Sabtu, 23 April 2022

Pater John Urus Kebun di Graha Wacana SVD Ledug


Wabah virus setan corona selama dua tahun juga berimbas ke rumah retret, tempat rekoleksi, dan sebagainya. Graha Wacana SVD di Ledug, Prigen, Pasuruan, ikut sepi.

Tak ada lagi retret, pendalaman iman, kajian kitab suci, weekend ME, paguyuban tulang rusuk dsb. Penghasilan jelas turun drastis. Padahal Graha Wacana alias SVD Family Center ini salah satu tempat retret favorit di Jawa Timur.

Graha Wacana jadi jujukan para pengusaha Katolik untuk retret Tulang Rusuk. Sering banget retret di situ karena pendiri dan pentolan Tulang Rusuk, Romo Yusuf Halim SVD, memang anggota ordo SVD. 

Sayang, Romo Halim dipanggil Tuhan saat pandemi covid sedang ganas-ganasnya. Masih banyak romo atau pater yang bisa melanjutkan gerakan Tulang Rusuk. Tapi belum ada romo yang punya karisma dan magnet sehebat mendiang Romo Halim SVD.

Saya sering mampir ke Graha Wacana bahkan saat masih pembangunan karena ada Pater Paul Klein SVD. Pater inilah penggagas dan pendiri Graha Wacana di Ledug dekat Tretes itu. Pater Paul Klein menghabiskan sebagian besar usianya di Flores, NTT. Urusannya pastoran keluarga.

Asyik sekali ngobrol dengan pastor asal Jerman itu. Antusiasmenya sangat tinggi. Kata-katanya selalu positif. "Tuhan akan tolong kita," kata Pater Paul tentang dana pembangunan Graha Wacana yang seret.

Graha Wacana kemudian diasuh beberapa pater asal Pulau Flores dan Pulau Lembata. Salah satunya Pater John Lado SVD asal Lembata. Satu pulau dengan saya meski beda kecamatan.

Berbeda dengan romo-romo di paroki atau gereja di Surabaya, Pater John ini tidak kelihatan seperti romo. Selalu pakai kopiah, kaos oblong, jarang pakai jubah. Juga lebih sering berpenampilan seperti petani atau tukang kebun.

"Ama, go nepi jaga ekan, mula buah," kata Pater John dalam bahasa Lamaholot, bahasa daerah di Flores Timur dan Lembata. (Saya lagi sibuk ngurus kebun, tanam buah.)

Dari dulu, jauh sebelum pandemi pun Pater John sibuk mengurus kebun dan berbagai keperluan di Graha Wacana Ledug. Tentu saja tetap pimpin kurban misa gantian dengan imam-imam lain. 

Sesekali diminta memimpin ekaristi di Gereja St Teresa, Pandaan. Tapi sebagian besar waktunya untuk urusan kebun buah. "Rasanya seperti di kampung halaman," kata pater yang pernah bertugas di Surabaya itu.

Enak mana tugas di Graha Wacana atau Surabaya?

 "Enak di sinilah. Tapi kita kan harus ikut keputusan pembesar," katanya.

Meski sejuk nyaman, udara segar, saya tidak bisa berlama-lama ngobrol dengan sesama orang Lembata ini. Sebab, saya tahu, pater-pater SVD punya jadwal yang padat dan kaku. Ada jam bicara, jam tidur siang yang tidak boleh diganggu, serta doa brevis atau liturgi jam.

Saya pun pamit.
Deo gratias!

Mahasiswa kedokteran harus baca ribuan buku tebal


Kalau mau jadi dokter harus kuat baca buku. Tebal-tebal semua. Lebih banyak yang berbahasa Inggris.

Mahasiswa-mahasiswa fakultas lain juga perlu banyak baca buku. Tapi tidak sebanyak kedokteran. Tak sampai 30 persen.

Karena itu, arek FK harus cerdas betul. Harus fokus betul. Tidak boleh piknik atau ikut ormas, unjuk rasa, paduan suara dsb. Bisa-bisa kuliah tidak selesai. Jadi mahasiswa abadi.

Itu saya simpulkan setelah menata buku-buku almarhum Prof Dr dr Trijono, SpR di kawasan Rungkut, Surabaya. Beliau guru besar Fakultas Kedokteraan Universitas Airlangga. Meninggal dunia gara-gara covid pada 18 Agustus 2021 lalu.

Beliau saya anggap orang tua sendiri. Lama banget saya tinggal di rumah Prof Tri. Tidak banyak bicara, banyak baca, sesekali menyanyi dan main musik.

Buku-buku peninggalan almarhum banyak sekali. Terlalu banyaaak. Tapi berat-berat semua. Saya coba membaca sejenak tapi tidak nyambung. Ilmu kedokteran dan kesehatan terlalu berat untuk kita orang. Mumet.

Jumat, 22 April 2022

Wartawan doyan copas dan kalimat panjang

Wartawan-wartawan di era digital, tentu tidak semuanya, senang copas: copy paste. Rilis berita dari humas langsung dicopas. Tidak diolah dengan matang. Maka berita sangat bergaya pidato pejabat.

Kalimat-kalimat berita kloningan ini juga panjang-panjang. Bertentangan dengan ajaran lama Bos Dahlan Iskan. 

"Kalimat-kalimat yang panjang membuat dada pembaca sesak," kata Bos Dis yang sangat fanatik kalimat-kalimat pendek. 

"Saya selalu mengajarkan agar dalam menulis kalimat-kalimatnya harus pendek. Kalimat pendek, begitu saya mengajar, akan membuat tulisan menjadi lincah," kata mantan menteri BUMN itu.

Ini kutipan berita di Surabaya, Kamis 21 April 2022:

"Bisa jadi akan ada perbedaan tanggal Hari Raya Idul Fitri yang harus diantisipasi. Sehingga menghitung H-7 dan H+ 7 disesuaikan. PPKM Mikro di tingkat desa dan kelurahan harus kembali direaktivasi. Lebih bagus lagi jika ada pos-pos di desa yang pernah berdiri, kembali dilakukan reaktivasi," tutur Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kutipan omongan Khofifah terlalu panjang. Mirip ceramah atau khotbah. Tak banyak pembaca yang senang dengar khotbah. Wartawan di lapangan harus mengolah bahasa pejabat atau penceramah menjadi bahasa jurnalistik.

 Bos Dahlan menulis:

"Kutipan itu — direct quotation — juga harus pendek-pendek. Dengan selingan kutipan-kutipan pendek, tulisan itu bisa membuat pembaca seolah-olah bercakap-cakap sendiri dengan sumber berita."

Sayang, jurnalis-jurnalis muda jarang yang mengamalkan ajaran para suhu jurnalistik macam Bos Dahlan. Meskipun sudah sering ditatar dan diberi buku pedoman, style book, dan sebagainya.

Karena itu, tidak heran para redaktur media massa makin lama makin botak. Tapi tetap kurang waktu untuk membongkar habis tulisan asli jurnalis-jurnalis penganut paham copas ini. 

Sabtu, 16 April 2022

Misa Malam Paskah 3 Jam di Katedral Malang

Ekaristi Sabtu Paskah di Gereja Katedral Malang baru usai. Uskup Malang Monsinyur Henricus Pidyarto Gunawan OCarm pimpin langsung misa Vigili Paskah ini.

Durasi misa kembali normal seperti sebelum pandemi covid. Hampir 3 jam. Lama sekali. Apalagi kita yang sudah terbiasa ikut misa padat selama dua tahun pandemi ini.

Saya sendiri biasa ikut misa yang durasinya di bawah satu jam. Malah lebih sering tidak sampai 30 menit. Karena itu, misa 3 jam ini rasanya sangat lama. Fokus, konsentrasi sering buyar saat mendengarkan bacaan-bacaan yang banyak.

Bacaan pertama tentang Kisah Penciptaan, Kejadian 1, tidak dibacakan tapi dinyanyikan seorang gadis. Enak memang suaranya. Tapi tentu jadi lama. Ditambah paduan suara SATB: sopran alto tenor bas yang lengkap.

Saking lamanya misa, saya jadi lupa isi khotbah Bapa Uskup Pidyarto. Cuma ingat sedikit poinnya: kebangkitan Kristus juga mengingatkan akan kebangkitan kita juga. Selebihnya lupa.

 Memori otak mulai lemot mungkin kena virus corona. Padahal dulu saya bisa mengingat poin-poin khotbah atau ceramah dengan mudah tanpa mencatat di notes atau merekam.

Lagu-lagu misa malam Paskah ini hampir sama dengan ketika saya masih aktif di paduan suara akhir 90-an dan awal 2000-an. Ordinarium Misa Kita IV karya Rama Sutanta SJ, komponis cum paster Jesuit yang belum lama meninggal dunia saat puncak pandemi covid.

Tak hanya di Malang, kor-kor di Surabaya pun senang membawakan Misa Kita IV karena tingkat kesulitannya lebih tinggi ketimbang misa-misa lain. Makin sulit makin disukai. Makanya Misa Syukur atau Misa Dolo-Dolo sangat jarang dinyanyikan dalam 15 tahun terakhir di Jawa.

