Setahun ada ada beberapa kasus carok di Surabaya. Pelakunya, Anda tahu, orang Madura di Surabaya. Atau orang ber-KTP Surabaya tapi orang tua atau moyangnya asal Madura.
Minggu lalu Mat Nadim, 55, membacok tetangganya di Jalan Wonosari Wetan II-E, Surabaya. Achmad Suhandi, 51, meregang nyawa setelah dicarok pakai celurit tiga kali.
Mat Nadim sempat kabur ke Sampang, kampung halamannya. Tapi tak lama kemudian dicokok polisi.
"Saya puas.. puas banget. Sebab dia suka ganggu istri saya. Sudah sering saya tegur tapi diulang lagi," kata Mat Nadim kepada wartawan di kantor polisi.
Carok sudah jadi budaya. Ada kajian di buku-buku sejarah.
Ada juga film yang terkenal tahun 1980-an tentang carok. Saya sempat
lihat cuplikannya di TVRI era hitam putih. Tapi belum pernah lihat
filmnya secara utuh.
Kalau ada di YouTube saya mau nonton film Carok ini. Agar bisa lebih
paham budaya dan psikologi pelaku carok. Tentang kehormatan membela
harga diri rumah tangga dsb.
Dulu di Universitas Jember ada semacam pusat studi tentang Madura.
Pakarnya Pak Latif Wiyata. Sudah bikin banyak kajian akademis,
seminar, menulis artikel, buku-buku dsb.
Kabupaten Jember itu sekitar 80 persen berbahasa dan berbudaya Madura.
Tapi dulu saya jarang dengar ada kasus carok. Mungkin karena budaya
Madura di Jember sudah mengalami jawanisasi sejak era Hindia Belanda.
Ketika orang-orang Madura didatangkan untuk menggarap perkebunan
tembakau, kakao, kopi, cokelat dsb.
Selain Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan yang
disebut wilayah Tapal Kuda, komunitas Madura pun sangat banyak di
Surabaya. Kalau belajar bahasa Madura tidak perlu jauh-jauh ke
Bangkalan atau Sumenep. Cukup mampir ke Surabaya Utara.
Sering ngopi di kawasan utara dekat Suramadu lama-lama bahasa Madura
kita jadi lancar. Paling tidak bahasa sehari-hari.
Lantas, mengapa budaya carok masih ada di era milenium ini? Pusat
kajian Madura di Jember bisa melakukan penelitian lanjutan.
"Jangankan orang Madura, siapa pun akan marah kalau istrinya diganggu
laki-laki lain. Apalagi dipergoki sendiri," kata Cak Wanto, orang
Sidoarjo.
Yang pasti, Mat Nadim bakal lama tinggal di penjara. Bisa 14 tahun
atau seumur hidup. Tapi Mat Nadim memberi pelajaran kepada siapa pun:
"Jangan sekali-kali mengganggu istri orang!"
Masalahnya, Nyonya Nadim, kok mau aja diganggu sama tetangganya yang
sudah tewas itu.
Rabu, 21 Oktober 2020
Belajar Ilmu Covid ke Negeri Tiongkok
Orang Indonesia sering mengutip ungkapan: "belajarlah walaupun sampai ke negeri China".
Belajar apa?
Apa saja. Perdagangan, bisnis, obat-obatan tradisional, membangun gedung-gedung bertingkat, mengatasi kemiskinan yang parah, teknologi, dsb.
"Asal jangan belajar politik partai tunggal dan komunisme," pesan Orde Baru. "Jangan belajar ateisme di sana karena kita bangsa yang religius."
Di saat pandemi ini, pesan untuk belajar di China alias Tiongkok makin relevan. Virus korona, kita tahu, berawal dari Wuhan di kawasan utara Tiongkok. Mulai diketahui pada akhir Desember 2019.
Otoritas Tiongkok awalnya panik juga. Tapi kemudian melakukan karantina wilayah yang ketat. Lockdown. Sangat berbeda dengan PSBB di sini yang aslinya tidak terlalu ketat.
Orang Indonesia waktu ramai-ramai mengecam Tiongkok yang melakukan lockdown. Teriak-teriak di media sosial dan media massa agar mahasiswa atau WNI di Wuhan dipulangkan.
