Selasa, 04 Juni 2024

Makam Kembang Kuning Surabaya Jadi Tempat Mangkal PSK Tua, Prostitusi Online Makin Marak

Semalam Satpol PP merazia Makam Kembang Kuning Surabaya. Puluhan pekerja seks komersial (PSK) semburat melarikan diri. Banyak kupu-kupu malam yang lolos tapi ada juga yang apes.

Para PSK yang terjaring razia lalu dibawa ke Liponsos Surabaya di Keputih untuk menjalani pembinaan dan pendataan. Yang dari luar Surabaya dipulangkan ke daerah asalnya. Mereka juga harus menandatangani pernyataan tidak boleh praktik lagi. 

"Carilah pekerjaan yang halal. Jangan mbalon di atas kuburan. Bahaya Aids, tambah dosa dan sebagainya," pesan petugas.

Wali Kota Bu Risma dulu memang berhasil menutup semua lokalisasi pelacuran di Surabaya. Mulai Gang Dolly, Jarak, Bangunsari, Kremil, Sememi, Klakahrejo dsb pada 2013-2014.

 Luar biasa karena kompleks-kompleks ini terkenal sakti selama puluhan tahun. Diduga ada beking yang sangat kuat melibatkan oknum-oknum. Tapi Bu Risma pantang menyerah. Dolly, Jarak dan kawan-kawan akhirnya tutup.

Kembang Kuning ini yang kelihatannya sulit dihapus meski satpol PP sering menangkap para WTS (wanita tuna susila) - istilah lawas. Ada juga pekerja seks dari kalangan bencong atau waria di Kembang Kuning.

 Bolak-balik dilakukan razia, pembinaan, pemulangan, tapi tetap saja kumat lagi. Para germo dan PSK bahkan seakan tahu kapan ada razia dan kapan aman. Yang kena razia biasanya lupa atau tidak dapat "bocoran" informasi dari atasannya.

Mengapa lokalisasi di Makam Kembang Kuning sulit diberantas? Wong Dolly yang sakti saja bisa ditutup oleh Pemkot Surabaya?

Sebetulnya tidak sulit kalau ada kemauan sangat kuat. Seperti Bu Risma menutup Dolly, Jarak, Sememi, Kremil dsb itu. Apalagi kompleks makam Kristen dan Tionghoa ini mudah dikontrol. Pemainnya juga para PSK senior alias kewut (tuwek) yang itu-itu saja.

Yang sulit dikontrol sekarang adalah prostitusi online. Ratusan hingga ribuan PSK praktik di hotel, losmen, kos-kosan memanfaatkan aplikasi pertemanan. Aplikasi Ijo alias MiChat paling terkenal sebagai ajang transaksi prostitusi modern.

Bulan lalu polisi menangkap 7 tersangka perdagangan anak-anak di hotel kawasan Sukolilo Surabaya. Tujuh orang ini menjual gadis-gadis di bawah umur (18) dari Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, sebagai pekerja seks lewat aplikasi MiChat.

Praktik prostitusi anak ini terungkap karena salah satu cewek kabur. Korban tidak dapat bayaran dari Mami Yeyen. Padahal sehari dia biasa melayani 10 pelanggan. 

Polisi bergerak karena ada TPPO atau trafficking. Bagaimana kalau PSK online itu berusia di atas 18 tahun? 

Bisnis prostitusi modern inilah yang sulit disentuh oleh satpol PP atau kepolisian. Biasanya yang ditangkap hanya joki atau makelar saja. Sementara para PSK cuma dijadikan saksi dan dianggap sebagai korban perdagangan manusia.

Yang lebih susah lagi kalau si PSK online itu tidak pakai joki atau makelar tapi menjual tubuhnya sendiri dengan membuat beberapa akun di MiChat. Kasus begini sangat banyak di era aplikasi ini.

Rupanya Wali Kota Bu Risma dulu tidak menyangka kalau setelah Dolly, Jarak, Kremil dan lokalisasi-lokalisasi konvensional ditutup bakal ada prostitusi online yang kian marak. Bisnis satu ini memang tidak ada matinya. 