Secara umum misa agung Vigili Paskah di Katedral Malang, Jalan Ijen, ini berlangsung syahdu dan nyaman.

Selamat Paskah! 
Semoga kita semua bangkit lagi setelah dua tahun digempur badai corona!

Nostalgia Broken English di Bumi Advent Sumberwekas


 Selalu ada nostalgia di  Sumberwekas, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Ada gereja tua: Masehi Advent Hari Ketujuh. Gereja di atas bukit ini tercatat sebagai salah satu gereja advent tertua di Jawa dan Indonesia.

Di atasnya lagi ada bumi perkemahan Mahanaim. Luasnya dua hektare lebih. Pernah jadi tempat kampore muda-muda advent se-Asia Pasifik. Pesertanya sekitar 5.000 orang. Ramai sekali.

Saya saat itu ditugaskan untuk meliput perkemahan yang dibuka Menpora RI. Sejak itulah saya mulai kenal agak dalam seluk beluk adventis. Aliran asal Amerika Serikat yang sangat memuliakan hari ketujuh alias Sabat atau Sabtu.

 Tidak ada kebaktian hari Minggu untuk kaum adventis. Kita orang yang pigi misa atawa kebaktian pada hari Minggu dianggap keliru oleh para adventis ini. Sudah sering saya dengar khotbah soal ini dari pendeta-pendeta GMAHK. Saya juga dikasih buku-buku khas Advent untuk dibaca. Isinya ya kurang lebih seperti itu.

Saat meliput kampore itu (Advent tidak pakai istilah jambore), saya sadar betapa lemahnya english speaking saya. Apalagi menghadapi orang India, Korea, Vietnam, Thailand, Singapura, dsb. Logat bahasa Inggris mereka sangat berbeda satu dengan lainnya. 

Kita orang jadi bingung sendiri karena tidak paham. Itulah kali pertama saya terpaksa (dipaksa keadaan) untuk mewawancarai orang pakai bahasa Inggris. Berat nian. Lidah serasa kelu di depan tuan besar kompeni.

Bahasa Inggrisnya pendeta-pendeta asal USA yang memberikan ceramah saat kebaktian dan seminar malah lebih jelas dan mudah dimengerti. Tokoh-tokoh Advent Indonesia macam Pendeta Andreas Suranto dari Surabaya sangat fasih cas-cis-cus berbahasa Inggris. 

Karena itu, Pak Suranto jadi salah satu penerjemah di konferensi internasional itu. Beliau juga saya mintai tolong untuk jadi penerjemah atau interpreter saat wawancara dengan beberapa narasumber bule. Saya kemudian sering nyambangi beliau di pusat Gereja Advent, Jalan Tanjung Anom, Surabaya.

Gereja Advent Hari Ketujuh, mulai hadir di Sumberwekas, Prigen, Jawa Timur, sekitar tahun 1912. Bangunan gerejanya sendiri yang permanen mulai 1926 - kalau tidak salah ingat.

Sayang, pada 1980-an bangunan gereja itu keropos. Tidak bisa digunakan lagi. Karena itu, bangunan lama peninggalan zaman Belanda itu dibongkar. Dibangun gedung baru tahun 1985. Itulah yang terlihat di pinggir jalan raya Sumberwekas ke arah Trawas.

Saya sempat cari informasi lain seputar Gereja Advent Sumberwekas di internet. Mbah Google mengantar ke sebuah laman yang ada foto bagus Gereja Advent di Sumberwekas. Cukup menarik.

Eh, setelah saya baca dua alinea kok mirip banget naskah yang sangat saya kenal. Tulisan saya sendiri di blog lama yang almarhum. Cuma ditambah informasi baru di dua alinea terakhir. Kredit untuk sumber kutipan tidak ditulis.

Yah, membaca tulisan sendiri belasan tahun lalu seperti nostalgia. Membayangkan keramaian di bumi perkemahan Mahanaim itu. Membayangkan wawancara dengan anak-anak muda dari berbagai negara dalam bahasa Inggris yang berantakan, broken English.

Kamis, 14 April 2022

Jadwal Pekan Suci 2022 di Surabaya, Prokes Ketat

Suasana pekan suci di gereja-gereja di Surabaya belum normal. Masih pandemi covid meski prokes sudah dilonggarkan pemerintah.

Misa langsung atau offline sudah bisa. Tapi umatnya dibatasi. Misa online lancar jaya.

 'Sampean harus daftar ke lingkungan,' kata seorang aktivis di Purimas, Gunung Anyar.