Akhirnya pemerintah Indonesia kirim Batik Air ke Wuhan. Warga Indonesia dibawa ke Pulau Natuna untuk isolasi dua pekan. Tiongkok bekerja makin keras untuk menghentikan wabah korona yang belum ada obatnya itu.
Kecaman terhadap Tiongkok mereda setelah Indonesia mulai kemasukan Covid-19 pada awal Maret 2020. Dalam waktu singkat persebarannya meluas ke mana-mana. Sementara di Tiongkok pandemi terbesar sejagat itu makin terkendali.
Rabu 21 Oktober 2020. Pandemi korono di Indonesia masih parah. Kasus baru 3.602. Kematian baru 117. Total kasus 368.842.
Bagaimana dengan Tiongkok? Cuma ada 258 kasus aktif. Hanya dua pasien kategori berat. Yang lain cuma gejala ringan.
Statistik Indonesia sudah jauh melampaui Tiongkok. Kasus korona di Indonesia 368.842, sementara Tiongkok stabil di angka 85 ribuan. Pagi ini 85.704. Kasus covid di Indonesia lima kali ganda Tiongkok.
Tumben... Indonesia yang biasanya suka berkiblat ke Amerika Serikat tidak bisa lagi belajar soal penanganan covid ke sana. USA punya 57.640 kasus baru. Angkanya benar-benar super jumbo.
Presiden Donald Trump juga tidak bisa dijadikan rujukan untuk penanganan covid. Bukannya bekerja sama dengan otoritas kesehatan, Trump malah terkesan antisains.
Trump paling tidak suka pakai masker. Sebab dia memang tidak percaya ada penyakit baru yang namanya Covid-19. Sementara angka pasien mati akibat virus korona baru terus saja bertambah.
Meskipun sudah terkena covid, sempat diisolasi, Trump terkesan masih belum percaya 100 persen. Masih anggap enteng. Janganlah korona mendominasi hidupmu, begitu kira-kira kicauannya di Twitter.
Kita lihat saja pemilihan presiden di USA beberapa hari lagi. Rupanya pandemi korona jadi bahan utama kampanye di sana.
Selasa, 20 Oktober 2020
IMB Gereja Gratis di Surabaya
Kalau bisa dipersulit, mengapa dipermudah? Begitulah mantera oknum-oknum pejabat di republik ini. Dengan mempersulit pengusaha, si oknum itu bisa jadi kaya mendadak.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebaliknya. Kalau bisa dipermudah, mengapa dipersulit? Kalau bisa selesai seminggu, mengapa harus dua bulan, enam bulan, satu tahun?
Risma tidak sekadar bicara, retorika, tapi melakukannya. Wali kota dua periode itu memberikan izin mendirikan bangunan (IMB) gratis untuk tempat-tempat ibadah di Surabaya. Semua tempat ibadah. Tidak hanya masjid atau musala.
Pekan lalu, Wali Kota Risma memberikan IMB kepada 5 masjid dan 3 gereja. Salah satunya Gereja Bethany, gereja aliran teologi sukses yang paling luwes buka cabang di ruko, hotel, ballroom, restoran dsb.
"Mengapa saya kasih IMB kepada rumah ibadah? Karena saya ingin sesama warga Surabaya bisa hidup berdampingan dengan rukun dan harmonis. Kalau masyarakat tidak rukun, maka kota ini tidak tenang. Orang tidak bisa mencari makan," kata Risma.
Salut untuk Wali Kota Risma!
Selama puluhan tahun IMB tempat ibadah nonmuslim kerap jadi masalah. Semua persyaratan sudah lengkap tapi IMB tidak keluar. Kasusnya berlarut sampai bertahun-tahun seperti beberapa gereja di Jakarta, Bekasi, atau Bogor.
Kita sampai bosan menyaksikan liputan di televisi jemaat HKBP di Jakarta kebaktian di jalan raya. Bolak-balik unjuk rasa tanpa hasil. Gugatan di pengadilan pun tak jelas hasilnya.
Sabtu, 17 Oktober 2020
Ling Tien Kung Buka Sasana Ke-103
Guru besar Ling Tien Kung, Fu Long Swie alias Awiek Wijaya, sudah berpulang setahun lalu. Tepatnya pada 8 Januari 2019 dalam usia 84 tahun.
Fu Laoshi meninggalkan warisan berharga berupa Ling Tien Kung, olah gerak tubuh untuk terapi kesehatan. Fu tidak mau LTK disebut senam. "Saudara keliru kalau menulis Ling Tien Kung itu senam," ujar atlet lompat jauh yang meraih medali emas untuk Jatim di PON V 1961 di Bandung itu.
Dulu, saya memang dekat dengan sang suhu LTK. Bahkan cukup rajin mengikuti 'senam' terapi empet-empet anus, jongkok kocok-kocok, yang kelihatan sederhana tapi sangat melelahkan.
Latihannya tiga kali seminggu di Lapangan Barata, Jalan Raya Ngagel, Surabaya. Kebetulan dekat dengan trmpat tinggalku di Ngagel Jaya Selatan dulu. Saya jadi saksi betapa disiplinnya Laoshi yang mantan guru di Sin Chung itu.
Siapa pun kena tegur kalau terlambat. Tak peduli pengusaha besar, bankir, aparatur negara, wartawan, ustad, pendeta dsb. Semuanya sama-sama murid kalau sudah latihan langsung bersama Fu Long Swie, guru besar sekaligus penemu Ling Tien Kung.
"Anda harus sudah hadir di sini 10 menit sebelum mulai," katanya.
Lalu Fu bicara panjang lebar tentang filosofi LTK. Termasuk gerakan-gerakannya yang harus benar agar peserta dapat manfaat kesehatan. Kalau gerakannya kurang tepat, ngawur, akan sia-sia meskipun setiap hari senam empet-empet.
Beda banget 'senam' langsung dipimpin Fu Laoshi dengan instruktur-instruktur lain. Meskipun kemampuan para instruktur itu sangat bagus. Sebab hanya Fu yang mampu menjelaskan panjang lebar tujuan setiap gerakan LTK.
Instruktur-instruktur lain pun tidak punya kemampuan untuk memarahi peserta yang tidak disiplin. Sie Ie Ai alias Ellia Bestari, istri Fu Long Swie, pun tidak bisa galak seperti suaminya itu.
Setelah tidak lagi di Ngagel, saya tidak pernah lagi ikut LTK. Beberapa kali ikut latihan di Sidoarjo tapi rasanya beda banget dengan di Ngagel, markas besar LTK.
Saya malah beralih ke olahraga sepeda pancal. Olahraga sendirian. Tidak perlu ramai-ramai di lapangan besar. Tidak ada guru yang marah-marah. Tidak ada peserta yang suka terlambat. Tak ada lagi suara Fu Long Swie yang selalu khotbah sebelum latihan dimulai.
Suatu ketika saya lewat di Barata Ngagel. Latihan LTK sedang berlangsung. Saya cuma melihat dari luar pagar karena tidak baik bergabung kalau terlambat. Meskipun Fu Laoshi sudah tiada, prinsip itu tentu masih berlaku.
Peserta latihan terapi ini tidak sebanyak dulu. Maklum sedang pandemi Covid-19. Ada pembatasan sosial, jaga jarak, menghindari kerumunan, dan sebagai. Saya jadi terkenang Bapak Laoshi Fu Long Swie yang tegas, disiplin, dan unik itu.
Bagaimana LTK setelah Laoshi tidak ada lagi?
"LTK akan jalan terus secara alami karena cabang sudah ada di mana-mana. Orang perlu cas aki untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakitnya," kata Fu Long Swie kepada saya suatu ketika.
Ratusan instruktur sudah ia persiapkan. Selalu ada pelatihan berkala untuk instruktur-instruktur itu. Mulai peringkat pemula, menengah, hingga mahir. Apalagi saat ini ratusan video LTK bisa diakses di YouTube dan media sosial.
Minggu lalu, Oktober 2020, saya baca di koran LTK membuka sasana ke-103 di Regency 21, Sukolilo, Surabaya. Peresmian dihadiri Pangdam V Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah. Sejumlah pengusaha top juga jadi anggota LTK. Salah satunya Teguh Kinarto, pengusaha properti papan atas.
Mudah-mudahan warisan mendiang Fu Long Swie ini bisa dirawat dan dilestarikan. Bukan warisan harta atau uang, yang sering jadi bancakan dan sumber sengketa ahli waris, tapi senam terapi untuk menjaga kesehatan masyarakat.
Lamat-lamat saya teringat teriakan khas Fu Long Swie di akhir latihan:
"Ling Tien Kung!!!"
"Jayaaaa!!!"
