Senin, 04 Desember 2023

Sanna dan Benjamin gowes keliling dunia untuk Sahara Barat



Saya diajak Sanna Ghotbi dan Benjamin Ladraa bertemu, ngobrol, dan makan malam di Surabaya. Kebetulan dua aktivis asal Swedia ini menginap di Hotel Kokoon, Jalan Slompretan. Tetangga dekat kantor di Kembang Jepun.

Hotel baru di bekas bangunan pabrik korek api era kolonial Belanda itu memang kerap diinapi turis-turis dan aktivis nyentrik. Sanna dan Ben ini keliling dunia dengan sepeda pancal. Mereka baru naik kapal laut atau feri kalau harus menyeberang ke pulau lain.

Pasangan kekasih ini rupanya sangat menikmati petualangan nggowes keliling dunia. Dimulai bulan Mei 2022, perjalanan masih panjang. "Mungkin selesai setelah 2,5 tahun," kata Sanna dan Ben.

Keduanya makan kentang goreng. Sanna yang kurus protes halus ke karyawan hotel karena sambalnya terlalu pedas. Saya juga diajak makan. Tapi hanya pesan kopi hitam rada pahit.

Sanna dan Ben keliling dunia untuk kampanye kemerdekaan Sahara Barat yang dijajah Maroko. Tidak banyak orang Indonesia mengikuti isu pelanggaran HAM di Sahara Barat. Penduduk di negara-negara lain yang didatangi pun sama saja. Kurang paham Sahara Barat.

"Saya dan orang Indonesia pasti paham Gurun Sahara. Tapi masalah penjajahan di Sahara Barat, jujur saja, saya tidak tahu. Tapi saya akan googling dan cari informasinya," kata saya.

Kedua aktivis ini secara bergantian menceritakan persoalan di Sahara Barat. Lengkap dengan foto-foto, video, grafis.. lengkap lah. Saya hanya bisa menyimak. Sesekali saya bertanya kalau ada info yang kurang jelas.

"Orang Indonesia lebih konsen dengan Palestina. Ada kedekatan emosional dengan Palestina. Apalagi sekarang Palestina sedang dibombardir Israel."

"Ya, kami paham itu. Dan kami juga menyerukan pembebasan untuk rakyat Palestina yang diokupasi," kata Sanna.

Cerita panjang Sanna mengenai Sahara Barat sudah saya baca di internet. Sebab di setiap kota yang didatangi biasanya kedua aktivis ini diliput wartawan setempat. 

Di Surabaya ada jumpa pers khusus di LBH Surabaya. Keduanya juga memberikan ceramah di kampus Ubaya. Juga bertemu dengan awak media. Salah satunya saya yang diundang secara khusus malam itu.

Luar biasa kenekatan Ben dan Sanna. Bersepeda keliling dunia membawa misi pembebasan Sahara Barat.

Saya terkesan dengan petualangan bersepeda itu. Setiap hari paling sedikit nggowes 60 km. Hujan, panas bukan halangan. Mereka sudah mempersiapkan berbagai perangkat, obat-obatan dan kebutuhan lain untuk antisipasi ban gembos dsb. Juga mengganti komponen yang rusak di jalan.

Saya juga agak doyan nggowes beberapa tahun terakhir. Tapi tidak pernah bersepeda jarak jauh. Cuma satu kali ke Sampang, Madura. Saya tidak pernah menyangka bahwa sepeda ontel, kendaraan sederhana, itu bisa dipakai gowes keliling dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar