. Atau lawan calon boneka dari jalur perseorangan. 

Raja Jawa ini tidak kenal demisioner meski masa jabatannya tidak sampai dua bulan lagi. Bisa saja akan ada kejutan-kejutan di jagat politik beberapa hari ke depan. Dia selalu punya kartu-kartu untuk bikin kejutan.

Sementara itu, anak sang raja bersama istrinya sedang pesiar dengan pesawat jet (pribadi?) ke luar negeri. Di saat unjuk rasa terjadi di berbagai kota, anak raja tetap saja posting dunia fantasi yang serba mewah gemerlapan.

Masih panjang perjuangan untuk mengawal demokrasi di sini. Sang raja sudah membatalkan reformasi dan demokrasi demi membangun dinasti politiknya. 

Kamis, 22 Agustus 2024

Jangan main-main dengan Raja Jawa! Bisa celaka

Bahlil Lahadalia baru saja terpilih sebagai ketua umum Partai Golkar. Orang Papua ini memang dekat penguasa yang mahakuasa. Maka sebelumnya Airlangga dilengserkan dulu dari kursi nomor satu Beringin.

Di depan ratusan (atau ribuan) kader Golkar, Bahlil mengingatkan rekan-rekannya di Golkar agar jangan main-main dengan Raja Jawa. Bisa celaka. Korbannya sudah banyak.

"Soalnya Raja Jawa kalau kita main-main, celaka kita. Saya mau kasih tahu aja, jangan coba-coba main-main dengan orang ini. Waduh Ini ngeri-ngeri sedap barang ini," ungkap Bahlil.

 Bahlil tidak sebut siapa sosok Raja Jawa yang kuat kuasa itu. Semua orang tahu sosok ini katanya. 

"Saya kasih tahu, sudah banyak dan sudah lihat kan barang ini. Tidak perlu saya ungkapkan lah tidak perlu," kata politikus yang cepat melejit karena sangat paham irama politik di era Jokowi.

Raja Jawa memang sulit dibendung. Apa pun keinginannya kudu diikuti. Konstitusi atau UUD pun bisa diubah ketika sang raja ingin anaknya jadi ketua atau wakil ketua negara. 

Sekarang dia ingin anaknya jadi gubernur atau wakil gubernur. Padahal usianya belum cukup. Gampang. Raja di atas hukum. MA bisa ubah aturan itu.

MK ingin menegakkan konstitusi. Membatalkan putusan MA dan beberapa pasal di UU Pilkada. Gampang saja solusinya. Besok muncul UU baru yang cocok dengan keinginan sang raja. 

Putusan MK diabaikan. Partai-partai di parlemen langsung ketok palu. Hanya si Banteng saja yang menolak. Tapi apalah artinya Banteng yang suaranya cuma 18 persen?

Raja Jawa memang tidak suka demokrasi. Sukanya kuasa mutlak. Tidak suka oposisi. Maka tiga partai yang kalah dalam Pilpres 2024 pada Hari Valentine itu diajak masuk koalisi kerajaan. Hanya si Banteng yang tidak diajak.

"Jangan main-main dengan Raja Jawa!" kata Bahlil.

Banteng sudah kena di Jakarta. Punya 15 kursi tapi tidak bisa nyalon pasangan gubernur dan wakil gubernur karena masih kurang 7 kursi. Mustahil dapat tambahan kursi karena sudah diborong masuk kerajaan.

Kelihatannya Banteng bakal terus dihajar hingga babak belur. Segala daya bisa dipakai agar partai ini makin kerdil dan selesai.

"Jangan main-main dengan Raja Jawa!'
 

Kamis, 15 Agustus 2024

Njanjian untuk Sekolah Rakjat - Ingat Ebes Suka Nyanyi Bebaskan Irian

 


Ayas baru terima kiriman buku lawas Njanjian untuk Sekolah Rakjat dari rekan di Malang. Buku langka. Diterbitkan tahun 1960 oleh Balai Pustaka.

Rupanya buku nyanyian ini dipakai anak-anak SR di seluruh Indonesia tempo doeloe. Ayas jadi paham sekarang mengapa begitu banyak lagu karangan Ibu Soed, Pak Dal, atau Kusbini yang sangat populer sampai hari ini.

Ayas juga jadi ingat mendiang Ebes di kampung pelosok Lembata yang senang banget menyanyikan lagu Bebaskan Irian. Ayas diajari lagu ini tapi lupa syairnya. Nada-nadanya muncul kembali setelah membaca teks lagu Bebaskan Irian di buku lawas ini.



Ternyata dulu ada 7 lagu wajib untuk anak SD (sekarang SR). Wajib dihafalkan. Salah satunya Bebaskan Irian ciptaan GWR Sinsu/Derachman.