Kamis pagi, saya mampir ke Gereja Katolik Roh Kudus, Purimas, Surabaya. Pastor parokinya Pater Dominicus Beda Udjan SVD asal Pulau Lembata, NTT. Ada Pater Yoseph Jaga Dawan SVD dari Flores Timur, NTT juga. Ada Rama Setiawan yang praja asal Jawa Timur.

Saya lihat jadwal pekan suci di papan pengumuman. Sebelumnya diukur dulu suhu tubuh. 34 Celcius. Ada juga kode aplikasi PeduliLindungi.

 'Prokes tidak boleh diabaikan meski pandemi mulai melandai,' kata Mas Sukma polisi yang bertugas menjaga keamanan selama pekan suci di Gereja Roh Kudus.

Sebelumnya saya cari jadwal pekan suci di Surabaya di media sosial dan internet. Tidak ketemu. Jarang sekali umat Katolik bagi-bagi jadwal ekaristi yang sangat penting itu di media sosial. Admin-admin komsos paroki juga kurang update informasi.

Maka saya share di sini. Cukup 3 paroki saja meski Surabaya ada sekitar 20 paroki (ditambah Sidoarjo dan Gresik).

Selamat pekan suci!
Selamat Paskah!

Rabu, 13 April 2022

Senam pagi nenek-nenek Rivers of Babylon Boney M

Sekitar 20 orang nenek-nenek senam pagi di kawasan Rungkut. Tetap semangat meski bulan puasa. Senam pagi di kota besar beda dengan taiso atau SKJ atau SPI zaman dulu. Lebih mirip joget atau dancing.

Musik dan lagunya sangat saya kenal: Rivers of Babylon. Lagu yang dulu sangat heboh di NTT hingga pedalaman yang tidak ada listriknya. Rivers of Babylon dari Boney M.

Kalau sudah dengar lagu disko ini, wuih... kaki-kaki orang kampung gatal rasanya. Cepat maju dan joget bareng. Ada yang berpasangan. Ada yang sendiri. Ada yang joget sempoyongan karena terlalu banyak minum tuak atau arak.

By the rivers of Babylon, there we sat down. Yeah, we wept, when we remembered Zion. 

There the wicked carried us away in captivity.  Required from us a song. Now how shall we sing the Lord's song in a strange land?

Lagu lawas ini diputar beberapa kali. Nenek-nenek, kakeknya cuma tiga atau empat, menikmati betul musik Boney M. Meski tidak segila jogetnya orang-orang kampung di Pulau Flores, Lembata, Adonara, Solor dsb.

Hidup terasa indah melihat nenek-nenek itu bergembira. Sudah lama tak ada acara joget bareng, eh senam pagi seperti itu gara-gara covid. Saya pun sudah lamaaa tidak melihat orang joget diiringi Boney M. Kalau joget dangdut atau koplo ada setiap hari di Jawa Timur.

Acara gowes sepeda lawas dilanjutkan. Sambil merenungi Rivers of Babylon. Mazmur ratapan itu sebenarnya sangat menguras air mata. Jutaan orang terpaksa mengungsi di negeri asing karena negaranya dihancurkan musuh.

 Gedung-gedung hancur berantakan. Mayat-mayat bergelimpangan. Ibu-ibu jadi janda. Para laki-laki maju ke medan perang dan hilang nyawa dikoyak musuh. Mirip suasana di Ukraina sekarang yang digempur habis pasukan Putin.

Now how shall we sing the Lord's song in a strange land?

Di tangan Boney M, mazmur ratapan ini berubah jadi joget senang-senang. Menikmati tuak pahit, arak, aneka daging dsb kalau di kampung. Apalagi orang kampung tidak paham bahasa Inggris. Bahasa Indonesia pun tidak lancar. 

Yang diketahui ya lagu Boney M itu paling cocok untuk pesta pora. Joget sampai pagi. Minum tuak sampai tangki air di lambung penuh.

Menjelang pekan suci ini saya buka Mazmur 137. Yang syairnya dipakai oleh Boney M untuk musik disko. Suasananya sangat berbeda dengan pesta-pesta di kampung atau senam pagi nenek-nenek itu.

'Di tepi sungai-sungai Babel, di sanalah kita duduk sambil menangis, apabila kita mengingat Sion.

Pada pohon-pohon gandarusa di tempat itu kita menggantungkan kecapi kita.

Sebab di sanalah orang-orang yang menawan kita meminta kepada kita memperdengarkan nyanyian, dan orang-orang yang menyiksa kita meminta nyanyian sukacita:

"Nyanyikanlah bagi kami nyanyian dari Sion!"

Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian TUHAN di negeri asing?'