Jumat, 09 Oktober 2020
Obong-Obong Omnibus Law
Indonesia memang sulit maju dengan lekas seperti Tiongkok atau Vietnam. Itu karena terlalu ribetnya aturan, undang-undang, perda, dan sebagai. Investor atau penanam modal selalu wait and see. Tak ada kepastian.
Sudah lama pengusaha-pengusaha di tanah air mengeluh. Khususnya pengusaha-pengusaha besar yang punya jaringan dan pengalaman internasional.
"Di Tiongkok kita diperlakukan seperti raja," kata seorang pengusaha top dalam sebuah seminar di Sidoarjo tahun 2004 - kalau tidak salah.
Di sini bagaimana? "Kalian sudah tahu semua lah. Ada uang debu, kebisingan, unjuk rasa buruh dsb," katanya.
Investor asing sangat dimanjakan di Tiongkok. Pemerintahnya yang komuni menyediakan apa saja yang dibutuhkan investor. Sangat efisien. Maka pengusaha marga Go ini sudah lama buka pabrik di Tiongkok. Dan maju pesat, katanya.
Jokowi selaku presiden berlatar belakang pengusaha niscaya sangat paham masalah-masalah seputar investasi, penciptaan lapangan kerja, perizinan dari pusat hingga daerah. Termasuk praktik-praktik suap, pelicin, komisi dsb yang membuat ekonomi biaya tinggi.
Karena itu, dalam pidato pelantikan sebagai Presiden RI periode kedua, Jokowi sangat fokus akan memangkas puluhan atau ratusan atau ribuan aturan yang menghambat investasi. Omnibus Law. Undang-undang yang menghilangkan tumpang tindih berbagai persoalan investasi.
Obsesi besar Jokowi ini pun mulus di parlemen. UU Cipta Kerja bisa selesai dengan sangat cepat. Inilah UU paling rumit dalam sejarah Indonesia. Tapi pembuatannya jauh lebih kilat ketimbang UU yang sederhana.
Sayang, ambisi besar Jokowi membuat loncatan jauh ke depan tidak mudah dipahami banyak orang. Khususnya kalangan pekerja alias buruh. Informasi yang diterima sepotong-sepotong di media sosial. Itu pun tidak akurat. Provokatif dan penuh gorengan khas tukang obong-obong.
Maka terjadilah unjuk rasa yang TSM: terstruktur, sistematis, masif di seluruh Indonesia. Massa telanjur panas karena sudah diobong-obong secara sistematis di media sosial. Saya pun tidak yakin korlap demo sudah baca semua pasal dalam UU Cipta Karya yang sangat panjang itu.
Yang pasti, UU Cipta Karya, Omnibus Law, Sapu Jagat, atau apa pun namanya sangat diperlukan di Indonesia. Kita sudah tertinggal jauuuh dari Tiongkok. Vietnam yang dulu sibuk perang saudara, sangat miskin ketimbang Indonesia, kini sudah meninggalkan Indonesia.
Timnas sepak bola Vietnam pun lebih bagus ketimbang timnas Indonesia. Vietnam yang dapat medali emas di SEA Games.
Kamis, 08 Oktober 2020
Intrik di Gereja Bethany ala Kerajaan Lama Tiongkok
Oleh Dahlan Iskan
Polemik yang terjadi di Gereja Bethany tidak semata-mata persoalan administratif manajerial gereja. Ranahnya melebar ke mana-mana. Termasuk ke adat istiadat kekerabatan.
Ketika David Aswin tidak menunjukkan minat jadi pendeta, Abraham Alex Tanuseputra melihat ke cucunya: Billy. Anak pertama Hana.
Bambang Tanuseputra, adik Alex, melihat Billy punya minat jadi pendeta. Billy juga sudah besar. Sudah berkeluarga.
Saat Aswin pindah ke Bali, terlihat Billy sering diminta Alex naik panggung. Untuk mendampinginya berkhotbah. Terlihat Alex dengan serius menyiapkan Billy sebagai pengganti.
Maka, tidak heran bila pendeta terkemuka Amerika, Benny Hinn, tertarik pada Billy. Lantas, ketika Hinn berkhotbah di Gereja Bethany Nginden Surabaya, ia menahbiskan Billy sebagai pengganti Alex.