Enam lagu wajib yang lain:

Indonesia Raya (WR Soepratman)

Bagimu Negeri (Kusbini)

Maju Tak Gentar (C. Simandjuntak)

Satu Nusa Satu Bangsa (L. Manik)

Dari Barat sampai ke Timur (R. Surarjo)

Merah Putih (Ibu Sud)


Ternyata lagu Dari Sabang sampai Merauke yang kita hafal sampai sekarang syair aslinya adalah Dari Barat sampai ke Timur. Bisa jadi lagu ini ditulis sebelum Irian Jaya atawa Papua belum dibebaskan.

Lagu Bendera Putih pun judul aslinya Merah Putih. Tidak pakai bendera.

Membaca buku nyanyian SR masa lalu ibarat nostalgia. Mengenang masa anak-anak doeloe. Belajar menyanyi, belajar baca notasi di papan tulis hitam pakai kapur tulis Cap Sarjana.

Bapak Guru mengetuk irama dengan penggaris panjang. "Maju tak gentar membela yang benar..."

Kalau zaman sekarang: "Maju tak gentar membela yang bayar..."

Senin, 22 Juli 2024

WR Soepratman, Indonesia Raya versi asli 6/8, hingga tuduhan menjiplak Pinda-Pinda Leka-Leka

Musafir Isfanhari guru musik, dosen musik, komposer, hingga pelatih paduan suara kawakan di Surabaya. Pak Isfan juga sering diminta jadi juri lomba menyanyi. Mulai nyanyi kelas berat macam bintang radio seriosa hingga lomba karaoke wartawan atau komunitas Tionghoa di Surabaya.

Hampir setiap 17 Agustus Pak Isfanhari memimpin paduan suara pelajar di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya. Spesialis dirigen upacara bendera Hari Kemerdekaan bersama Gubernur Jawa Timur.

Pagi ini, Isfanhari membagi tulisan khusus tentang Wage Rudolf Soepratman. Sekaligus menjawab pertanyaan lama saya. 

Apakah lagu Indonesia Raya itu jiplakan lagu Pinda-Pinda, Leka-Leka? Apakah komposisi Indonesia Raya sekarang sama dengan naskah asli atau partitur yang ditulis WR Soepratman pada 1928?

Isfanhari menulis:

"Ketika dinyanyikan di Kongres Pemuda 1928, Indonesia Raya dimainkan dalam tanda birama 6/8. Terkesan kurang gagah, sehingga kemudian diubah menjadi 4/4."

"Indonesia Raya juga pernah dituduh sebagai jiplakan dari lagu Pinda-pinda, Leka Leka. Tapi kalau kita dengar Pinda-Pinda Leka Leka, terlalu berlebihan kalau dianggap sama mirip dengan Indonesia Raya."

Tidak lupa Isfanhari membagi link lagu Pinda-Pinda itu. Saya dengarkan beberapa kali. Memang berbeda meski ada beberapa nada awal Indonesia Raya yang sama. Pinda-Pinda pakai 6/8.

WR Soepratman berucap: "Kelak sebagai negara yang merdeka, kita  harus punya  lagu kebangsaan."

Pernyataan pendek itu mengganggu WR Soepratman. Dia merenung, tak bisa tidur memikirkan lagu kebangsaan seperti apa bentuk komposisinya, seperti apa pesan syairnya.

Hasil renungan itu akhirnya terwujud dalam lagu Indonesia Raya yang diperdengarkan dalam pembukaan Kerapatan Pemuda pada 1928. Iramanya 6/8 ala waltz yang memang sangat populer saat itu.

Lagu Indonesia Raya pun menyebar ke masyarakat Indonesia. Akibatnya lagu tersebut dilarang oleh Pemerintah Hindia Belanda meski secara sembunyi sembunyi masih ada yang berani  menyanyikannya. 

Ketika Jepang masuk ke Indonesia, maka untuk memikat hati rakyat Indonesia, diperbolehkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tapi itu tidak lama. Jepang pun akhirnya melarang lagu Indonesia Raya.

Saya masih sering mampir di warkop persis di samping Makam WR Soepratman di Rangkah, Surabaya. Sesekali saya merenung kehebatan Soepratman yang banyak talenta. Wartawan, seniman, musisi, pejuang, pahlawan nasional.

Lagu Indonesia Raya terasa merinding ketika atlet Indonesia meraih medali emas Olimpiade. Merdeka!!!

Karyawan cerdas pamit, murid lebih pintar ketimbang gurunya




Pagi ini AF pamit mundur lewat grup wasap. Resign, istilah kerennya. Masa kerjanya 10 tahun. Cukup lama.

