Rabu, 08 Maret 2023

Vaksinasi keempat di Puskesmas Gunung Anyar

Pandemi Covid-19 genap berusia 3 tahun di Indonesia pada 2 Maret 2023. Rasanya biasa saja. Tak ada liputan khusus di media, seminar, atau kegiatan khusus di Surabaya. Seakan virus corona sudah lumpuh.

Karena itu, prokes jaga jarak, cuci tangan, pakai masker makin diabaikan. Saya perhatikan 3 dari 10 orang di Surabaya dan Sidoarjo tidak pakai masker meski berada di dalam ruangan. Apalagi cuci tangan dan jaga jarak.

Gubernur Khofifah dan Walkot Eri Cahyadi sering mengimbau warga datang ke puskesmas untuk mendapat vaksin keempat. Namun, warga cenderung abai alias santai-santai aja.

"Aku cuma vaksin dua kali," kata Cak Man di Rungkut. 

Kapan vaksin ketiga, Cak? "Dua kali wis cukup. Memangnya masih ada covid," kata pemilik warung yang gila Rhoma Irama ini.

Bukan saja Cak Man, jemaah warkop pun kebanyakan punya pendapat sama. Mereka rata-rata enggan divaksin ketiga, keempat, kelima dst. Beda dengan vaksin pertama dan kedua dulu. Saat itu wabah corona luar biasa. Angka kematian sangat tinggi. Sekarang sudah terasa normal. Persis sebelum ada covid.

Pagi ini, Rabu 8 Maret 2023, saya mampir ke Puskesmas Gunung Anyar. Mau vaksin keempat. Suasana benar-benar sepi. Tak ada orang yang sedang atau antre disuntik.

Beda dengan vaksin ketiga dulu, puluhan warga antre hingga di luar gedung. Kali ini saya sendirian. "Fotokopi KTP-nya mana?" tanya cewek nakes lumayan ayu.

"Belum  fotokopi. Saya fotokopi dulu ya!" 

"Gak usah. Minta KTP asli."

Tidak sampai lima menit selesai urusan administrasi. Lalu ditensi. Hati-hati, tensi sampean sudah tinggi. 160. Minum obat, jaga makananan dsb, pesan nona itu.

Lalu.. disuntik.. beres!
Selesai vaksin keempat alias booster kedua.

Akankah ada lagi vaksinasi kelima, keenam, ketujuh... dst? 

2 komentar:

  1. Bagus Lambertus sampeyan tetap taat vaksin. Lambertus sampeyan harus ke dokter interna agar diberikan obat penurun darah tinggi. Jangan sampai saudaraku mati konyol atau lumpuh krn stroke. Seorang temanku barusan meninggal krn serangan jantung. Beta pun pernah kena serangan di usia muda. Jangan anggap remeh tekanan darah tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamsia atas siansen punya nasihat biar beta lebih perhatikan kesehatan. Salam tahes untuk Tjak Boen.

      Hapus