Senin, 03 Juni 2024

Kya-Kya Kembang Jepun Surabaya Sudah Tutup Tiga Bulan, Entah Kapan Buka Lagi

Kapan Kya-Kya di Kembang Jepun buka lagi? Apakah tutup seterusnya?

Itu pertanyaan seorang ibu di kawasan Rungkut Surabaya. Ibu itu tahu kalau saban hari saya wira-wiri di Kembang Jepun. Dekat Jembatan Merah, kawasan Kota Lama Surabaya, yang terkenal itu. Juga dekat Pasar Bong, Pasar Pabean, Kelenteng Dukuh hingga kawasan wisata religi Sunan Ampel.

Wisata Pecinan Kya-Kya Reborn memang tutup sejak Maret 2024 lalu. Tepatnya sebelum bulan puasa. Sebab Pemkot Surabaya punya proyek besar box culvert atau gorong-gorong di Kembang Jepun dan sekitarnya.

 Sejak Maret dan April lalu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggeber proyek box culvert di mana-mana. Skala pengerjaan di Kembang Jepun, Kalimati, Karet, Songoyudan tergolong besar. Pasti lama selesainya.

Michael Wijaya, pengurus Wisata Pecinan Kya-Kya, awalnya bilang Kya-Kya buka lagi setelah Lebaran pada pertengahan April 2024. Ternyata pengerjaan gorong-gorong belum apa-apa.

"Mungkin bulan Mei baru buka. Saat musim kemarau jadi lebih bagus suasana Kya-Kya," kata Michael yang juga menangani Wisata Kampung Pecinan di Kapasan.

Bulan Mei berlalu. Proyek gorong-gorong di Kembang Jepun belum selesai. Tapi sudah jauh lebih baik kondisinya ketimbang bulan lalu. Hanya tinggal finishing, kata pemkot.

Saya pun tak lagi menghubungi Michael Wijaya karena dia tidak bisa memastikan kapan Kya-Kya buka lagi. Kuncinya ada di Pemkot Surabaya yang punya proyek. Cak Eri geber proyek karena masa jabatannya sebagai wali kota mau selesai.

Sebetulnya Pemkot Surabaya menargetkan proyek revitalisasi kota lama selesai sebelum akhir Mei 2024. Dengan begitu, wisata kota lama Surabaya diresmikan pada 31 Mei 2024. Tepat pada Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731.

Namun, apa hendak dikata, proyek itu belum selesai juga sampai awal Juni ini. Sekitar 60 pedagang makanan minuman yang biasa jualan di Kya-Kya sepanjang Jalan Kembang Jepun pun terpaksa harus jualan di tempat lain dulu.

Apakah setelah revitalisasi kota lama, konsep Kya-Kya masih sama atau ada modifikasi? 

"Wah, kalau itu saya belum tahu. Nanti kita lihat saja," kata Michael.

Minggu, 02 Juni 2024

Karyawan datang dan lekas pergi di era digital, belum diangkat sudah resign

Bulan lalu HS keluar dari grup. Tanpa pamit. Tapi semua anggota grup sudah paham. HS mundur. Resign.

HS masih muda dan cerdas. Lulusan PTN ternama. Peluang dapat kerja di tempat baru terbuka lebar. Atau, lebih tepat, dia sudah dapat tawaran di tempat lain sehingga berani resign.

Mundur tanpa ada backup di lahan baru jelas berisiko. Apalagi di era akhir kekuasaan Jkw yang makin ugal-ugalan itu. Semua serba tak pasti.

Pagi ini JL pamit baik-baik di grup. Karyawati paling cakep ini bulan lalu mengakhiri masa lajang. Mungkin sudah ada diskusi dengan sang suami terkait pekerjaan yang high pressure, deadline ketat, target-target tinggi dsb.

"Saya dapat pelajaran bekerja yang luar biasa selama enam tahun," begitu kira-kira kata perpisahan JL di grup karyawan.

JL boleh dikata paling bening dan modis. Mirip artis Korea - kalau dilihat agak jauh. JL juga kerap digojlok teman-teman karena pembawaannya yang periang. Murah senyum.

Melihat tren beberapa tahun terakhir tampaknya karakter generasi baru di dunia kerja sangat berbeda dengan angkatan lawas. Mereka sangat berani keluar jika dirasa kurang nyaman atau kurang tantangan. Kurang duit juga.

Mereka berani resign meski belum ada pekerjaan baru. Mereka suka mencari tantangan di tempat lain. Mereka ogah bekerja di sebuah perusahaan atau instansi sampai pensiun. 

Bekerja dua atau tiga tahun, lima enam tahun di satu perusahaan dianggap cukup. Pindah ke tempat lain. Satu dua tahun pindah lagi. Begitu seterusnya sampai bosan.

Lebih bagus lagi jika bisa buka bisnis sendiri. Kerja lebih fleksibel di mana saja karena dunianya memang sangat digital. Bukan lagi karyawan kantoran yang harus mengisi daftar hadir digital saban hari.

 Terlambat satu menit saja hangus uang makan dsb. Kemudian dipanggil HRD, dapat surat peringatan, dan sanksi lain. Adik-adik generasi Z memang sebaiknya tidak kerja ikut orang.

Sabtu, 01 Juni 2024

Bakso Pak Sobar yang Legendaris di Kantin SMAN 1 Malang Sejak 1977

Pak Sobar

Penjual bakso ini sangat terkenal di SMAN 1 Malang alias Mitreka Satata. Pak Sobar. Mulai Ikamisa (alumni Mitreka Satata) zaman lawas hingga era milenial pasti tahu Pak Sobar. 

Bakso Pak Sobar. Hampir semua siswa SMAN 1 Malang pernah mencicipi baksonya yang khas di kantin sekolah. Siswa sekolah tetangga, SMAN 3 dan SMAN 4, pun sering membeli bakso Pak Sobar karena rasanya yang khas.

Setiap kali ada acara Uklam Tahes biasanya para alumni Mitreka Satata Malang mencari Pak Sobar untuk foto bareng. Melepas kangen dengan pria bernama asli Sabar itu. 

"Sobar itu artinya Bakso Pak Sabar. Lama-lama nama saya jadi Pak Sobar. Sobar dan Sabar ya sama aja," kata pria berusia 71 tahun asli Ngalam alias Malang itu.

Sabar muda mulai mencoba jualan bakso di kantin SMAN 1 Malang sejak 1977. Awalnya tidak banyak karena masih coba-coba. Perlahan-lahan bakso racikannya disukai para siswa. Maka porsi yang disiapkan pun terus bertambah dari tahun ke tahun.

Sobar alias Sabar meski bukan pakar marketing ternyata sangat paham selera konsumen. Selera pelajar pada tahun 70-an agak beda dengan 80-an, 90-an, kemudian di atas tahun 2000. 

Makin ke sini anak-anak sekolah tidak hanya membeli bakso. Tapi juga menu lain macam siomay, pangsit mie, cilok, sempol, es mocha. Pak Sobar pun melayani permintaan dan selera generasi Z.

"Sekarang makin banyak variasi. Anak-anak dulu pesannya cuma bakso, bakso, bakso. Sekarang macam-macam permintaan mereka. Ya, kita usahakan melayani dengan baik," kata kakek empat cucu itu.

Selain selera anak sekarang yang agak bergeser, menurut Sobar, teknologi juga membuat kebiasaan para siswa Mitreka Satata sekarang beda dengan generasi orang tuanya.

 Dulu belum ada HP, media sosial, internet, gawai. Siswa jadul angkatan 80-an dan 90-an cenderung suka iseng dan agak nakal. Khas remaja belasan tahun. Anak sekarang lebih pendiam, sibuk dengan gawai dan HP masing-masing.

"Tapi secara umum sama saja," kata Pak Sobar. 

Di usianya yang sudah 71 tahun, wis kewut, Pak Sobar masih tampak kuat dan semangat. Hanya rambutnya yang memutih. Setiap pukul 03.00 sudah bangun untuk persiapan bakso dan menu-menu lain yang akan dibawa ke kantin SMAN 1 Malang.

Pukul 08.00 Pak Sobar mulai jualan bakso hingga pukul 16.00. Rutinitas itu dilakukan Pak Sobar sejak 1977 sampai sekarang. Sudah 44 tahun Pak Sobar istikamah alias konsisten berjualan bakso untuk para peserta didik SMAN 1 Malang.

