Minggu, 24 Desember 2023

Sei Babi Flobamora di Kota Malang

Flobamora itu julukan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Akronim dari Flores, Sumba, Timor - tiga pulau utama (besar) di NTT. Lembata, Solor, Adonara, Alor, Pantar, Sabu, Rote dsb tidak disebut karena dianggap pulau-pulau kecil.

Bae sonde bae, Flobamora lebe bae!
Baik (atau) tidak baik, Flobamora lebih baik!

Begitu semboyan orang NTT untuk memotivasi diri. Biar ada sedikit kebanggaan daerah.

Lagu Flobamora juga selalu dinyanyikan setiap ada pertemuan keluarga besar NTT di mana saja. Setelah lagu Indonesia Raya disusul "Flobamora.. tanah airku yang tercinta. Tempat beta dibesarkan ibunda..."

Di Kota Malang kata Flobamora identik dengan babi. Sei babi. Babi asap. Smoked pork. 

Sei Babi Flobamora sangat terkenal di kalangan para perantau NTT. Yang bukan muslim pastinya. Kalau ingin makan B2 biasanya lari ke Sei Flobamora. Masakan B2 khas Tionghoa dirasa kurang cocok dengan lidah orang-orang Flobamora.

Dalam waktu singkat Sei Babi Flobamora sudah punya 4 outlet di Malang. Pusatnya di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 45 Oro-Oro Dowo, Pattimura 36 eks terminal, Raya Langsep 17, dan Rampal Lapangan Brawijaya.

"Penggemar sei babi cukup banyak di Malang Raya. Tidak semuanya dari NTT," kata bung asal Kupang yang jaga oulet di Oro-Oro Dowo.

Babinya dapat dari mana? Pasti butuh banyak daging?

"Di pasar kan banyak dijual daging babi. Persediaan selalu ada, Bung," kata bung tadi.

Ayas jadi ingat orang Lamaholot di Pulau Lembata. Mereka rata-rata pelihara babi dan kambing alias wawe + witi. Tapi tidak ada orang kampung makan babi kecap, babi asap, kecuali kalau ada hajatan kematian atau pernikahan atau sambut baru (komuni pertama). 

Di Malang orang bisa makan nasi plus B2 saban hari... kalau duitnya cukup. Haleluyaaaa!!!

2 komentar:

  1. Seharusnya kita hidup dan makan seperti orang kampung. Dengan demikian lebih melestarikan lingkungan hidup karena tidak mengakibatkan peternakan babi atau sapi massal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dui dui.. orang kampung di Lembata sana hanya makan b2 kalau tidak ada hajatan perkawinan dan kematian. Kambing juga sama.
      Witi wawe: kambing dan babi adalah hewan pesta. Bukan makanan sehari-hari. Makanan sehari-hari ikan laut, kerang, dsb dari laut.

      Hapus