Kamis, 19 November 2020

Tahbisan 3 Imam Baru di Lewotolok

Biasanya kabar dari kampung halaman kurang menyenangkan. Paling banyak berita kematian. Atau orang sakit keras. Atau bencana alam gunung meletus, banjir, kekeringan, gagal panen.  Terakhir kabar tentang kebakaran puluhan rumah adat di Kampung Napaulun, Pulau Lembata, NTT.

Karena itu, kalau ada panggilan telepon atau SMS atau WA dari kampung biasanya saya deg-degan. Orang-orang NTT lain di perantauan pun sama. Jangan-jangan... jangan-jangan... Dan biasanya dugaan itu tidak terlalu meleset.

Kali ini agak lain. Kabarnya bahagia. Kristofora, adik saya, mengirim pesan singkat:

"Met malam kame wia misa tahbisan di Stasi Lewotolok.. terlalu rame sekali.

Ini malam syukuran misa perdana di Lamawara. Romo orang Lamawara suku Langobelen.

Imam suku Langobelen yang bapa matay na berkat bapa pe  tabis ia Stasi Lewotolok ra ete telo."

Deo gratias!
Syukur kepada Allah!

Ada tahbisan imam baru di Gereja Stasi Stella Maris, Lewotolok, Ile Ape, Lembata. Tiga imam baru sekaligus. Pater Antonius Bisu Markus SVD, Pater Yoseph Bala Roma SSCC, dan Romo Yohanes Watan Langobelen Pr.

Saya ingat... Frater Yohanes Watan Langobelen bulan Juli 2019 lalu yang memberkati jenazah Bapa Nikolaus Nuho Hurek di kampung Bungamuda. Sekarang sudah resmi jadi pastor.

Tak pernah saya bayangkan, dulu... Uskup Larantuka Monsinyur Frans Kopong datang ke Lewotolok untuk menahbiskan tiga imam baru sekaligus. Bukan apa-apa. Paroki kami di pesisir pantai utara Laut Flores sering dianggap gersang panggilan. Daerah yang kurang katolik karena adat istiadat nenek moyangnya terlalu kuat. 

Orang lebih takut melanggar aturan adat ketimbang tidak pigi sembahyang misa. Rajin pigi sembahyang di gereja tapi juga sangat rajin bikin ritual di rumah adat yang terbakar itu.

Karena itu, waktu saya kecil, tidak banyak pater atau romo asal paroki kami. Tidak sampai hitungan jari sebelah alias tidak sampai lima orang. Beda dengan Lembata bagian selatan yang panggilannya sangat subur. Bahkan mungkin paling subur di NTT, bahkan Indonesia.

Karena itu, dulu, Pater Petrus M. Geurtz SVD dan Pater Willem van der Leurs SVD, keduanya asal Belanda, selalu mengajak umat di stasi-stasi kami untuk banyak mendoakan panggilan. Agar ada orang Ile Ape yang dipanggil masuk seminari. Agar bisa menggantikan pater-pater Eropa dan Amerika itu.

Rupanya Tuhan menjawab doa-doa sejak tahun 1980-an dan 1990-an itu. Pelan... tapi mulai ada hasil. Kalau dulu selalu ada tahbisan di Lamalera, Boto, Hadakewa dan sekitarnya, kini Ile Ape pun mulai disebut. 

Bapa Uskup Larantuka makin sering turne ke kawasan pesisir utama. Bukan sekadar untuk memberi sakramen krisma, tapi sakramen imamat. Dari 15 desa (sebelum pemekaran), saat ini hampir semua desa atau stasi sudah melahirkan pastor. Kecuali tentu saja beberapa desa atau kampung muslim seperti Tuak Wutun atau Pali Lolon.

Bahkan, tahun lalu ada imam baru asal kampung kami yang ditahbiskan di Keuskupan Kupang. Romo Yeremias Ama Bodo Lingiraman Laper Making. Romo Yeremias yang asli Napaulun itu cucu Ama Bodo, seorang pemuka adat paling kuat pada tahun 1980-an di kampung halaman kami.

"Itulah rencana Tuhan," kata orang kampung.

Romo Yeremias boleh dikata menggantikan Romo Paskalis Hurek Making yang meninggal dunia karena tabrak lari di Larantuka tahun 2019. Juga Romo Zakarias Benny Niha Making yang meninggal karena sakit.

"Saya merasa bahagia dan senang karena tidak sendiri lagi. Sudah ada adik yang jadi imam baru," kata Romo Paskalis saat khotbah misa perdana di kampung tahun lalu.

Tak lama kemudian Romo Paskalis yang jago nyanyi dan main band itu dipanggil menghadap-Nya. Kini ada gantinya imam baru dari kampung sebelah. Tiga orang sekaligus.

8 komentar:

  1. Jangan-jangan...jangan-jangan..., sebab itu : No news is good news !
    Saya pribadi sudah 12 tahun tidak mau mengangkat telefon yang berdering, biarlah itu urusan istri. Saya juga tidak pakai telefon genggam. Tetapi saya diam2 nguping beberapa detik, kalau istri ngobrol bla-bla-bla, maka hati-saya tenang, langsung pergi, tidak perduli.
    Kami 12 orang besaudara kandung, sekarang hanya tersisa 5 orang, Siapa yang tidak takut ditinggal MATI ?

    " Itulah rencana Tuhan " untuk Bapak Monsignore Franz Kopong.
    Lebih baik Domba-domba Setengah Katolik di Ile Ape daripada domba-domba itu tersesat dimangsa Biawak Gurun.
    Agnus Dei, qui tollis peccata mundi, miserere nobis.

    BalasHapus
  2. Kamsia Bapa Xiansheng.

    Begitulah.. domba2 di kampung masih perlu bimbingan dari bapa2 pater agar tidak tersesat. Apalagi ada ancaman dari predator2 yg lapar.
    Monsinyur dari Larantuka merasa perlu datang ke gereja stasi (kampung) untuk menahbiskan 3 pater baru. Semoga imam2 baru ini jadi pastor bonus atawa gembala yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. OoH iya, Predator2 yg lapar, macam2 bentuknya, ada yang wujudnya menjijikkan semacam biawak, ada juga yang berwujud lucu menyenangkan seperti Dagobert Duck, alias Scrooge McDuck.
      Sekali engkau terlena, tercucilah otak-mu. Telefon dan SMS yang kau terima, hanyalah dari Surga.

      Hapus
  3. Telepon genggam dengan aplikasi macam2 memang luar biasa. Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

    Otak kita punya semacam algoritma kayak komputer. Kalau yg nelepon Mbah Thelo di Sidoarjo biasanya ajak mancing ke tambak atau bahas seni rupa. Pak Totok bahas kebatinan dan klenik. Cak Yono minta donasi untuk sosial dsb. Cak Dollah bahas pelanggaran2 pejabat.
    Kalau dari kampung.. wah ya ngono kuwi hehehe.
    Makanya para debitur biasanya gak mau terima panggilan dari kreditur atau debt collector. Urip iku mampir ngombe jarena alm Pak Sarman guru wayang kulit di Jember. Ngombene gak akeh terus wis.

    BalasHapus
  4. Tingkat keberapakah seorang Ulama, Pastor, Pendeta, Politisi, Presiden, dll. ?
    Sepuluh Pekerjaan Yang Terpandang di Jerman Tahun 2020.
    Nomor 1 : Anggota Pemadam Kebakaran ( Brandweer ).
    Nomor 2 : Dokter.
    Nomor 3 : Perawat (Suster) Rumah Sakit.
    Nomor 4 : Perawat untuk orang jompo atau lansia.
    Nomor 5 : Polisi.
    Nomor 6 : Guru, Pengajar.
    Nomor 7 : Hakim.
    Nomor 8 : Tukang Sampah.
    Nomor 9 : Pilot.
    Nomor 10 : Professor, Guru Besar Universitas.

    Bagaimana dengan kondisi di Indonesia ?
    Nomor 1-2-3- : Pelawak, Selebriti, Penjual Abab, ........dst.

    BalasHapus
  5. Menarik banget di Jerman. PMK nomor 1. Tukang sampah lebih penting ketimbang profesor.
    Pater dan ulama tidak masuk hitungan. Kalah jauh sama tukang sampah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, PMK, Tukang Sampah, Perawat adalah profesi yang dipandang rendah di negeri awak. Pekerjaan semacam itu biasanya disebut gawenya kuli, jongos, babu. Setiap ada pilkada dan pilpres, selalu ada politisi yang berorasi : Jangan ada pribumi yang mau jadi babu dan jongos di negeri sendiri, apalagi jadi jongosnya cukong cina. Sifat sombong itu melekat di kepala orang2 Asia, terutama justru di kepala orang cina.
      Tidak salah Tuhan menurunkan Florence Nightingale dan Mother Teresa di Eropa.

      Hapus
  6. Dui dui.. tukang sampah, office boy, tukang bersih2 memang sangat penting. Saya lihat banyak gedung di Surabaya makin jorok karena para tukang sampah dan tukang bersih2 dirumahkan sejak pandemi.
    Terima kasih atas informasi yang sangat berharga dari Jerman. Kita jadi semakin menghargai jasa para tukang sampah atau office boy atau cleaning service.

    BalasHapus