Apa rahasianya tetap sehat dan kuat jualan bakso selama puluhan tahun?

"Selalu gembira, banyak tertawa, tidak suka marah," kata Pak Sobar.

Rutam nuwus, Pak Sobar!
Salam tahes! Komes!

Terlalu Banyak Salam di Indonesia! MUI Haramkan Salam-Salam Bukan Islam


Assalamualaikum!
Salam sejahtera!
Selamat pagi!
Syalom!
Om swasti astu!
Namo buddaya!
Salam kebajikan!
Rahayu!
Merdekaaaa!

Di Nusa Tenggara Timur  (NTT) ada satu salam lagi: Salve!!!

Salve (bahasa Latin) dipakai di NTT karena syalom atau shalom dianggap salamnya orang Protestan. Padahal, rakyat yang beragama Katolik di NTT sedikit lebih banyak ketimbang Protestan, Pentakosta, Karismatik, Advent dsb.

Sebenarnya di lingkungan Katolik sendiri tidak ada salam Salve. Pastor atau pater atau romo atau katekis awam sejak saya kecil di pelosok Pulau Lembata biasa ucap selamat pagi atau "malam bae" (malam hari).

Salve lazimnya dipakai untuk devosi kepada Bunda Maria: Salve Mater, Salve Regina, dan sebagainya. Cukup banyak lagu gregorian yang ada kata  salve. Tapi salve bukan untuk salam sejenis syalom atau assalamualaikum.

Kreatif juga orang NTT yang Katolik. Menjadikan "salve" sebagai salam. Padahal syalom atau shalom itu sebetulnya sama saja. Tapi rupanya orang Katolik di NTT kurang suka dengan ungkapan-ungkapan yang berbau Protestan atau Pentakosta.

Salam-salam di Indonesia memang terlalu banyak. Ada 6 agama resmi berarti ada 6 salam. Belum salam budaya "rahayu" dan aliran-aliran kebatinan lainnya. 

Sebagai negara kesatuan berdasar Pancasila, mestinya cukup satu salam saja yang universal. Yang berlaku untuk semua orang berbeda agama, keyakinan dsb. Kayak Ni Hao di Tiongkok atau Ladies & Gentlemen, atau Good Morning di Amerika dan Eropa.

Saya sih inginnya salam yang netral. Salam yang tidak bernuansa agama tertentu. Assalamualaikum jelas sangat Islam. Om swasti astu pasti Hindu punya. Kristen punya syalom. Namo buddaya khas Buddhis di Indonesia.

Sayang, realitasnya orang Indonesia sangat menonjolkan agamanya di ruang publik. Harus assalamualaikum.. ditambah doa bahasa Arab di awal pidato.

Bahkan, sesama muslim pun ada ungkapan yang khas untuk NU atau ormas Islam yang lain. Kita yang tinggal di Jawa Timur sangat paham ungkapan salam orang NU atau bukan NU. 

Pagi ini saya baca di grup media sosial. Isinya, "MUI menetapkan bahwa ucapan salam yang berdimensi doa khusus agama lain oleh umat Islam, hukumnya haram."

Prof Asrorun Niam Sholeh Ketua MUI Bidang Fatwa, Kamis (30/5/2024) menjelaskan pengucapan salam dengan menyertakan salam dari berbagai agama, bukan merupakan implementasi toleransi agama yang dibenarkan.

"Sebagai solusinya, ungkap dia, dalam forum yang terdiri atas umat Islam dan umat beragama lain, umat Islam dibolehkan mengucapkan salam dengan Assalamualaikum, salam nasional, atau salam lainnya, yang tidak mencampuradukkan dengan salam doa agama lain, seperti selamat pagi."

Sudah lama salam-salam aneka agama bergemuruh di ruang publik. MUI baru mengharamkan salam gado-gado tahun 2024 beberapa bulan sebelum Presiden Jokowi lengser.

Assalamualaikum!
Rahayuuuu!
Salam kebajikan!
Haleluyaaa!
Malam bae!
Syaloooom!
Salveeee!
Merdekaaaa!

Salam tempel!