"Hari ini saya mohon pamit. Terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang diberikan selama 10 tahun saya bekerja," tulis karyawan cerdas itu.

Saya pun dipamiti secara khusus. Dia anggap saya (salah satu) gurunya. "Good luck! Semoga happy dan sukses di tempat baru," doa saya.

AF ini contoh murid cerdas. Sangat lekas belajar dan kreatif. Karena itu, dia malah jadi lebih cerdas ketimbang gurunya. Apalagi di usia yang relatif muda, dia lebih mampu menyesuaikan diri dengan dunia digital, media sosial, algoritma google dsb.

Tidak banyak orang yang mampu menulis konten informasi atau berita yang dapat PV tinggi. Konten yang dibuat AF selalu di atas 10 ribu atau 20 ribu PV. Beda dengan saya yang sulit tembus 2000.

AF lulusan universitas negeri ternama di Surabaya. Jurusan bahasa Inggris. Karena itu, bahasa Inggrisnya jauh lebih baik ketimbang karyawan-karyawan lain. Kalau ada masalah tata bahasa, disksi, penulisan, AF yang kasih masukan dan koreksi.

Dulu saya ikut wawancara AF saat melamar jadi karyawan baru. Langsung lolos karena memang cerdas. Apalagi rekam jejak ayahnya juga memang kawakan. 

Mengapa jadi karyawan? Kamu lebih cocok jadi dosen? Sebaiknya lanjut studi sampai doktoral. Lebih bagus lagi kuliah di luar negeri.

AF memang punya keinginan seperti itu. Tapi rupanya dia kasih kesempatan adiknya yang laki-laki kuliah sampai S-3 dulu. Dia akan menyusul kalau ada peluang.. dan dana. Kalau tidak salah dia ingin kuliah di Australia.

Rupanya AF asyik bekerja keras (dan cerdas) di bidang yang sama dengan almarhum ayahnya. Begitu cepat perkembangannya. Para senior, guru, mentor, pun ketinggalan.

Guru yang baik adalah guru yang mampu membuat muridnya lebih pandai ketimbang dirinya. Bahkan, gantian si murid itu yang sekarang jadi guru untuk para senior yang dulu jadi gurunya.

Sabtu, 13 Juli 2024

Partitur Paduan Suara Lawas Hymne Airlangga, Enak dan Berkesan

Meski tidak pernah kuliah di Universitas Airlangga, Surabaya, saya sering dengar Hymne Airlangga. Kawan-kawan dekat alumni Airlangga sering nyanyi di kala senggang. Lagunya enak.

Saya juga cukup lama tinggal bersama guru besar FK Unair yang hobi musik dan nyanyi. Punya alat musik piano, gitar, keyboard hingga drum. Ada partitur musik juga.

Sesekali lagu Hymne Airlangga dimainkan. Namanya himne, suasana lagu ini agung, megah. Maestoso, istilah musiknya.

Beberapa waktu lalu, saat bongkar buku-buku lama sang profesor, saya menemukan naskah atau partitur Hymne Airlangga edisi lawas. Masih ejaan lama. Berarti sebelum EYD tahun 1972.

Hymne Airlangga ditulis Abdoes Saleh dan Bahrawi Koesoemo. Saya senandungkan pelan-pelan notasinya.. ternyata enak sekali. Lebih sedap ketimbang himne di kampusku dulu yang saya hafal bagian basnya versi paduan suara.

Suaraku nanggung. Ikut bas sering kerendahan di F (fa rendah), tapi ikut tenor juga terasa ketinggian di f (fa tinggi). Karena itu, dulu saya pilih ikut bas karena lebih sedikit saingan. 

Kalau ada festival atau lomba paduan suara di luar kota macam Jogja, Bandung, Jakarta, Surabaya, peluang masuk tim ini jauh lebih besar. Kalau ikut tenor peluang tipis.

Setelah bekerja di Surabaya, saya jadi akrab dengan beberapa pentolan paduan suara mahasiswa Unair era 90an dan 2000-an awal. Saya bahkan sering dapat undangan nonton konser atau festival yang diadakan mantan-mantan aktivis paduan suara mahasiswa Unair yang kini jadi guru musik klasik dan choir di Surabaya.

HYMNE AIRLANGGA

1. Di Timur Jawa Dwipa megah engkau bertakhta
Ksatria Airlangga kusuma negara
Dari engkau kudapat budaya pusaka
Airlangga dikau permata
Indonesia Raya

2. Bagimu almamater, kuberjanji setia
Berdharma bakti suci berjasa mulia
Belajar untuk Nusa Indonesia yang kucinta
Airlangga engkau hiduplah
Airlangga tetap kau jaya