Jumat, 03 April 2020

Gamang menutup sementara tempat ibadah

Sudah dua minggu ini gereja-gereja di Surabaya tutup. Tidak ada misa atau kebaktian. Kebijakan yang sempat ditentang banyak umat kristiani itu untuk memutus mata rantai penyebaran coronavirus.

Bagaimana dengan masjid-masjid di Surabaya?

Tidak semuanya tutup. Masjid Al Falah di Raya Darmo yang pertama kali meniadakan salat Jumat dua pekan lalu. Kemudian diikuti masjid-masjid lain. Khususnya yang bernaung di bawah Yayasan Muhammadiyah.

Jumat pagi 3 April 2020. Saya perhatikan delapan masjid di kawasan Rungkut dan Gununganyar. Tutup semua. Tidak adakan salat Jumat berjemaah.

"Apakah masjid-masjid di Surabaya hari ini tidak gelar Jumatan?" tanya saya kepada seorang tukang ojek di Rungkut Menanggal.

"Ada yang tetap Jumatan, ada yang tidak. Kebijakannya tidak sama," kata Mas asal Sidoarjo. Dia sambat kehilangan pendapatan hingga 60 persen gara-gara corona.

Indonesia memang negara yang sangat religius. Tidak gampang meminta tempat-tempat ibadah untuk tutup sementara sesuai protokol Covid-19. Apalagi masjid. Bisa panjang urusannya. Kudu hati-hati dan super bijaksana.

Saking bijaksananya, pemerintah pusat dan daerah tidak berani meminta masjid-masjid ditutup sementara. Kata-katanya cuma "imbauan", "anjuran", "sebaiknya", "alangkah bagusnya" dsb dsb.

Beda dengan PM Singapura yang bisa dengan enteng meminta masjid-masjid, gereja, dan semua tempat ibadahnya ditutup sementara. "Vatikan juga tutup sementara. Arab Saudi juga menghentikan sementara ibadah umrah," kata PM Lee.

Pagi ini saya baca tulisan Dahlan Iskan di disway.id. Mantan menteri BUMN ini kelihatannya gregetan karena orang Indonesia kelihatannya masih sangat longgar dalam menghadapi corona. Padahal pasien positif naik terus.

Dahlan Iskan menulis:

<< Saya pun mendapat kiriman pidato Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy. Yang begitu tegas. "Semua masjid harus ditutup. Yang melanggar bawa ke kantor polisi," katanya.

Ia tidak mau banyak berdebat soal alasan. "Kurang berkah apa Masjidil Haram di Makkah. Ditutup. Kurang hebat apa para ulama di Al Azhar, Kairo, Mesir. Mereka telah berfatwa agar masjid ditutup," kata Sukiman Azmy. >>

1 komentar:

  1. Bila korban sudah berjatuhan, barulah orang2 percaya. https://www.tagar.id/kronologi-226-jemaat-gereja-bethel-bandung-positif-covid19

    Seperti kata Yesus kpd Thomas: engkau melihat barulah engkau percaya.

    BalasHapus