Rabu, 06 Maret 2024

Bersyukur masih bisa merayakan ulang tahun media cetak di Gresik

Sejak pandemi covid, Ayas jarang ke Gresik. Padahal dulu sering gowes ke kota santri itu. Beli legen, pudak, sego krawu.. banyak makanan enak di Gresik.

Tahun lalu Ayas hanya sekali mampir di Gresik. Tahun 2024 ini juga baru sekali. Kebetulan ada resepsi atau tasyakuran hari jadi ke-12 Radar Gresik di Jalan Pahlawan. 

Cukup ramai acara open house Radar Gresik. Pejabat-pejabat pemkab, pimpinan dan anggota dewan datang. Pengurus ormas Islam banyak yang hadir. Begitu juga relasi dari perusahaan.

Radar Gresik satu-satunya koran cetak yang masih terbit di Kabupaten Gresik. Dulu ada Radar Bawean tapi sudah pamit. Radar Bawean pun sebetulnya anaknya Radar Gresik. Menarik tapi pasar di Pulau Bawean tidak mendukung.

Ayas lihat banyak sekali karangan buka di sepanjang Jalan Pahlawan yang ramai itu. Artinya Radar Gresik punya relasi sangat luas. Merekalah yang selama ini memberi sokongan moral, material, doa-doa agar surat kabar lokal ini bisa tetap eksis di era digital.

Sudah lama media cetak baik koran, majalah, tabloid diramalkan mati. Itu ramalan sejak 90-an. Ramalan itu sepertinya mulai mewujud dengan datangnya gelombang media sosial yang dahsyat.

Syukurlah, Radar Gresik, Radar Sidoarjo, Radar Surabaya dan koran-koran cetak lain masih bisa terbit menemui pembaca. Dan masih bisa bikin tasyakuran potong tumpeng ulang tahun. 

Dirgahayu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar