Minggu, 17 Desember 2023

Sanna Ghotbi dan Benjamin Ladraa dideportasi dari Indonesia

 


Minggu pagi, 17 Desember 2023.

Saya mendapat pesan WA dari Sanna Ghotbi. Aktivis asal Swedia ini bersama kekasihnya Benjamin Ladraan bersepeda keliling dunia. Misinya menyerukan pembebasan bagi rakyat Sahara Barat yang dijajah Maroko sejak 1975.

Sudah 578 hari Sanna dan Ben keliling dunia. Cukup lama di Indonesia. Saya sempat ngobrol dan ngopi bersama keduanya di kawasan Slompretan, Surabaya.

Kali ini kabar buruk. Kedua kawan aktivis itu dideportasi dari Indonesia.

Sanna menulis pernyataan dalam bahasa Indonesia baku. Sudah pasti aslinya pakai bahasa Swedia atau Inggris kemudian diterjemahkan oleh mesin Google Translate. 

Berikut pernyataan Sanna dan Benjamin:

Pada hari Rabu 13 Desember 2023, kami menerima berita bahwa rumah seorang kenalan dari salah satu keluarga kami telah digerebek dan digeledah paksa oleh polisi Indonesia yang mengaku mencari kami.

 Kami belum dihubungi oleh siapa pun dari pihak kepolisian yang meminta untuk berbicara dengan kami, meskipun kami tidak menyembunyikan apa pun. Tapi sebaliknya, polisi Indonesia malah terus menyerang kenalan keluarga kami ini, yang sebenarnya belum pernah bertemu atau bahkan memiliki hubungan apa pun dengan kami.

Kami tidak pernah bersembunyi. Kami telah bersepeda selama lebih dari satu bulan melalui Bali dan Jawa, melakukan peningkatan kesadaran tentang apa yang terjadi di Sahara Barat secara terbuka.

 Sahara Barat telah dijajah oleh Maroko sejak 1975 dan masyarakat adatnya, Sahrawi, menjadi sasaran penangkapan sewenang-wenang, penyiksaan, penghilangan dan diskriminasi setiap hari.

 Tidak ada wartawan atau organisasi hak asasi manusia yang diizinkan di negara itu dan Maroko tidak berhenti untuk menekan siapa pun yang berani mengekspos penjajahan yang mereka lakukan sampai saat ini.

Kami percaya bahwa pemerintah Maroko berusaha menekan pemerintah Indonesia untuk menghentikan kami melakukan kampanye dan mengekspos penjajahan mereka di Sahara Barat. 

Hanya dalam beberapa minggu, kami telah berhasil melakukan lebih dari lima belas acara publik dan lebih dari tiga puluh wawancara media tentang Sahara Barat di Indonesia dan kami tahu ini membuat takut Maroko yang tidak ingin pelanggaran hak asasi manusianya terekspos ke publik.

Pada hari Rabu, perpanjangan visa kami dibatalkan dan kami diminta untuk meninggalkan Indonesia. 

Sekarang, kami sudah mendarat di Eropa dengan aman. Tetapi kami khawatir jika polisi Indonesia, atas perintah dari Maroko, akan terus mengganggu orang-orang yang tidak bersalah. Karena sampai sekarang, kami masih mendapatkan berita bahwa polisi terus menggeledah rumah-rumah orang untuk mencari kami.

Kami bertanya-tanya, mengapa pemerintah Indonesia membantu pembungkaman pemerintah Maroko terhadap para aktivis hak asasi manusia dari Swedia? 

Mengapa mereka tidak menghubungi kami langsung untuk bertanya tentang kampanye peningkatan kesadaran publik mengenai apa yang terjadi di Sahara Barat?

Untungnya, kami telah bertemu orang-orang hebat di Indonesia. Orang-orang yang kami kenal tidak akan membela ketidakadilan semacam ini, seperti ancaman terang-terangan terhadap para aktivis yang mencoba melakukan hal baik di dunia. 

Dengan bantuan mereka, kami berharap dapat melanjutkan kampanye ini. Kita tidak bisa membiarkan penjajahan Maroko dan kebrutalan kolonial pendatang (settler colonial) menang melawan kemanusiaan dan solidaritas. 

Dengan bantuan kalian, kami akan menyelenggarakan konferensi pers dan acara, untuk memberi tahu setiap orang Indonesia tentang koloni terbesar yang tersisa di dunia. Kami tidak akan diam begitu saja dan kami akan terus memperjuangkan kebenaran.

 

Sanna Ghotbi and Benjamin Ladraa

@solidarityrising (instagram)

solidarityrising@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar