Rabu, 27 November 2019

Sing Hallelujah to TheLord di Hongkong

Apa kabar Hongkong?
Apa masih unjuk rasa?
Demo ribuan orang memprotes kebijakan pemerintah?

James Chu, seniman musik keroncong dan campursari, warga negara HK, tidak menjawab. Pak Chu malah kirim rekaman terbarunya. Lagu Rayuan Kelapa dalam bahasa Mandarin.

"Kita ingin mempererat hubungan antara Indonesia dan Tiongkok. Penyanyinya cakep lho," kata Chu.

Pengusaha ini lahir di Banyuwangi, sekolah di Surabaya, kemudian terusir gara-gara PP 10 bersama ribuan warga Tionghoa lainnya. Lama di Wuhan dan beberapa daerah di Tiongkok, James Chu kemudian menetap di HK. Buka usaha dan sukses. Tapi hobi musiknya tidak mati. Malah tambah gila aja.

Sebetulnya saya mau bertanya mengapa massa di HK selalu menyanyi Sing Hallelujah to The Lord saat unjuk rasa. Memangnya banyak warga HK yang Kristen? Kenapa lagu pujian kepada Tuhan itu dijadikan sarana untuk memprotes pemerintah?

James Chu gak mau ngurus yang ada bau politiknya. Chu hanya fokus ke musik dan bisnis. "Itu urusan mereka. Kita bahasa keroncong aja," katanya. Saya yang malas bahas keroncong. Musik lawas yang sudah lama meranggas di Indonesia.

Saya justru dapat jawaban dari Mr Yu, mantan menteri yang juga mantan bosku. Kebetulan Mr Yu sangat sering ke Tiongkok. Tentu saja mampir juga ke HK yang masih satu negara itu.

Mr Yu menulis:

"Kristen-Katolik merupakan agama dari 15 persen penduduk Hongkong. Sebagian lain Buddha, Konghuchu dan agama-agama kecil. Sebagian besar lagi agama mereka uang. Tuhannya angka-angka."

Wkwkwkwk... cerita berbalut humor khas Yu Xianshen.

"Pemimpin tertinggi Hongkong sendiri, Carrie Lam, juga Katolik. Tokoh-tokoh gereja juga pernah bertemu Lam. Untuk menyampaikan komplain atas kekerasan yang dilakukan polisi. Tapi Lam saat itu menjawab: mengapa gereja tidak mengecam kekerasan yang dilakukan pendemo. Belakangan polisi tidak begitu peduli lagi. Polisi mulai berani masuk gereja. Mengejar pendemo yang menyelamatkan diri ke gereja," tulis Yu.

Yang pasti, saya tidak ingin membahas agama uang dan tuhannya angka-angka. Apalagi doktrin, rukun iman, liturgi dsb. Terlalu ruwet.

Saya cuma ingat Sing Hallelujah to The Lorld!

Lagu ini sangat populer di kalangan para ekspatriat Filipina di Surabaya. Selalu dinyanyikan setiap Sunday Mass di Gereja Katolik Redemptor Mundi, Jalan Dukuh Kupang Surabaya. Satu-satunya Gereja Katolik di Surabaya, mungkin Jawa Timur, yang mengadakan misa berbahasa Inggris setiap Minggu pagi.

Dulu saya sering ikut Sunday Mass itu. Sekalian belajar bahasa Inggris dengan orang Filipina, Amerika, Australia dsb. Semuanya kumpul di sini. Dan sangat menghayati lagu Sing Hallelujah to The Lord.

"Itu biasa kami nyanyikan di Filipina," kata Emilio. "Kami juga biasa nyanyi di Australia," kata perempuan kulit putih.

Di Indonesia setahu saya tidak ada lagu itu di gereja. Setidaknya di semua paroki yang ada di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Nuansanya lebih ke PDKK alias Persekutuan Doa Karismatik Katolik.

Sudah 2 tahunan saya tidak lagi misa bahasa Inggris di Surabaya. Cukup misa bahasa Indonesia dan sesekali bahasa Jawa. Sayang tidak ada misa bahasa Latin. Suasana misa bahasa Inggris alias Sunday Mass rasanya terlalu meriah, gitaran, tamborin, tepuk tangan ala karismatik.

Maka, saya lupa lagu Sing Hallelujah to The Lord. Belakangan teringat lagi setelah membaca tulisan Yu Xiansheng di laman pribadinya. Bahwa Sing Hallelujah ternyata jadi lagu kebangsaan para pengunjuk rasa di Hong Kong.

Selasa, 26 November 2019

Generasi Milenial vs Generasi Kolonial

Istilah milenial sangat populer sejak 5 tahun lalu. Acara-acara dilabeli milenial milenial milenial. Jalan sehat milenial. Parade musik milenial. Belakangan pejabat milenial macam Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Minggu lalu Presiden Jokowi mengangkat staf khusus yang milenial karena usia mereka relatif muda. Rata-rata masih kepala tiga.

Menurut saya, yang benar-benar generasi milenial ya mereka yang lahir mulai tahun 2000. Milenium baru. Generasi yang tidak kenal mesin ketik. Tidak menikmati musik lewat kaset dan tape recorder. Jarang baca koran atau media cetak.

Selasa pagi, 26 November 2019, seperti biasa, saya nggowes sepada lawas. Khas generasi lawas. Entah mengapa saya lebih suka sepeda keluaran di bawah 1980an ketimbang sepeda-sepeda milenial produksi Sidoarjo yang sangat terkenal itu. Sepeda milenialku malah saya pinjamkan dan (kayaknya) tidak akan kembali.

Setelah mengayuh 30an menit, kecepatan rendah, mampirlah di warkop. Baca koran pagi. Sebagian besar warkop di Surabaya dan Sidoarjo memang berlanggan Jawa Pos. Peminat surat kabar cetak masih banyak. Ada juga beberapa anak milenial yang suka baca koran.

Ada judul menarik. Tidak Ada Milenial, Hanya Kolonial.

Ini karena 8 staf khusus Wapres KH Maruf Amin bukan generasi milenial. Tidak ada yang di bawah 40 tahun. "Karena Kiai dari generasi kolonial, ya banyak yang kolonial lah," kata Masduki staf khusus Wapres Maruf Amin.

Generasi kolonial.

Istilah yang sangat menarik. Generasi yang lahir pada masa kolonial. Alias sebelum tahun 1945. Di masa Orde Baru generasi kolonial ini biasa disebut angkatan 1945. Angkatan (generasi) yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam perjuangan fisik untuk kemerdekaan.

Generasi kolonial itu sebenarnya mereka yang lahir sebelum 1950. Sebab faktanya kolonial Belanda masih bercokol di Indonesia sampai 27 Desember 1949. Indonesia baru benar-benar bebas merdeka dari Kerajaan Belanda pada 1 Januari 1950.

Suka tidak suka, generasi kolonial ini sangat tangguh. Wapres Maruf Amin 76 tahun, jelas generasi kolonial. Orang-orang yang berusia di atas 70 tahun pun masih banyak yang mengurus partai politik, ormas, dan sebagainya.

Di luar negeri generasi kolonial juga banyak. PM Malaysia Mahathir 94 tahun. Tun M ini hebat banget. Di usia yang mendekati satu abad omongannya tetap kritis, tajam, dan jernih. Saya sering mengikuti pidatonya yang berisi otokritik terhadap etnis Melayu kaumnya sendiri.

Usia Prabowo 68 tahun. Bisa dibilang generasi kolonial juga. Ia masih punya kesempatan untuk nyapres lima tahun lagi. Apalagi sekarang ia dapat kesempatan "magang" sebagai menteri pertahanan.

Sabtu, 23 November 2019

Taruhan Hujan Tidak Dibayar

Apa saja bisa dibuat taruhan di Jawa. Yang paling populer tebak skor sepak bola. Saya sering menang kalau tebak skor Liga 1. Khususnya Persebaya atau Arema.

Lima hari ini langit mendung di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo. Tepatnya di kawasan Gununganyar Rungkut. "Nanti hujan gak," tanya saya ke Mbak Min pedagang rujak cingur langganan saya.

"Hujan," tegasnya. "Ini mendung banget. Aku kok yakin hujan."

"Gak mungkin hujan," kata saya enteng-entengan.

"Hujan.. hujaaan," kata mbak yang aslinya dari wilayah kulonan (barat) karena sering boso halus itu.

Akhirnya, saya tantang dia taruhan. Kecilan-kecilan aja. Kalau saya menang, rujak cingurnya gratis. Kalau kalah ya saya kasih duit seharga rujak itu.

Langit makin mendung. Ongkep. Banyak warga sambat di Suara Surabaya dan media sosial. Ada juga yang tanya BMKG kapan hujan di Surabaya. Memangnya BMKG itu panitia persiapan kedatangan sang hujan?

Makin siang awan gelap hilang. Diganti panas terik khas kota buaya. Bunga tabebuya bermekaran sangat indah tapi suhunya seperti di Sahara, tulis salah satu warga di medsos Suara Surabaya.

Tengah hari doa malaikat alias angelus. Saya selipkan doa minta hujan. Meskipun saya kehilangan uang 15 ribu karena kalah taruhan sama mbak rujak itu.

Rupanya Sang Khalik belum merestui doa-doa orang Surabaya yang minta hujan. Belum saatnya. Cepat atau lambat akan datang hujan. Bisa awal Desember, bisa juga akhir tahun.

Dua hari kemudian saya mampir ke warung itu. Pesan kopi, rujak, baca koran Jawa Pos seperti biasa. "Surabaya kok belum hujan ya?"

Mbak tertawa kecil. Lalu membuatkan kopi racikan plus gula satu sendok biar terasa agak pahit. Hidup memang ada manis pahitnya. Maka kopi tidak boleh terlalu manis kayak kopi sasetan Kapal Api atau Tora Biko itu.

Berita koran pagi ini tentang Ahok. Mantan gubernur Jakarta itu diangkat jadi komisaris utama Pertamina. Ada gambar Ahok lagi pegang selang bensin kayak di SPBU.

Mendekati pukul 07.00 hawa terasa terik seperti biasa. Awan mendung tak ada. Mbak itu lupa kalau dia kalah taruhan. Saya tetap bayar kopi dan rujak.

Judi itu bikin sengsara, kata Rhoma Irama.

Selasa, 19 November 2019

Bahasa Indonesia vs Bahasa Inggris

Orang Indonesia selayaknya bangga dengan bahasa Indonesia. Sayang, masih banyak ditemukan tulisan-tulisan berbahasa asing di ruang publik. Nama-nama kegiatan pun banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

"Identitas keindonesian kita, ya, salah satunya dilihat dari penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik," kata Kepala Balai Bahasa Mustakim di depan 30-an redaktur media cetak dan elektronik di Surabaya belum lama ini.

Dia kemudian mencontohkan penggunaan bahasa Inggris yang makin lama makin masif. Mulai dari nama-nama acara atau kegiatan, nama perumahan, hingga tulisan di pintu atau keset.

"Boleh pakai kata bahasa Inggris, tapi harus ada bahasa Indonesianya. Dan, kata bahasa Indonesianya harus lebih besar. Kata dorong ditulis di atas dengan ukuran lebih besar daripada push," katanya.

Selain masyarakat biasa, menurut Mustakim, masih ada instansi pemerintah yang menamakannya kegiatannya dalam bahasa Inggris. Padahal, sudah ada undang-undang yang mengatur penggunaan bahasa Indonesia.

Menurut Mustakim, saat ini ada sekitar 45 negara yang mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah menengah dan perguruan tinggi. Paling banyak di Australia dan Jepang. Ini menunjukkan bahwa bahasa Indonesia punya potensi menjadi bahasa internasional.

"Kalau orang asing saja mau mempelajari bahasa Indonesia, mengapa kita tidak memartabatkan bahasa Indonesia di dalam negeri," kata pria yang berkantor di Desa Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo, itu.

Senada dengan Mustakim, Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya Prof Dr Suyatno juga prihatin dengan maraknya penggunaan bahasa asing dan bahasa gado-gado Indonesia dan Inggris di ruang publik. Hal itu sudah berlangsung lama sehingga dianggap biasa saja. "Masyarakat sepertinya sudah imun," katanya.

Tak lupa Suyanto memperlihatkan beberapa foto tentang penggunaan bahasa yang amburadul untuk iklan hingga ucapan selamat datang. Belum lagi tulisan alay yang sulit dibaca karena menggabungkan huruf dan angka.

Prof Suyanto optimistis suatu saat bahasa Indonesia jadi bahasa internasional keenam. Sebab bahasa Indonesia memenuhi hampir semua syarat sebagai bahasa antarbangsa. Mulai dari penuturnya yang ratusan juta hingga tata bahasa dan sistem fonetiknya yang ilmiah.

Bahasa Indonesia juga menggunakan aksara Latin sehingga sangat mudah dipelajari orang asing. Beda dengan bahasa Mandarin atau Thailand atau Vietnam atau Arab atau India yang aksaranya sangat rumit.

Sabtu, 16 November 2019

Jadi Ingat 10 Program PKK


Saya lagi ngopi di sebuah warkop di pinggir jalan raya. Daerah Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Di sebelahnya ada tulisan 10 program PKK. Masih ingat?

Saya sudah lupa. Di zaman Orde Baru PKK jadi salah satu program pemerintah sampai ke kampung-kampung. Bahkan kata PKK dan KB ditulis besar-besar di tembok dan atap rumah.
Setelah Orde Baru jatuh, PKK juga ikut tenggelam. Sebab PKK dianggap mendomestifikasi kaum perempuan. Seakan-akan para wanita atau ibu-ibu tidak boleh berkarir di luar rumah. Cukup jadi ibu rumah tangga saja.

Saya perhatikan 10 program PKK secara saksama. Ternyata masih relevan dengan kondisi sekarang. Nomor 1 Pancasila. Ideologi negara terus dirongrong sejak reformasi. Beberapa hari lalu ada teror bom di Medan. Tahun lalu teror bom di tiga gereja di Surabaya.

Pancasila mau diganti dengan ideologi lain oleh para teroris dan simpatisannya. Presiden Jokowi pun merasa perlu membentuk BPIP. Orang sepertinya mulai rindu PMP, P4, santiaji Pancasila dan semacamnya.
Program PKK yang kedua adalah gotong royong. Ini juga semakin hilang di tanah air. Dan itu tidak lepas dari monetisasi di hampir segala bidang. Mendatangkan tukang doa atau tukang nyanyi rohani pun perlu duit.

Beda dengan kami saat mahasiswa dulu. Senang mengisi paduan suara untuk pernikahan, peresmian gedung dsb tanpa bayaran. Dulu kita menyanyi atau menari karena senang atau hobi. Benar-benar kerja sosial.
Qui bene cantat bis orat, kata pater-pater di gereja. Siapa yang bernyanyi dengan baik, dia berdoa dua kali.
Pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan jelas sangat relevan. Begitu juga koperasi, lingkungan hidup, perencanaan sehat. Dus, PKK pun masih relevan di Indonesia.

Tinggal bagaimana pemerintah daerah merevitalisasi PKK sesuai dengan perkembangan zaman. Agar orang tidak alergi PKK atau KB atau Pancasila.

Minggu, 10 November 2019

Romo Benny Prihatin Sekolah Roboh

Romo Benny Susetyo memberikan kuliah di Universitas Airlangga, Surabaya.


Sudah lama saya tidak bertemu Romo Antonius Benny Susetyo. Pater asli Malang ini memang sudah lama bertugas di Jakarta. Ia lebih banyak "bermain" di luar lingkungan gereja. Romo Benny justru lebih mudah dijumpai di televisi-televisi nasional.

Saat ini Romo Benny Susetyo jadi anggota BPIP. Badan Pengembangan Ideologi Pancasila. Karena itu, ia selalu bicara tentang Pancasila Pancasila Pancasila. 

