Sabtu, 13 Juli 2024

Partitur Paduan Suara Lawas Hymne Airlangga, Enak dan Berkesan

Meski tidak pernah kuliah di Universitas Airlangga, Surabaya, saya sering dengar Hymne Airlangga. Kawan-kawan dekat alumni Airlangga sering nyanyi di kala senggang. Lagunya enak.

Saya juga cukup lama tinggal bersama guru besar FK Unair yang hobi musik dan nyanyi. Punya alat musik piano, gitar, keyboard hingga drum. Ada partitur musik juga.

Sesekali lagu Hymne Airlangga dimainkan. Namanya himne, suasana lagu ini agung, megah. Maestoso, istilah musiknya.

Beberapa waktu lalu, saat bongkar buku-buku lama sang profesor, saya menemukan naskah atau partitur Hymne Airlangga edisi lawas. Masih ejaan lama. Berarti sebelum EYD tahun 1972.

Hymne Airlangga ditulis Abdoes Saleh dan Bahrawi Koesoemo. Saya senandungkan pelan-pelan notasinya.. ternyata enak sekali. Lebih sedap ketimbang himne di kampusku dulu yang saya hafal bagian basnya versi paduan suara.

Suaraku nanggung. Ikut bas sering kerendahan di F (fa rendah), tapi ikut tenor juga terasa ketinggian di f (fa tinggi). Karena itu, dulu saya pilih ikut bas karena lebih sedikit saingan. 

Kalau ada festival atau lomba paduan suara di luar kota macam Jogja, Bandung, Jakarta, Surabaya, peluang masuk tim ini jauh lebih besar. Kalau ikut tenor peluang tipis.

Setelah bekerja di Surabaya, saya jadi akrab dengan beberapa pentolan paduan suara mahasiswa Unair era 90an dan 2000-an awal. Saya bahkan sering dapat undangan nonton konser atau festival yang diadakan mantan-mantan aktivis paduan suara mahasiswa Unair yang kini jadi guru musik klasik dan choir di Surabaya.

HYMNE AIRLANGGA

1. Di Timur Jawa Dwipa megah engkau bertakhta
Ksatria Airlangga kusuma negara
Dari engkau kudapat budaya pusaka
Airlangga dikau permata
Indonesia Raya

2. Bagimu almamater, kuberjanji setia
Berdharma bakti suci berjasa mulia
Belajar untuk Nusa Indonesia yang kucinta
Airlangga engkau hiduplah
Airlangga tetap kau jaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar