Kamis, 12 September 2024

Ada & Tiada! 10 Seniman Jatim pamer karya tiga dimensi di Galeri Prabangkara Surabaya

Pameran lukisan digelar hampir saban hari di Surabaya. Mulai pelukis junior, setengah tua, senior (tua). Karya pelukis-pelukis yang sudah meninggal pun sering dipamerkan dan dijual. 

Kali ini sedikit berbeda. Sepuluh pelukis menggelar pameran bersama karya-karya tiga dimensi di Galeri Prabangkara, Gentengkali, Surabaya, 11 September 2024. Patung, boneka, instalasi. Judul pameran: Ada & Tiada.

Sepuluh seniman itu Abdun JA, Alvin AA, Bayu S, Mg Kirman, Widodo Basuki, Jenny Lee, Rano IK, Rachmad Priyandoko, Sukron S, Rifqi M.

Semuanya asal Jawa Timur. Saya kenal beberapa nama dan karyanya. Widodo Basuki wartawan senior, pemimpin redaksi majalah berbahasa Jawa Jaya Baya, ternyata seniman serbabisa. Jenny Lee sudah tak asing lagi di Surabaya.

Widodo Basuki jelas orang sibuk. Selalu ditekan tenggat waktu alias deadline dan membuat tulisan-tulisan berbahasa Jawa untuk majalahnya. Tapi selalu ada waktu baginya untuk berkarya.

Kesenian ibarat makan minum atau ibadah bagi Cak Widodo. Karena itu, ia berkarya kapan saja. Ada atau tiada pameran bersama, atau pameran tunggal, ia selalu kerja kerja kerja... kerja kesenian.

Patung karya Widodo cukup menarik. Ada tiga pengunjung cewek terpana melihat objek yang dibuat Widodo. "Ini patung apa, Pak?" 

Widodo menjawab, "Wakil rakyat yang tertidur". Tiga cewek tersenyum.

 Entah apa yang dia fikirken. Semoga para wakil rakyat tidak tidur saat sidang soal rakyat!

Agus Koecink, dosen, seniman, wartawan, aktivis, jadi kurator plus provokator pameran 3D ini. Agus sengaja mengajak seniman-seniman untuk pamer karya tiga dimensi karena sudah terlalu banyak pameran lukisan 2D. Biar ada variasi.

Apalagi di Jawa Timur ada banyak seniman yang aktif bikin patung, keramik, boneka, toys dan karya-karya 3D. Mereka jarang dapat tempat untuk unjuk karya ke publik. Malah lebih banyak pameran di luar Jawa Timur. Khususnya Jogjakarta.

Tak kenal maka tak sayang. Masyarakat jadi asing dengan seniman-seniman patung. "Bakal ada pameran lebih besar lagi," kata Agus Koetjing.

Rabu, 11 September 2024

Misa Paus Fransiskus di Timor Leste cetak rekor dunia! Ordinarium Gregorian VIII bukan Misa Lauda Sion ala Jakarta

Sudah saya duga kunjungan Paus Fransiskus di Timor Leste jauh lebih meriah ketimbang di Indonesia. Hampir separo penduduk negara tetangga itu turun ke jalan untuk mengelu-elukan Bapa Suci.

Pemandangan seperti itu tidak mungkin ada di Indonesia yang hanya 3 persen penduduk beragama Katolik. Misa Paus Fransiskus di Stadion GBK Jakarta diikuti sekitar 100 ribu jemaat. Angka yang bukan kaleng-kaleng untuk ukuran negara mayoritas muslim.

Misa Paus Fransiskus di Timor Leste memang luar biasa. Dahsyat! Merinding menyaksikan 700 ribu hingga 800 ribu orang menyemut di lapangan berdebu. 

Timor Leste, terlepas dari segala kekurangannya, membuktikan diri sebagai salah satu dari sedikit negara Katolik di dunia. Mungkin 97 persen penduduknya bergama Katolik.

Sudah saya duga perayaan ekaristi di Timor  Leste menggunakan lagu ordinarium Misa Gregorian VIII. Lagu gregorian ini memang sangat populer di Timor Leste dan NTT. Bahkan di seluruh dunia.

Sebaliknya, di Jawa Gregorian VIII sangat tidak populer meski sejak dulu dimuat di buku Madah Bakti dan sekarang Puji Syukur. Orang Katolik di Jawa lebih akrab dengan Misa Lauda Sion.

