Selasa, 19 September 2023

Selamat Jalan, Paul Cumming, Pelatih Sepak Bola Legendaris Asal Inggris di Malang

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarkatuh Innalillahi wainnailahi rojiun.

Telah wafat suami saya Mohammad Paul Cumming pada hari Selasa tgl 19 September 2023 pukul 05.30 WIB dalam usia 76 tahun.

Semoga husnul khotimah mohon maaf segala kehilafan dan kesalahannya.  Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

Alamat duka: Dusun Drigu Poncokusumo Malang.

Kami yang berdukacita 
Ibu Paul/ Dwie Rahmatus Selfiati/Fifing 

Pagi ini, Ayas nggowes di dekat Bandara Juanda. Mampir ngopi sejenak di warkop. Buka WA. Ada pesan dukacita dari Bu Fifing alias Dwie Rahmatus Selfiati.

Paul Cumming berpulang.

Selamat jalan Paul. Pelatih sepak bola hebat yang pernah mewarnai jagat sepak bola Indonesia pada era 1980-an dan 1990-an. Pelatih bertangan dingin, ramah, murah senyum.

Ayas sempat mampir di rumahnya di Poncokusumo, Malang. Paul tidur, tersenyum. Selama belasan tahun Paul hanya bisa tidur. Tidak bisa bergerak ke mana-mana.

Paul juga tidak bisa bicara. Tapi dia bisa mendengar omongan kita. Ayas bicara sendiri macam-macam. Khususnya nostalgia sepak bola masa lalu. Khususnya Perseman Manokwari.

Saat menyebut nama Adolf Kabo, striker paling top di era 80-an, Paul kontan menangis. Mengenang anak asuhnya yang sudah berpulang. Paul ingin bicara tapi tak kuasa. Lelaki bule asli Inggris ini memang kehilangan motorik untuk bicara lantaran penyakitnya yang lama.

Ayas hanya bisa ngobrol dengan Bu Fifing. Pensiunan guru SMAN 8 Malang yang jadi istrinya. Cerita perkenalan Fifing dengan Paul hingga jadi istri benar-benar seru dan unik. Paul tersenyum mendengar obrolan kami tentang kisah asmaranya doeloe.

Ayas hanya bisa berdoa semoga Paul tenang bersama-Nya. Selesai sudah penderitaan Paul selama 20-an tahun di dunia ini.

1 komentar:

  1. Almarhum Paul Cumming ini dulu terkenal banget saat membawa Perseman Manokwari sebagai tim hebat kompetisi perserikatan. Jaman pemain2 top seperti Adolf Kabo, Yonas Sawor dsb.

    BalasHapus