Sabtu, 01 Juni 2024

Terlalu Banyak Salam di Indonesia! MUI Haramkan Salam-Salam Bukan Islam


Assalamualaikum!
Salam sejahtera!
Selamat pagi!
Syalom!
Om swasti astu!
Namo buddaya!
Salam kebajikan!
Rahayu!
Merdekaaaa!

Di Nusa Tenggara Timur  (NTT) ada satu salam lagi: Salve!!!

Salve (bahasa Latin) dipakai di NTT karena syalom atau shalom dianggap salamnya orang Protestan. Padahal, rakyat yang beragama Katolik di NTT sedikit lebih banyak ketimbang Protestan, Pentakosta, Karismatik, Advent dsb.

Sebenarnya di lingkungan Katolik sendiri tidak ada salam Salve. Pastor atau pater atau romo atau katekis awam sejak saya kecil di pelosok Pulau Lembata biasa ucap selamat pagi atau "malam bae" (malam hari).

Salve lazimnya dipakai untuk devosi kepada Bunda Maria: Salve Mater, Salve Regina, dan sebagainya. Cukup banyak lagu gregorian yang ada kata  salve. Tapi salve bukan untuk salam sejenis syalom atau assalamualaikum.

Kreatif juga orang NTT yang Katolik. Menjadikan "salve" sebagai salam. Padahal syalom atau shalom itu sebetulnya sama saja. Tapi rupanya orang Katolik di NTT kurang suka dengan ungkapan-ungkapan yang berbau Protestan atau Pentakosta.

Salam-salam di Indonesia memang terlalu banyak. Ada 6 agama resmi berarti ada 6 salam. Belum salam budaya "rahayu" dan aliran-aliran kebatinan lainnya. 

Sebagai negara kesatuan berdasar Pancasila, mestinya cukup satu salam saja yang universal. Yang berlaku untuk semua orang berbeda agama, keyakinan dsb. Kayak Ni Hao di Tiongkok atau Ladies & Gentlemen, atau Good Morning di Amerika dan Eropa.

Saya sih inginnya salam yang netral. Salam yang tidak bernuansa agama tertentu. Assalamualaikum jelas sangat Islam. Om swasti astu pasti Hindu punya. Kristen punya syalom. Namo buddaya khas Buddhis di Indonesia.

Sayang, realitasnya orang Indonesia sangat menonjolkan agamanya di ruang publik. Harus assalamualaikum.. ditambah doa bahasa Arab di awal pidato.

Bahkan, sesama muslim pun ada ungkapan yang khas untuk NU atau ormas Islam yang lain. Kita yang tinggal di Jawa Timur sangat paham ungkapan salam orang NU atau bukan NU. 

Pagi ini saya baca di grup media sosial. Isinya, "MUI menetapkan bahwa ucapan salam yang berdimensi doa khusus agama lain oleh umat Islam, hukumnya haram."

Prof Asrorun Niam Sholeh Ketua MUI Bidang Fatwa, Kamis (30/5/2024) menjelaskan pengucapan salam dengan menyertakan salam dari berbagai agama, bukan merupakan implementasi toleransi agama yang dibenarkan.

"Sebagai solusinya, ungkap dia, dalam forum yang terdiri atas umat Islam dan umat beragama lain, umat Islam dibolehkan mengucapkan salam dengan Assalamualaikum, salam nasional, atau salam lainnya, yang tidak mencampuradukkan dengan salam doa agama lain, seperti selamat pagi."

Sudah lama salam-salam aneka agama bergemuruh di ruang publik. MUI baru mengharamkan salam gado-gado tahun 2024 beberapa bulan sebelum Presiden Jokowi lengser.

Assalamualaikum!
Rahayuuuu!
Salam kebajikan!
Haleluyaaa!
Malam bae!
Syaloooom!
Salveeee!
Merdekaaaa!

Salam tempel!

8 komentar:

  1. Salam tempel itu yang tidak pernah mati di Indonesia walaupun haram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam tempel ora haram sing penting ikhlas jarene. Ora ono salam tempel nang embong yo angel hehe.

      Hapus
    2. Nek jarene sing nampa ancen ngono. Nek jarene sing kenek palak / sing ngekeki … ikhlas ya ikhlas ning aja ngono.

      Hapus
  2. Salam tempel wis budaya lawas. Minta misa di pater2 juga ada salam tempel tapi resmi pake amplop. Namanya stipendium.

    MUI gak akan bahas salam tempel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu. Waktu mau kawin di Gereja HKY saya reserve pastur. Mau minta ketemu dgn pasturnya utk bcr tentang urut2an acara … tidak kunjung dibalas. Ini jaman awal internet, belum semua orang punya akses ke email. WA dll. belum ada. Akhirnya aku nekat, tak drop stipendium di depan dah, salam tempel dalam amplop. Aku sampek sungkan sama yang menerima krn amplopnya tebel (isinya gopek semua kali hahahaha), eh mencolok sekali.

      Pagi ngedrop, siangnya langsung ditelepon asisten untuk menghadap pater sorenya. Ketemuan hanya 10 menit tapi puas krn bisa komunikasi sbg pasutri enake gmn urut2ane … perkenalan. Mosok arep nikah ujuk2 muncul ngono, padhane kawin mut’ah lakan.🤣

      Romonya mpun tinggal donya jadi gak ilok disebut.

      Hapus
    2. Hahaha.. Sangat menarik bung punya pengalaman dengen pater urusan stipendium. Itu juga salam tempel tapi lebih elegan. Apalagi pake bahasa Latin. Patere semangat kalo amplope tebel.

      Hapus
    3. Hahaha.. Sangat menarik bung punya pengalaman dengen pater urusan stipendium. Itu juga salam tempel tapi lebih elegan. Apalagi pake bahasa Latin. Patere semangat kalo amplope tebel.

      Hapus
    4. Ya di amplopnya saya tulis: untuk karya Rama Ateng Tanamal.

      Hapus