Jumat, 19 April 2024

Pantun Dolo-Dolo Lamaholot Paling Sering Dicari di Blog Ini

Blog amahurek.blogspot.com ini mangkrak cukup lama. Unggahan naskah sangat sedikit. Padahal blog yang baik minimal mengunggah dua naskah sepekan. Jangan sampai nol koma nol.

"Mengapa blogmu mati? Kok gak produktif kayak dulu? Terlalu sibukkah?" begitu pertanyaan kawan-kawan lama.

Sibuk sih tidak. Buktinya saya masih sering nonton YouTube satu sampai tiga jam saban hari. Apalagi kalau kontennya bagus. Kadang bahkan sampai pukul 01.00 masih tengok YouTube. Maklum, ada WiFi gratis.

Kamis, 19 April 2024. Saya iseng-iseng mengunggah postingan asal jadi. Sebab bulan April belum ada artikel sama sekali. Paling tidak Google yang punya Blogspot dan Adsense tahu bahwa amahurek.blogspot.com masih aktif.

Jumat pagi, saya cek Google Search Console (GSC). Memang ada dampaknya setelah ada tambahan beberapa naskah baru.

 Kunjungan naik 32%. Tayangan +33%. Penghasilan juga naik 355% ketimbang hari yang sama pekan lalu. Angkanya sangat kecil. Belum cukup untuk bayar parkir di Surabaya.

Yang tidak saya sadari - karena tidak pernah cek GSC - adalah pencarian tertinggi justru terkait budaya Lamaholot di Flores Timur dan Lembata, NTT. Padahal selama ini saya tidak pernah serius menggarap konten yang berkaitan dengan Lamaholot.

Bahkan, doa Bapa Kami Bahasa Lamaholot (versi Ile Ape) juga masuk 9 besar pencarian. Rupanya banyak orang Lamaholot atau NTT terseret masuk ke blog ini setelah mencari topik tertentu di Google. 

Naskah-naskah yang berkaitan dengan Surabaya, Malang, Jawa Timur boleh dikata kurang laku. Sebab sudah dihabisi oleh laman-laman besar dan portal berita di Surabaya, Malang, dan kota-kota lain di Jawa Timur. 

Cerita unik tentang maestro ludruk Cak Durasim yang tempo doeloe biasa tampil di Radio Nirom Surabaya pun tidak dilirik. Padahal, setahu saya belum ada unggahan lain di internet. 

Kawan-kawan yang jago SEO dan algoritma sering kasih nasihat: bikin blog atau website yang punya niche. Kontennya harus fokus. Kuliner ya kuliner tok. Wisata tok. Sepak bola tok. Persebaya tok. Jangan campur aduk kayak prasmanan.

Itu kalau main Adsense. Kalau tidak punya niche, prasmanan, isinya macam-macam ya angka kunjungan sangat rendah. Gak ada yang baca. Mbah Gugel gak akan kenal dan rekom.

Kelihatannya ke depan Amahurek harus lebih banyak memuat naskah tentang Lamaholot, Lembata, Flores Timur, Alor. Konten yang ada kaitannya dengan Lamaholot. 

Siapa tahu performanya jadi bagus  sehingga bisa bayar parkir di Pecinan Kulon.

 Pencarian di Google Search Console








2 komentar:

  1. Konflik lama di Bethany memang sangat menarik. Rasan2 lama itu akhirnya terbuka ke publik.

    BalasHapus