Karena itu, ordinarium Misa Lauda Sion yang dibawakan saat Misa Paus Fransiskus di Jakarta. Semua orang Katolik di Jawa pasti sangat hafal lagu lawas itu. Sebaliknya, semua orang Katolik asal NTT pasti tidak hafal dan bingung diajak nyanyi Misa Lauda Sion.

Paus Fransiskus akan segera mengakhiri lawatan apostoliknya di Singapura. salah satu negara terkaya di dunia. Sebelumnya melawat negara termiskin di dunia, Timor Leste.

Biasanya penghayatan iman orang miskin berbeda dengan orang kaya. Karena itu, sudah bisa dipastikan Paus Fransiskus tidak akan disambut dengan sorak-sorai meriah seperti di Timor Leste.

Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah karena merekalah yang empunya kerajaan surga!

Selamat Jalan, Om Eddie Samson, Tokoh Cagar Budaya Surabaya!

Kita kehilangan salah satu tokoh Soerabaia Tempo Doeloe. Eddie Emmanuel Samson meninggal dunia di Malang pada Senin 9 September 2024. Om Eddie berpulang dalam usia 90 tahun.

Jenazah lelaki kelahiran Surabaya, 3 April 1934, itu dimakamkan di TPU Keputih, Surabaya, Selasa 10 September 2024. "Saya baru pulang dari pemakaman Pak Eddie Samson di Keputih," kata Yan Ferdinandus, orang dekat Eddie Samson.

Saya sendiri terlambat mendapat informasi kematian tokoh yang sering jadi narasumber untuk berita-berita tentang Soerabaia Tempo Doeloe itu. Saya langsung meluncur ke rumahnya di Asem Mulya, Surabaya. 

Sepi. Saya pun bertanya ke tetangga sebelah. Ternyata benar. Om Eddie Samson meninggal dunia. Sudah dimakamkan, kata tetangga.

Sudah lama Eddie Samson tak berdaya karena usia lanjut. Terutama setahun terakhir. Kalau biasanya dia sangat aktif diskusi, seminar, ngomong di koran, televisi, radio, kini seperti menghilang. 

Acara-acara Indo Club Surabaya pun tak lagi dihadiri Eddie Samson. Padahal Eddie Samson ketua sekaligus pendiri komunitas orang-orang keturunan Indonesia-Belanda di Jawa Timur.

"Bapak tidak bisa diganggu. Sekarang masih tidur. Maaf ya," kata salah seorang anaknya. 

Saya pun hanya bisa berdiri di depan pagar rumah Om Eddie di pojok itu. Padahal dulu Om Eddie senang sekali diganggu. Om Eddie yang mengundang wartawan ke rumahnya untuk wawancara atau diskusi.

 Tema utamanya bangunan cagar budaya, perjuangan arek Surabaya, dan komunitas Indo di Surabaya. Om Eddie juga gandrung penyanyi-penyanyi Indo tempo doeloe macam Tante Lien yang terkenal dengan lagu Nasi Goreng itu.

Sejak pandemi Om Eddie tak lagi terlihat di televisi dan koran. "Apa kabar, Om Eddie?" tanya saya lewat pesan pendek wasap.

"Puji Tuhan, saya masih baik-baik saja. Tapi Om sudah 88 tahun. Ini karena berkat Tuhan," kata Om Eddie.

Tak lupa Eddie Samson membagi fotonya memakai jas warna biru. Jas yang dipakai sebulan sekali di gerejanya yang beraliran Pentakosta di Surabaya. Setelah itu Om Eddie kerap membagi kata-kata bijak dan ayat suci. Kadang gambar-gambar jenaka.

"Ora et labora. Berdoa dan bekerja. Dua-duanya harus kita lakukan sebagai umat Allah," kata anggota Tim 11 Von Vaber pelestari cagar budaya Surabaya itu.

Dalam berbagai kesempatan, Eddie Samson selalu menekankan pentingnya merawat bangunan-bangunan cagar budaya yang masih ada di Surabaya. Dia begitu terpukul melihat bangunan-bangunan kolonial mangkrak. Apalagi dihancurkan untuk dibangun pusat perbelanjaan atau gedung-gedung modern.

Sayang, Om Eddie tidak bisa melihat geliat bangunan-bangunan cagar budaya di kawasan kota lama yang kini jadi jujukan wisata di Surabaya sejak akhir Maret 2024 lalu. Saya membagikan beberapa foto kota lama yang makin kinclong untuk Om Eddie. Sekaligus minta komentar dan masukannya tentang pengembangan kota lama di Surabaya.

Sayang, tidak ada jawaban. Nomor WA Eddie Samson sudah tidak aktif lagi. "Bapak tidak bisa diganggu," kata putrinya.

Sekarang Om Eddie sudah tenang bersama Sang Pencipta dalam keabadian. 

Selamat jalan, Meneer!

Kamis, 05 September 2024

Ordinarium Misa Lauda Sion dalam Misa Bersama Paus Fransiskus dan Paus Yohanes Paulus II

Komisi Liturgi Keuskupan Agung Jakarta rupanya memilih lagu ordinarium Misa Lauda Sion untuk misa kudus bersama Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno, Kamis 5 September 2024. Saya lihat sedikit cuplikan latihan paduan suara di media sosial.

Tidak salah kalau Misa Lauda Sion yang dipilih. Pada Misa Paus Yohanes Paulus II di Stadion Jogjakarta, 1989, pun Misa Lauda Sion yang dipakai sebagai ordinarium. Umat Katolik menyanyi dengan penuh semangat karena sudah hafal nada dan kata-katanya.

Misa Lauda Sion diciptakan oleh Romo AS Dirjoseputro pada 1967. Inilah tahun-tahun awal komponis musik liturgi sedang bergairah menciptakan lagu-lagu baru. Sebab Konsili Vatikan II baru saja usai.

Perayaan ekaristi yang sebelumnya memakai doa-doa dan nyanyian dalam bahasa Latin kini diganti jadi bahasa setempat. Umat mulai antusias ikut misa berbahasa Indonesia.

 Misa Lauda Sion ini rupanya sangat populer di Jawa tapi tidak dikenal di NTT atau luar Jawa. Waktu itu buku Madah Bakti belum ada. Buku-buku nyanyian liturgi Jawa pun tidak beredar di Flores dan pulau-pulau lain di NTT.

Karena itu, waktu pertama kali datang ke Jawa, tepatnya Kota Malang, saya heran sekali karena Misa Lauda Sion dinyanyikan hampir setiap misa hari Minggu. Khususnya di Gereja Kayutangan paroki saya saat itu. Misalnya, dari 10 kali misa, mungkin 7 kali dinyanyikan Misa Lauda Sion.

Ketika pindah ke Paroki Jember, juga masuk Keuskupan Malang, lagi-lagi Lauda Sion selalu dinyanyikan. Lagu-lagu ordinarium misa yang lain malah jarang bahkan tidak pernah dinyanyikan.

 Misa Hardjowardojo yang saya nilai sangat bagus malah hampir tidak pernah dinyanyikan oleh paduan suara bersama umat. Setahun tidak sampai empat kali. Begitu juga Misa Sunda yang bagus dan khas.

 Apalagi Gregorian I yang memang sulit. Gregorian VIII pun sangat jarang dibawakan di Jawa. Padahal di pelosok Pulau Lembata lagu-lagu Gregorian VIII ini dibawakan hampir setiap Minggu. Saking seringnya saya sampai hafal lagu dan syairnya meski tidak pernah melihat notasinya di buku 

Tahun 1990-an akhir, Romo Kelik Mursodo OCarm, mantan pastor paroki di Kayutangan, Malang, pindah ke Paroki Jember. Pastor ini sangat serius, tegas, disiplin dalam segala hal. Dia tidak segan-segan menghentikan kor yang dia anggap membawakan lagu liturgi yang tidak sesuai kriteria liturgi.

Nah, suatu ketika ada kor yang menggunakan lagu ordinarium yang tidak ada di Madah Bakti. Umat Katolik di Jember belum pernah dengar. Pastor Kelik langsung menghentikan kor itu. Lalu menggantinya dengan Misa Lauda Sion.

Saya sendiri awalnya asing dengan Lauda Sion. Lagunya panjang sesuai dengan teks liturgi resmi. Beda dengan lagu-lagu misa di Flores yang pendek-pendek dengan pola refrein + solo. 

Aneh, lagu Misa Lauda Sion itu pada tahun-tahun awal saya di Jawa Timur. Tapi karena sangat sering dinyanyikan, saya jadi terbiasa dan lama-lama sangat senang. Bahkan jadi lagu misa favorit saya sampai sekarang. Ordinarium misa favorit saya yang lain adalah Misa Te Deum.

Sekitar 10 tahun terakhir saya perhatikan Misa Lauda Sion tidak lagi populer di Jawa. Kor-kor sekarang lebih senang Misa Kita IV yang dianggap lebih rumit dan sulit. Misa Lauda Sion terlalu gampang, kata seorang aktivis kor di Surabaya. 

Maka, kalau kita ikut misa hari Minggu atau hari raya di Pulau Jawa saat ini hampir pasti kor membawakan Misa Kita IV ciptaan Pastor Antonius Soetanta SJ (1971). Lagu ini paling banyak variasi di buku Puji Syukur dan Madah Bakti.

Karena itu, saya senang Komisi Liturgi KAJ memilih Misa Lauda Sion untuk perayaan ekaristi bersama Paus Fransiskus. Umat Katolik di Pulau Jawa pasti semangat menyanyi karena hafal semua. Umat Katolik di NTT pasti tidak hafal.

Sebaiknya dalam Misa Agung Paus Fransiskus di era live streaming ini lagu ordinarium yang dipakai adalah Gregorian VIII dalam bahasa Latin. Sebab lagu itu paling populer di kalangan umat Katolik di seluruh dunia.

Rabu, 04 September 2024

Misa Live Streaming Paus Fransiskus di Surabaya, Belajar Sedikit Liturgi Bahasa Latin

Umat Katolik di Surabaya sangat antusias mengikuti Papal Mass atau Misa Bersama Paus Fransiskus di Stadion GBK Jakarta, Kamis sore 5 September 2024. Namun kuota yang ditetapkan panitia sangat terbatas.

Satu paroki di Keuskupan Surabaya hanya dijatah 50 orang. Boleh kurang, tidak boleh lebih. Syaratnya sangat ketat. Sebab kapasitas GBK hanya sekitar 80 ribu orang.

Keuskupan Surabaya punya 47 paroki. Artinya, kuota untuk Keuskupan Surabaya cuma 2.350 orang saja. Padahal satu paroki di Surabaya umatnya paling sedikit 3.000 orang.

"Puji Tuhan, saya dapat berkat. Bisa ikut misa langsung di Jakarta," kata Agnes Pandia, umat Paroki Roh Kudus, Rungkut-Gununganyar, Surabaya.

Agnes juga dikenal sebagai wartawan senior Kompas di Surabaya. Sudah lama dia aktif jadi pengurus paroki, Legio Maria dsb. Sebagai bekal di hari tua katanya.

Agnes dan rombongan Paroki RK berangkat dengan bus ke Jakarta. Dijadwalkan langsung ke GBK. Cuci muka sedikit lalu masuk stadion. Haleluya!

Bagaimana dengan ribuan jemaat yang tidak bisa berangkat ke GBK Jakarta?

Jangan khawatir. Gereja-gereja Katolik di Surabaya mengadakan "nonton bareng", eh "misa bareng" (misbar) live streaming. Paroki Roh Kudus bikin misa daring di Balai Paroki.

Umat diminta datang misa live streaming layaknya misa tatap muka di gereja. Ada komuni. Umat juga mengikuti liturgi, menyanyi, menjawab doa-doa yang disampaikan Paus Fransiskus.

Sejak pekan lalu teks Misa Paus Fransiskus di Jakarta sudah beredar di kalangan umat Katolik. Teks misa seperti biasa saban hari dan saban Minggu di gereja.

Hanya saja, ada seruan-seruan dalam bahasa Latin yang perlu dihafalkan. Orang Katolik lansia sudah tidak asing lagi dengan liturgi bahasa Latin. Yang bingung pasti umat kelahiran tahun 1970 ke sini.

DOA SYUKUR AGUNG

Paus: Dominus vobis cum
Umat: Et cum spiritu tuo

Paus: Sursum corda
Umat: Habemus ad Dominum

Paus: Gratias agamus Dimino Deo nostro
Umat: Dignum et iustum est

RITUS PENUTUP

Paus:  Dóminus vobíscum.
Umat: Et cum spíritu tuo. 

Paus: 
Sit nomen Dómini benedíctum.
Umat: Ex hoc nunc et usque in sǽculum.

Paus: 
Adiutórium nostrum in nómine Dómini.
Umat: Qui fecit cælum et terram.

Paus: 
Benedícat vos omnípotens Deus,
Pater,  et Fílius, et Spíritus Sanctus.
Umat: Amen.

Diakon: Saudara-saudari, pergilah, misa sudah selesai.
Umat:  Syukur kepada Allah.

Pastor Markus Solo Kewuta SVD Jadi Pendamping dan Penerjemah Paus Fransiskus Selama di Indonesia

Paus Fransiskus, 87 tahun, akhirnya tiba di Indonesia. Selama empat hari Sri Paus berada di Jakarta.

Deo gratias! 
Syukur kepada Allah!

Inilah kali ketiga Paus berkunjung ke Indonesia. Diawali Paus Paulus VI tahun 1970. Kemudian Paus Yohanes Paulus II tahun 1989. Paus Fransiskus tahun 2024.

Umat Katolik di Indonesia hanya sekitar 3%. Minoritas mutlak. Di negara mayoritas Islam. Karena itu, sejak dulu Indonesia tidak dianggap penting di dunia kekatolikan sejagat.

Namun, Paus Fransiskus punya kacamata berbeda. Pengganti Paus Benediktus XVI ini justru melihat Indonesia sebagai negara majemuk yang menarik. Ada komunitas kecil umat Katolik yang hidup di tengah-tengah minoritas.

Paus Fransiskus ingin melihat langsung Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika berdasar Pancasila. Ada terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katolik Jakarta. Paus menekankan dialog, harmoni, kebersamaan sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Ada yang menarik saat Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Beliau selalu ditemani seorang pastor sebagai penerjemah atau interpreter. Pastor itu tak lain Romo Dr Markus Solo Kewuta SVD. 

Padre Marco, sapaan Pater Markus Solo Kewuta SVD di YouTube dan media sosial, berasal dari Lewouran, Keuskupan Larantuka, NTT. Sudah lama sekali Pater Markus bekerja di Takhta Suci Vatikan. Sejak Paus Yohanes Paulus II. 

Karena itu, Pater Markus Solo Kewuta jadi "pembisik" utama Paus Fransiskus mengenai berbagai hal tentang Indonesia. Informasi seputar Indonesia bisa dipastikan sebagian besar disampaikan oleh Pater Markus.

Saya lihat di grup-grup orang NTT atau Flores video dan foto Paus Fransiskus didampingi Pater Markus Solo Kewuta SVD jadi viral. Betapa bangganya orang NTT karena ada salah seorang putra terbaiknya menjadi tangan kanan Sri Paus.

Paus juga mungkin heran bahwa di Indonesia, negara mayoritas muslim, ada seminari penghasil pastor terbesar di dunia. Yakni di Pulau Flores, NTT, provinsi yang biasa dipelesetkan sebagai Nusa Tetap Tertinggal dan Nasib Tidak Tentu.

Tapi NTT juga berarti Nanti Tuhan Tolong.

Selamat datang Paus Fransiskus!

Minggu, 25 Agustus 2024

Raja Jawa kali ini agak kendor menuju musim gugur

Demo mahasiswa kali ini luar biasa. Unjuk rasa besar pertama kali sejak 98. Hasilnya terbukti efektif. Raja Jawa yang sakti mandraguna kali ini agak keder. Tak lagi memaksakan kehendaknya seperti saat jelang pendaftaran pilpres tahun lalu. 

Hasil yang nyata adalah Kaesang tidak bisa maju pilkada karena usianya belum genap 30 tahun saat pendaftaran. Padahal DPR RI mau mengakali putusan MK dengan anak kalimat usia sekurang-kurangnya pada saat pelantikan sebagai kepala daerah. 

Aturan ambang batas suara untuk pencalonan pun ikut MK. Artinya PDI Perjuangan bisa mengajukan calon di Jakarta. Jadi, calonnya koalisi kerajaan tidak perlu lawan kotak kosong. Atau lawan calon boneka dari jalur perseorangan. 

Raja Jawa ini tidak kenal demisioner meski masa jabatannya tidak sampai dua bulan lagi. Bisa saja akan ada kejutan-kejutan di jagat politik beberapa hari ke depan. Dia selalu punya kartu-kartu untuk bikin kejutan.

Sementara itu, anak sang raja bersama istrinya sedang pesiar dengan pesawat jet (pribadi?) ke luar negeri. Di saat unjuk rasa terjadi di berbagai kota, anak raja tetap saja posting dunia fantasi yang serba mewah gemerlapan.

Masih panjang perjuangan untuk mengawal demokrasi di sini. Sang raja sudah membatalkan reformasi dan demokrasi demi membangun dinasti politiknya.