Rabu, 08 Juli 2020

Penjahit Putri di Dekat Bandara Juanda

Saat bersepeda di kawasan tambak Desa Tambakoso, Sidoarjo, ada tulisan menarik di pinggir jalan. PENJAHIT PUTRI. Saya pun turun sejenak untuk memotret plang di dekat Bandara Juanda itu.

Penjahit putri. Maksudnya apa?

- Si penjahit berjenis kelamin putri (perempuan)?

- Penjahit khusus busana putri? Penjahitnya bisa saja laki-laki atau waria.

Saya jadi ingat tulisan sejenis di kawasan Aloha, Gedangan. Banyak sekali plang bertulisan PENJAHIT WANITA.

Penjahit wanita identik dengan penjahit putri di Tambakoso. Lain lagi dengan putri penjahit.

Setelah saya cek ke warkop di sebelahnya, seorang ibu mengatakan bahwa PENJAHIT PUTRI itu memang khusus melayani pesanan pakaian perempuan. Dia tidak akan mau menjahit pakaian laki-laki.

"Dari dulu hanya terima pakaian putri," kata ibu itu.

Lalu, penjahitnya memang putri? "Iya lah. Masak, laki-laki," katanya disusul tawa renyah khas orang tambak.

Istilah penjahit putri atau penjahit wanita memang bisa disalahpahami. Bisa diartikan wanita/putri yang dijahit. Bisa berurusan dengan polisi.

Bagaimana kalau dibalik menjadi wanita penjahit atau putri penjahit?

Wanita penjahit lebih pas. Wanita yang bekerja sebagai penjahit pakaian. Putri penjahit lain lagi artinya. Anak si penjahit yang berjenis kelamin perempuan.

Mungkin lebih pas kalau ditulis PENJAHIT BUSANA WANITA atau PENJAHIT BUSANA PUTRI.

Kurang lazim kalau ditulis WANITA PENJAHIT BUSANA PUTRI.

11 komentar:

  1. Penjahit Putri sesungguhnya sangat banyak jumlahnya, hanya saja mereka jarang yang terang2-an memasang papan reklame seperti halnya di Sidoarjo.
    Yang dijahit bukan busananya, tetapi sungguh2 putrinya. Selama si Tukangjahit memiliki ijasah yang sah dan surat izin bekerja dari instansi pemerintah, maka polisi tidak bisa berbuat apa2, bahkan mungkin suatu ketika pak polisi sendiri membutuhkan si Tukangjahit-Putri, demi menjaga harkat-martabat keluarganya.
    Pekerjaan Tukangjahit Putri dalam istilah ilmiah disebut Hymenrekonstruktion, di-Indonesia-kan Rekonstruksi Selaput-Dara.
    Dasar wong-lanang suka merayu gadis dengan janji2 gombal, atau ke Kremil beli plembungan warna-warni, tetapi kalau beli Xenia harus baru-gres, kilometer harus 0, di-intrayen sendiri.
    Syukur Alhamdulillah ada Tukangjahit-Putri, jadi wong-lanang kena kibul ! Ada Dongeng anak-anak : Rukitiku Rukitiku Darahnya Palsu, Kapok Kon Kena Tipu !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kremil, Jarak, Dolly dsb sudah ditutup Bu Risma sejak tahun sial angka 13. Kamsia masukan tentang penjahit putri dalam arti harfiah seperti itu.

      Yang umum sih sulam alias. Kalau jahit selaput dara tentu bapa2 dan mama2 dokter yg tahu hehe.

      Hapus
  2. Kalau menurut logika DI yang ngotot memopulerkan akhiran -nyi sbg ganti -nya utk merujuk kata sandang kepemilikan berkelamin perempuan, penjahit ialah penjahat yang berkelamin perempuan.

    Ada2 saja DI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minggu lalu dis launching koran baru bernama Harian Disway. Bersamaan dengan Hari Kemerdekaan USA.

      Akhiran -nya dan -nyi dipakai di harian itu. Unik. Out of the box kata orang USA.

      Hapus
    2. Yg out of the box tidak selalu bagus. Justru karya yang inovatif itu terjadi jika ada constraint inside the box, barulah otak berpikir keras bagaimana menyampaikan dan mengekspresikan ide yg didapat.

      Saya juga tidak mengerti keuntungan apa yg didapat pembaca dgn menekankan jender kata ganti kepemilikan. Justru di Amerika sedang ada gerakan mengganti his / he / him dan her / she / hers dengan their / they / their/ them. Jadi tidak ada jender2an lagi. Sétats semuanya

      Hapus
    3. Katanya untuk membantu Google Translate. Selama ini Google kesulitan menerjemahkan kata dia atau ia atau dirinya menjadi she atau he. Dis kemudian mencoba membedakan ia (pria) dan dia (wanita) serta nya (pria) dan nyi (wanita).

      Banyak editor bahasa yg keberatan dengan terobosan Dis karena dianggap aneh dan tidak perlu. Mengapa kita harus menyesuaikan tata bahasa kita dengan keinginan Google Translate?

      Hapus
    4. I see. Jadi untuk menandai kalimat utk kepentingan mesin penerjemah.

      Jika saya ingin menulis surat berbahasa Cina, pertama saya akan menulis dahulu dalam bahasa Inggris yang baik. Kemudian saya masukkan dalam Google Translate, barulah akan keluar terjemahan yang 90% okay. Sisanya baru dibetulkan manual. Dengan cara itu saya bisa menulis untuk bibi saya yang di Hongkong.

      Teknologi memang huebat

      Hapus
  3. Dui dui.. mesin penerjemah juga makin lama makin akurat kalau kalimat2 pakai bahasa yang baik dan standar.

    Makanya tulisan2 wartawan BBC Indonesia atau VOA Indonesia selalu menggunakan bahasa Indonesia yang sangat baku.
    Beda dengan koran2 di Jatim yang tidak boleh terlalu baku. Selalu ada sedikit frase Suroboyoan atau kata2 cakapan atau ragam bahasa lisan.

    Makanya koran2 Jatim sejak dulu tidak pernah terpilih sebagai media yang berbahasa Indonesia baik dan benar versi pemerintah pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) setiap Bulan Bahasa (Oktober).

    Tapi kalau nulis liputan kayak BBC ya korannya gak laku. Gak asyik jarene wong suroboyo hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut hasil terjemahan Google Translate dari paragraf DI yg mengandung kata ganti akhiran posesif “nyi”. Malah jd campur aduk he/ his dan she/her.

      To the extent that the mayor of Surabaya, which always attracts attention, Tri Rismaharini, rides a motorcycle. He entered the villages. To narrow alleys. Motorbike can only walk slowly. The population there is very crowded.

      Through loudspeakers, Risma continued to call for the importance of wearing masks.

      Maybe Risma has her own theory. His popularity is very high, presumably can make the call obeyed.

      Hapus
    2. Itu bukti bahwa "inovasi" yang dilakukan Pak Dis ternyata belum konek dengan mesin penerjemah. Malah jadi aneh dan nyeleneh.

      Hapus
    3. Mungkin begini logikanya: dulu semua diterjemahkan he/him/his. Sekarang dengan akhiran "nyi" sudah ada yang diterjemahkan "her". Jadi, lumayanlah mesin penerjemah sudah nurut dikit. Kalau dilatih lebih jauh nanti bisa lebih pintar lagi.

      Hapus