Sayang, Billy adalah cucu dari anak perempuan Alex. Dalam adat Tionghoa Billy disebut cucu luar. Ia membawa marga bapaknya. Bukan marga Alex.
Ini menjadi persoalan serius. Apalagi, kelak, menyangkut harta Alex yang luar biasa banyak.
Entah apa yang terjadi, yang jelas Aswin pulang ke Surabaya. Ia tinggalkan Bali. Bisnisnya di Bali rupanya juga kurang memuaskan.
Tak lama kemudian Aswin ditahbiskan sebagai pengganti Alex. Pimpinan puncak Gereja Bethany pun pindah sepenuhnya ke Aswin. Bukan ke Billy.
Saya pun bertanya kepada Bambang: apa yang terjadi di antara waktu penobatan Billy dengan penobatan Aswin? Siapa yang berperan besar sehingga Alex menobatkan Aswin?
Mengabaikan begitu saja penobatan Billy sebelum itu? Siapa yang mendorong pengabaian itu? Aswin sendiri? Alex pribadi? Atau siapa?
Ternyata bukan salah satu dari mereka.
"Istri Koko Alex," jawab Bambang.
Waktu itu di lingkungan keluarga penuh dengan gambaran yang mirip kerajaan lama di Tiongkok. Yakni ketika sang raja sudah tua dan sakit-sakitan.
Ada menantu yang sangat dominan di situ: Yusak, suami Hanna.
Ada cucu laki-laki yang seperti sudah diangkat menjadi pangeran: Billy.
Dan... ada orang luar, wanita muda, yang dianggap berbahaya bagi dinasti keluarga: Elke Widjanarko.
Bambang Tanuseputra, sang adik, pernah menasihati kokonya itu agar jangan menyerahkan semua kekuasaannya ke Aswin. Mengapa tidak bertahap saja. Tapi Alex seperti berada di bawah tekanan.
Sebaliknya, sang adik juga menasihati kokonya itu: jangan terlalu dekat dengan Elke. Kedekatan itu telah menimbulkan gunjingan yang serius di kalangan jemaat.
Tapi semua sudah terjadi.
Aswin, kata Bambang, sebenarnya masih ingin melibatkan ayahnya.
Suatu saat Aswin mengundang bapaknya untuk hadir di pertemuan pimpinan Bethany. Tiga orang diutus untuk menemui Alex di rumahnya di belakang Gereja Bethany Nginden. Saat itu Bambang juga lagi ada di situ.
Alex rupanya minta pendapat Bambang. Sang adik menyarankan Alex untuk hadir. Tapi Alex rupanya juga minta pertimbangan Elke. Lewat telepon genggam. Oleh tim Elke, Alex diminta untuk tidak hadir.
Mungkin Alex sumpek dengan keadaan. Telepon genggam itu diberikan kepada Bambang. Agar sang adik mendengar sendiri penjelasan dari tim doa Elke mengapa jangan hadir.
Tim doa di Jakarta itu rupanya tidak tahu bahwa telepon genggam sudah pindah tangan. Maka tim doa itu terus saja memberi penjelasan soal "jangan hadir di rapat pimpinan" itu.
Maka, Bambang sendiri mendengar semua yang dikatakan tim doa: Alex tidak boleh hadir. Di rapat itu Alex akan bernasib jelek. Tim doa sudah mendapat gambaran dari Tuhan: mendungnya sangat gelap.
"Apakah yang bicara di telepom itu Elka sendiri?" tanya saya.
"Bukan," jawab Bambang.
"David? Yang adik kandung Elke itu?"
"Bukan," jawab Bambang.
"Siapa?"
"Anggota tim doa lainnya. Laki-laki," ujar Bambang.
Bambang pun tetap minta kakaknya itu hadir. Tapi Alex tetap tidak mau. Ia sudah percaya penuh bahwa Elke itu punya kemampuan spiritual. Yakni berkat kedekatan Elke dengan Tuhan.
"Pendeta besar kok percaya begituan," kata sang adik mengkritik kokonya.
Tapi Bambang sudah bukan siapa-siapa lagi. Ia sudah dipecat Aswin dari Bethany. Ia juga sudah tidak mau ke Gereja Bethany. Ketika masih bertahan di Surabaya, Bambang pilih ke gerejanya Yusak yang juga sudah dipecat oleh Aswin. Apalagi Billy, sudah takut ke Bethany.