Senja di Pelabuhan Perahu, Lagu Seriosa Favorit Pelukis Bambang Thelo di Sidoarjo

Dulu di Indonesia ada lagu seriosa. Genre musik ini cukup populer di era 50-an hingga 80-an. Saban tahun ada lomba bintang radio dan televisi (BRTV) jenis seriosa, hiburan, keroncong. Seriosa tergolong berat karena harus bisa baca not balok dan teknik vokal ala opera Barat.

Pelukis Sidoarjo Bambang Thelo (alm) dari Sidokare, Sidoarjo, sangat senang seriosa. Saat mancing di tambak Sedati, Banjar Kemuning, hingga Kepetingan Mbah Thelo selalu menyanyi seriosa - meski suaranya kurang enak dan ketukannya sering kacau.

Lagu seriosa yang sering dibawakan Bambang Thelo adalah Senja di Pelabuhan Perahu ciptaan Mochtar Embut. "Dulu waktu saya di Jogja lagu seriosa, keroncong, hiburan sangat populer," kata pelukis yang doyan gambar tokek itu.

Saya dulu juga sering nyambangi dan ngobrol dengan Mas Sugianto (almarhum juga). Sugianto ini arranger dan pembuat orkestrasi lagu-lagu seriosa untuk BRTV di Surabaya sekian tahun lalu.

Saya pun sedikit-sedikit belajar nyanyi seriosa di Mas Gianto yang rumahnya di kawasan Waru Sidoarjo. Malah dapat buku partitur lagu seriosa not balik.

"Kamu belajar baca not balok lah. Gampang kalau ditekuni. Kamu bisa nyanyi pakai not angka dan itu tidak cukup," kata Mas Gianto.

Buku nyanyian seriosa karya Binsar Sitompul, Mochtar Embut, dan FX Sutopo itu sudah lama "hilang". Pagi ini ketemu di dalam tas usang saat bongkar gudang.

Sampai sekarang pun saya belum mampu membaca not balok. Kecuali pakai nada dasar C (natural) karena paling mudah diketahui posisi nada-nadanya. 

Jumat, 31 Mei 2024

Kelembaban vs Kelembapan dan Merubah vs Mengubah

Saban hari BMKG Tanjung Perak mengirim rilis prakiraan cuaca. Namanya juga ramalan, kadang tepat kadang meleset. Diramalkan hujan ternyata terang. Beda dengan ramalan cuaca di Jepang atau USA yang katanya sangat akurat.

Aku perhatikan sejak dulu BMKG Perak Surabaya dan BMKG Juanda Sidoarjo menyebut "kelembaban, lembab" untuk humidity dan humid. Kelembaban Surabaya besok 80 persen, tulis BMKG.

Kata bahasa Indonesia yang baku itu lembab atau lembap?

"Lembab," kata Fulan sarjana sospol.
"Lembab," kata Ana sarjana hukum.
"Lembab," kata Wawan lulusan SMK.
"Sama saja," kata Mamat DO karena terlalu sering unjuk rasa.

"Saya cek kamus dulu," kata Anis sarjana bahasa.

Setelah mengecek kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) dan kamus daring, dipastikan kata baku adalah "lembap", bukan "lembab". 

kelembapan, bukan kelembaban.
pelembap, bukan pelembab. 
melembapkan, bukan melembabkan.

Begitu banyak orang Indonesia yang berpendidikan tinggi tidak pernah buka kamus. Termasuk para pegawai BMKG yang saban hari mengukur kelembapan udara. Mereka tidak sadar bahwa "lembab" dan "kelembaban" itu kata yang tidak baku.

Pagi ini Susan teman SMA membagi tulisan di WAG Alumni Grafiti Smansa Ngalam alias A1 (Fisika). Kalimat pertama ada kata "merubah". 

Rupanya masih banyak orang Indonesia yang lupa atau tertidur saat pelajaran bahasa Indonesia di SMP dulu. Ilmu dasar pembentukan kata berimbuhan, morfologi, tidak dikuasai dengan baik. Termasuk kawan yang sudah bergelar doktor (S-3).

me + ubah  jadi mengubah ✅
me + ulang jadi mengulang ✅

me + ubah jadi merubah ❌
me + rubah jadi merubah ✅ (menjadi rubah, sejenis binatang buas)