Kamis, 12 September 2024

Mendampingi Karin, keponakan yang kuliah di Stikes RKZ Surabaya

Karin diam-diam memilih kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) RKZ Surabaya. Gak nyangka keponakan satu ini sudah jadi mahasiswa. Gadis remaja yang pengen jadi perawat.

Beta sebagai paman sampai pangling melihat wajah Karin yang berubah. Beda banget dengan saat masih SD dan SMP di Kupang dulu. Pertumbuhan anak dan remaja memang sangat cepat.

Kali terakhir saya bertemu Karin pada 25 Juli 2019. Saat mudik ke NTT lantaran ayah kandung meninggal dunia di Pulau Lembata. Lima tahun lalu Karin masih kecil dan manja.

Karin putrinya Vincentia Hurek, adik kandungku. Ayahnya Hendrik Watun, sekarang Kepala SMAN 6 Kupang. Hendrik cukup terkenal di Kupang karena sekolahnya jadi pilot project alias uji coba sekolah mulai pukul 05.00 oleh Gubernur NTT Victor Laiskodat.

Kebijakan yang kontroversial itu akhirnya dicabut setelah Victor lengser sebagai gubernur. "Capek sekali, Ama. Kita mesti bangun jam 3 tiap hari," kata Hendrik yang asli Desa Baopukang, Lembata.

Awalnya saya ingin Karin tinggal di Asrama RKZ. Apalagi ibu asrama dan pembinanya suster-suster SSpS yang punya Rumah Sakit RKZ Surabaya. Tapi Karin lebih suka ngekos di dekat kampus. 

"Mahal sonde apa-apa," kata bapaknya. "Yang penting Karin bisa jalan kaki ke kampus. Surabaya terlalu banyak kendaraan. Macet. Kurang aman untuk anak perempuan."

Apalagi Karin ini tidak bisa nyetir sepeda motor. Andaikan naik Gojek saban hari, maka pulang pergi sekitar Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu. Sebulan bisa habis 1.500 untuk transportasi.

Karena itu, Karin punya bapak lebih memilih kos yang agak mahal tapi biaya transportasi Grab atau Gojek nol rupiah. Luar biasa cara berfikir orang Kupang. Beta angkat topi!

Saya akhirnya jadi wakil orang tua alias wali mahasiswa. Mendampingi Karin pada hari pertama PKKMB - istilah baru untuk Ospek jaman old. Banyak hal yang sama dengan kuliah jaman old tapi ada juga banyak kebijakan baru di bidang perkuliahan ala Kampus Merdeka, Merdeka Belajar dan sebagainya.

Selamat kuliah di Surabaya, Karin!

Selamat berjuang dan belajar menempa diri jauh dari bapa dan mama di Kupang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar