Minggu, 19 Juli 2020

Tidak Ada Soto Madura di Madura

Ulasan Yu Shigan, mantan menteri dan suhu jurnalistik, pagi ini sangat menggelitik. Soal nasi ayam hainan. Kuliner Tionghoa yang sangat terkenal di Surabaya.

"Tentu setiap kali ke Hainan saya ingin makan nasi ayam Hainan. Yang sangat terkenal di Indonesia maupun di Singapura itu. Kecewa.

Ternyata seperti soto madura dan nasi padang. Tidak ada nasi ayam hainan di Hainan," tulis Mr Yu.

Saya ketawa sendiri gara-gara soto madura. Dulu saya sangat sering blusukan ke Pulau Madura. Kadang naik bus, motor, bahkan sepeda pancal. Sudah keliling Madura. Dari Bangkalan hingga Sumenep.

Bahkan, dulu sering nginap di wisma Kelenteng Kwan Im Kiong di Pantai Talangsiring, Pamekasan. Juga di beberapa hotel kelas tengah di Sumenep. Sampang pun sudah beberapa kali. Khususnya Camplong, pantai wisata andalan Kabupaten Sampang.

Biasanya saya cari soto madura atau sate madura. Maklum, soto madura sangat terkenal di Surabaya. Kuahnya enak dengan daging sapi yang empuk. Sate madura pun mudah didapat di Surabaya dan kota-kota lain di Jawa Timur.

Kecewa!

Seperti cerita Mr Yu soal ayam hainan tadi. Tidak ada soto madura di Pulau Madura. Sate madura pun tidak ada. Padahal, ini di tengah-tengah Kota Pamekasan.

"Gak ada soto. Yang ada cuma supermi," kata seorang ibu di kawasan Alun-Alun Pamekasan yang lebih terkenal dengan Arek Lancor.

Saya pun meluncur ke kawasan wisata di Talangsiring. Dekat Kwan Im Kiong itu. Sama saja. Yang ada cuma nasi pecel dan lodeh. Itu pun tidak seenak di Surabaya atau Sidoarjo.

Tidak usah jauh-jauh ke Pamekasan atau Sumenep. Di kaki Jembatan Suramadu sisi Madura pun tidak ada yang namanya sate madura.

2 komentar:

  1. Sama dengan bbrp makanan di Amerika, Bung Bernie. Di sini ada hamburger yang diperkenalkan orang2 keturunan Jerman di pertengahan abad ke 19 ketika banyak dari mereka datang ke Amerika. Daging hamburger ialah variasi dari perkedel a la Jerman. Tetapi di Hamburg sendiri, tidak ada makanan yang namanya Hamburger seperti yang dimakan di Amerika. Kalau mau beli itu, adanya di restoran Amerika!

    Begitu juga makanan Cina. Di USA ada berbagai makanan ciptaan orang Cina Amerika seperti Ayam Jenderal Tso, yang di mainland China sendiri tidak ada. Atau fortune cookie, biskuit berbentuk uang lama yang berisi ramalan keberuntungan, yang diberikan gratis setelah makan di restoran Cina. Di Cina daratan sendiri tidak ada kebiasaan itu.

    Di USA juga ada berbagai macam pizza, seperti BBQ Chicken pizza, Thai Chicken pizza (dengan daging ayam masak sate dan bumbu kacang). Orang Itali asli terbengong-bengong krn di sana tidak ada pizza seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamsia, Cak, atas tambahan informasi yang sangat berharga. Kita jadi makin paham mengapa banyak sekali makanan yang pakai nama suatu daerah ternyata di daerah asalnya tidak ada. Kalaupun ada sangat langka.

      Hapus