Saya tidak pernah dengar Romo Benny bicara tentang liturgi, ekaristi, aksi puasa dan sejenisnya. "Kamu aja yang jadi pemazmur. Suaramu kan bagus," kata Romo Benny saat menugaskan saya jadi pemazmur di Gereja Paroki Situbondo beberapa tahun lalu.

Banyak kenangan menarik dengan romo kelahiran 1968 di Malang itu. Antara lain saya sering mengedit tulisan-tulisannya. Kalimat-kalimat panjang khas klerus saya sunat habis.

 "Pakai kalimat-kalimat pendek saja Romo! Hindari kalimat majemuk," pesan saya menirukan ajaran Mr Yu Shigan di Jawa Pos.

Pater Benny ternyata manut. Maka ia pun jadi salah satu kolumnis penting di Indonesia saat ini. Juga pembicara yang sering tampil di televisi. Sebab tugas-tugas pastoralnya di gereja tidak banyak. "Saya itu pastor kategorial," katanya.

Semalam Romo Benny Susetyo mengirim pesan WA tentang sekolah yang ambruk di Pasuruan. Dua orang tewas. Belasan murid terluka. Sebagai orang BPIP, Romo Benny mengaitkan insiden itu dengan penghayatan nilai-nilai Pancasila.

"Robohnya sekolah di Pasuruan itu sebagai simbol bahwa dunia pendidikan perlu ditata kembali agar pendidikan memiliki keadaban," kata Benny.

"Pendidikan kehilangan keadaban dan cenderung menghasilkan manusia yang tidak memiliki karakter kejujuran dan keutaman publik.

Penting menata kembali nilai keutaman dalam pendidikan untuk mengarusutamakan habitusasi Pancasila dalam tata kelola sekolah," tulis sang romo.

"Kita berharap menteri pendidikan memfokuskan pendidikan karakter guru yang bisa jadi role model bagi siswa. Siswa SD harus dibekali nilai-nilai karakter yang mengutamakan nilai displin, kejujuran, sportif, dan penghargaan kemajemukan," katanya.

Begitulah kalau Romo Benny sedang gundah gulana. Kata-kata mengucur deras kayak aliran Sungai Brantas di musim hujan. Saat ini sungai itu nyaris kering karena minim pasokan air dari langit.

Lalu saya tanggapi sedikit omongan RD Benny. Sebetulnya kasus robohnya sekolah di Pasuruan itu juga terjadi di daerah lain. Tapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Pasuruan jadi ramai karena ada 2 orang yang mati.

Proyek asal-asalan sebetulnya sudah jadi budaya di Indonesia. Habitus buruk, istilahnya romo. Campuran pasir dan semen yang mestinya 4:1 dibuat 6:1 bahkan 8:1. Biar hemat semen. Tentu saja bangunan sekolah-sekolah itu tidak akan kuat.

"Itu ada kaitannya dengan manusia yang tidak jujur dan tidak bertangung jawab. Tata kelola sekolah yang buruk. Mental mencuri. Makanya, perlu pendidikan karakter," kata sang Reverendus Dominus (RD) alias romo diosesan yang selalu kritis sejak jadi mahasiswa STFT Widya Sasana Malang itu.

Obrolan selesai. Saya pun kembali menikmati pertunjukan musik campursari di panggung Mami Kola (Malam Minggu Kota Lama) di Jalan Kembang Jepun 167 Surabaya. Penyanyi cantik membawakan lagu Pamer Bojo, Banyu Langit, Bojo Galak, dst.

 Beberapa om-om naik ke atas panggung untuk joget bareng sang biduanita Indah dari Tanah Merah, Surabaya. Ada juga kakek 92 tahun yang masih tahes (sehat) dan ikut nyanyi. Musik campursari memang bikin orang lupa utang, lupa bojo yang galak, dan segala keruwetan hidup.

Saya pun merenung sejenak. Gedung tua di dekat gapura Kya Kya Kembang Jepun itu dibangun tahun 1880. Usianya 139 tahun. Jauh lebih tua daripada sekolah yang ambruk di Pasuruan itu. Jauh lebih tua ketimbang semua bangunan sekolah di Nusantara.