Maka, Kerajaan Bethany menjadi bersih dari pangeran-pangeran di luar jalur yang semestinya. Tinggal sejarah yang akan membuktikan: apakah kejayaan Bethany bisa pulih kembali. (*)
Rabu, 07 Oktober 2020
Flobamora di Jawa Banyak Masalah
Di mana ada orang NTT, di situ ada Flobamora. Paguyuban keluarga besar NTT di perantauan. Biasanya sama-sama menyanyikan Himne Flobamora. Semua orang NTT boleh dikata hafal "lagu kebangsaan" NTT yang diciptakan pada masa pemerintahan Gubernur Ben Mboy itu.
Tapi itu dulu. Sejak akhir 1990-an Flobamora mulai surut. Mati di mana-mana. Jangankan Flobamora, ikatan keluarga tingkat kabupaten pun mati suri. Ada yang hidup kalau mau bikin Natal bersama atau halalbihalal Idulfitri.
Anggota DPRD Jatim Daniel Rohi salah satu saksi pasang surut Flobamora di Surabaya. Maklum, sejak 1980-an Daniel sudah tinggal di Surabaya. Jadi mahasiswa UK Petra. Kemudian jadi dosen UK Petra.
"Sekarang beta nonaktif karena jadi wakil rakyat," kata Daniel Rohi.
Beta pun iseng-iseng bertanya tentang eksistensi Flobamora bagi para perantau asal NTT. Ini karena belakangan muncul organisasi Flobamora Jatim yang kelihatannya lebih serius tata kelolanya.
Bung Daniel, mengapa Flobamora selalu dibentuk, kemudian vakum, hidup lagi, mati lagi, hidup lagi?
Begini. Beta analisis ada beberapa penyebab dari tahun ke tahun. Pertama, Flobamora terlalu heterogen. Pengikatnya tidak ada. NTT itu punya 22 kabupaten dengan suku, adat, bahasa yang berbeda-beda. Lain dengan orang Jawa yang bahasa dan adat istiadatnya sama.
Kedua, orang NTT atau Flobamora punya karakter individu yang menonjol atau gengsi tinggi. Itu sering jadi sumber konflik dan keretakan di organisasi karena banyak orang yang ingin menonjol.
Ketiga, tidak punya tokoh yang bisa mempersatukan dan punya kepedulian. Sulit menemukan tokoh yang diakui semua orang Flobamora dari berbagai daerah dan latar belakang.
Keempat, sekarang komunikasi sudah tidak jadi masalah sehingga tidak perlu kontak fisik. Dulu orang NTT masih suka kumpul-kumpul di rantau karena belum ada telepon, HP, media sosial, internet dsb. Makanya orang senang kumpul sesama Flobamora. Sekarang orang bisa ngobrol setiap saat dengan keluarga atau teman-teman di NTT.
Kelima, kebanyakan warga Flobamora masih dalam level survive sehingga sibuk urus diri sendiri dulu. Kalau mapan baru mau kumpul-kumpul.
Keenam, mungkin warga Flobamora punya daya adaptasi yang bagus sehingga bisa diterima lingkungan. Jadi, dia tidak merasa perlu untuk kumpul-kumpul dengan sesama orang NTT.
Bagaimana Anda melihat Flobamora di Surabaya yang baru dibentuk pada pertengahan 2020?
Beta kebetulan diundang sebagai pembicara saat launching Flobamora di hotel. Beta sampaikan pengalaman jatuh bangun Flobamora masa lalu agar bisa dijadikan pengalaman.
Beta juga memotivasi Flobamora di Malang agar mereka bisa eksis dan adaptif terhadap perubahan.
Kelihatannya Flobamora yang hidup justru di kalangan mahasiswa. Orang-orang NTT yang lain sibuk cari duit untuk survive?
Betul. Justru yang hidup adalah Flobamora di kalangan mahasiswa UK Petra. Mereka minimal bisa bikin Natal bersama dan syukuran kalau ada yang wisuda. Bahkan buat pembinaan kepemimpinan rutin.
Bisa dipahami karena ada kebutuhan yang sama.
Betul dan menjawab kebutuhan.
Termasuk kebutuhan untuk cari jodoh sesama NTT?
Hahaha.... tetapi beta "larang" datang jauh-jauh kok jodohnya orang NTT. Cari jodoh dari suku lainlah. 😃
Langganan:
Postingan (Atom)