Tapi kok bisa kuat kokoh sampai hari ini? Sepertinya penjajah Belanda dulu punya karakter yang bagus dan mengamalkan Pancasila. Ratusan bangunan lawas di kota lama pun masih kokoh.

Selamat Hari Pahlawan!
Rawe-rawe rantas!
Malang-malang putung!
Merdeka!

Kamis, 07 November 2019

Adat Minta Hujan ala Lamaholot

Amas Gaspar Hurek membuat upacara adat di Desa Bungamuda, Kecamatan Ileape, Lembata, NTT.


Musim kemarau tahun ini lebih panjang dan ekstrem. Hujan sempat gerimis sekali di Surabaya pada 1 November 2019. Lalu belum ada pertanda bakal turun hujan rutin khas bulan-bulan berakhiran -ber.

Dulu bulan Oktober sudah mulai masuk awal musim hujan. Sekarang November pun panas gak karuan. Nyamuk-nyamuk makin ganas di mana-mana.

 Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sejak bulan lalu sering mengajak masyarakat melakukan ibadah untuk meminta hujan. Salat istisqa. Maklum, banyak kebakaran lahan, hutan, dan bangunan tahun ini. Paling parah di Gunung Welirang.

Hasil sembahyang minta hujan itu belum kelihatan. Tuhan masih menunda pengucuran air hujan dari langit. Tingkap-tingkap langit belum dibuka, istilah Alkitab.

Setiap kali Bu Gubernur bicara salat minta hujan, saya jadi ingat kampung halaman. Khususnya saat saya masih anak-anak di Lembata, NTT. Hampir tiap tahun ada acara minta hujan. Tapi bukan sembahyang atau misa di gereja-gereja stasi alias gereja desa.

Orang kampung lebih suka TULA GUDUNG. Bikin acara adat khusus khas suku Lamaholot untuk minta hujan kepada Lera Wulan Tanah Ekan alias Sang Penguasa Langit. Meskipun orang Lembata dan Flores Timur itu mayoritas Katolik, adat istiadat nenek moyang ini tidak pernah hilang. Bahkan orang lebih takut kualat adat ketimbang ancaman hukuman gereja.

"Kita orang Lamaholot itu 100 persen Katolik dan 100 persen Lamaholot. Adat istiadat dan gereja harus jalan sama-sama," kata Ama Daniel yang mantan pejabat yang sering blusukan ke rumah-rumah adat nenek moyang Lamaholot.

Upacara adat minta hujan ini cukup panjang. Beberapa sesepuh adat mula-mula sowan ke penguasa di Gunung Ileape. Mengambil sejumlah sampel hasil bumi dan sebagainya. Lalu dibuatkan rumah-rumahan dan dibawa ke pantai.

Semua warga kampung kemudian berkumpul di pantai. Ada upacara, koda kiring, yang dipimpin tetua adat. Semacam mantra atau permohonan kepada Lera Wulan (Lera: Matahari, Wulan: Bulan) agar diturunkan hujan ke bumi. Sebab warga akan kelaparan kalau tidak bisa menanam.

Lantas, tandu dari gunung tadi diantar ke laut lepas. Dibiarkan mengapung ke perairan Laut Flores yang luas dan dalam itu.

Masyarakat kembali ke rumah masing-masing. Tidak boleh banyak bercanda. Tidak boleh pesta atau hura-hura. Minum tuak atau arak boleh tapi dilarang mabuk. Suasana prihatin. Kalau tidak salah selama tiga hari atau satu minggu.

Apakah lantas turun hujan? Belum tentu. Namanya juga orang minta ya terserah yang punya hujan. Bisa dikasih minggu depan, dua minggu ke depan... bisa bulan depan.

Kebetulan saat saya kecil di kampung hujan pun datang tak sampai satu minggu kemudian. Deras sekali. Pengalaman itu membuat saya percaya bahwa permintaan atau sembahyang minta hujan ternyata sangat efektif. Tapi jangan minta hujan di musim kemarau.